Tingkatkan Budaya Literasi, Perpusnas Jalin Kerjasama Dengan Dharma Wanita Persatuan

Oleh : Nina Karlita | Senin, 19 Februari 2024 - 15:37 WIB

Plt. Kepala Perpusnas dan Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat tandatangani nota kesepahaman tingkatkan budaya literasi.
Plt. Kepala Perpusnas dan Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat tandatangani nota kesepahaman tingkatkan budaya literasi.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kaum ibu memiliki kewajiban untuk membangun masyarakat dimulai dengan mendidik anak-anaknya menjadi generasi yang literat. Hal ini diutarakan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) E. Aminudin Aziz.

Plt. Kepala Perpusnas menyatakan literasi yang dimaksud bukan sekadar kemampuan membaca, menulis, atau berhitung. Tetapi, masyarakat yang mampu meningkatkan kapasitas dan kecakapan hidup dengan menjadi manusia yang literat.

Hal ini disampaikannya dalam kegiatan penandatanganan nota kesepahaman antara Perpusnas dan Dharma Wanita Persatuan Pusat di Jakarta, pada Senin (19/2/2024). Dengan kerja sama ini, Dharma Wanita Persatuan dapat ikut berperan dalam mewujudkan peningkatan literasi melalui pemberdayaan perpustakaan.

Plt. Kepala Perpusnas mengatakan akan mendukung berbagai program yang dilakukan Dharma Wanita Persatuan Pusat, terutama untuk bersinergi dengan program Perpusnas.

“Perpusnas menginisiasi untuk mengembangkan perpustakaan di level desa melalui sinergi dengan taman baca masyarakat, dengan mengirimkan masing-masing seribu buku ke sepuluh ribu perpustakaan desa,” tuturnya.

Program ini akan diselaraskan dengan berbagai pihak yang memiliki peran sama di bidang peningkatan literasi masyarakat. “Kami ingin program ini memiliki dampak yang lebih besar apabila dilakukan bersama-sama,” sebutnya.

Pada kesempatan sama, Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat Franka Nadiem Makarim mengukuhkan Dharma Wanita Persatuan Perpusnas. Dia menyambut baik jalinan kerja sama antara Dharma Wanita Persatuan Pusat dan Perpusnas.

“Kerja sama ini merupakan wujud komitmen kita bersama untuk meningkatkan literasi di Indonesia melalui pemberdayaan dan pemanfaatan perpustakaan,” terangnya.

Menurutnya, menumbuhkan minat dan kecintaan masyarakat pada membaca merupakan upaya besar yang membutuhkan proses panjang. 

“Saya yakin sekali dengan kolaborasi Perpusnas dan Dharma Wanita Persatuan kita dapat mendukung berbagai program yang akan dilakukan, baik di pusat maupun daerah,” tuturnya.

Dia menjelaskan, kegiatan Dharma Wanita Persatuan senantiasa dilandasi semangat kolaborasi dan dampak serta manfaatnya dapat dirasakan bagi keluarga, lingkungan, bangsa dan negara.

“Mari terus kuatkan gotong royong untuk memajukan perpustakaan dan memajukan literasi di Indonesia,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

atas dari kiri: Dian Ramadianti selaku Senior Marketing Manager Biscuits Mondelez Indonesia, Khrisma Fitriasari selaku Head of Corporate Communications & Government Affairs Mondelez Indonesia, (bawah ki-ka) Era Soekamto selaku perancang busana dan Nusantara Wisdom Consultant dan Nadine Chandrawinata selaku kain tradisional enthusiast dan public figure dalam peluncuran edisi spesial Oreo Batik.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 13:05 WIB

Oreo Luncurkan Edisi Khusus Wastra, Angkat Keberagaman Budaya Indonesia

Oreo memperkenalkan edisi spesial dengan kemasan yang terinspirasi dari berbagai corak wastra Nusantara, dari 4 jenis wastra dari berbagai daerah, di antaranya Batik Mega Mendung dari Cirebon,…

(Kiri-kanan). Peresmian Sentra UMKM BSI di Bedugul diresmikan oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Waryono, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali I Wayan Ekadina, Direktur Compliance and Human Capital BSI Tribuana Tunggadewi dan Pimpinan Baznas RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 12:42 WIB

Perkuat Kemandirian Ekonomi Masyarakat Bali, BSI Resmikan Sentra UMKM Bedugul

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) terus menujukkan komitmen untuk memperkuat kemandirian ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut diwujudkan melalui peresmian…

Dena Firmayuansyah, FMCG Commercial Leader NIQ Indonesia dan Bramantiyoko Sasmito, Analytic Leader NIQ Indonesia.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 11:56 WIB

NielsenIQ Mid-Year Consumer Outlook: Konsumen Indonesia Lebih Berhati-hati Dalam Berbelanja

NielsenIQ (NIQ), perusahaan consumer intelligence terkemuka di dunia, hari ini merilis laporan Mid-Year Consumer Outlook: Guide to 2025. Laporan ini menyoroti kecenderungan konsumen di Indonesia…

HK Peduli salurkan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan memberikan dukungan beasiswa pendidikan tinggi di Aceh

Jumat, 18 Oktober 2024 - 11:08 WIB

Salurkan Program TJSL, Hutama Karya Peduli Berikan Beasiswa Pendidikan Tinggi bagi Putra Putri TNI-POLRI di Aceh

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) HK Peduli Pendidikan menyalurkan beasiswa dalam Program Dukungan Pendidikan Perguruan Tinggi…

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi saat paparan di Bali

Jumat, 18 Oktober 2024 - 11:01 WIB

BSI Harap Izin Buka Cabang Direstui Pemerintah Arab Saudi

Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) benar-benar menjadi bank syariah secara global. Dubai sudah dicengkram menjadi Cabang pertama BSI di di luar negeri.