Perayaan HUT ke-34, PT Perikanan Indonesia Bagikan 340 Paket Ikan untuk Balita Stunting di Kawasan Penjaringan

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 23 Januari 2024 - 10:08 WIB

Perayaan HUT ke-34, PT Perikanan Indonesia Bagikan 340 Paket Ikan untuk Balita Stunting di Kawasan Penjaringan
Perayaan HUT ke-34, PT Perikanan Indonesia Bagikan 340 Paket Ikan untuk Balita Stunting di Kawasan Penjaringan

INDUSTRY.co.id, Jakarta—PT Perikanan Indonesia, member of ID FOOD, berupaya menekan angka stunting di wilayah operasional perusahaan di Kecataman Penjaringan, Jakarta Utara, tempat perusahaan berlokasi.

Aksi pengurangan angka stunting pada balita ini dilakukan dengan pembagian 340 paket ikan kembung dan 340 paket snack berprotein tinggi yang bersumber dari protein hewani kepada anak-anak terindikasi stunting yang tersebar di 5 kelurahan di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara

Pembagian paket ikan ini digelar pada saat syukuran perayaan Hari Ulang Tahun ke-34 PT Perikanan Indonesia sekaligus perayaan dua tahun merger BUMN Perikanan yakni PT Perikanan Indonesia dan PT Perikanan Nusantara.

PT Perikanan Indonesia mendistribusikan ikan kembung kepada para ibu dan anak stunting yang dilaksanakan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Muara Indah, Penjaringan

Direktur Utama PT Perikanan Indonesia Sigit Muhartono mengatakan perusahan mengajak warga penjaringan melalui ibu-ibu yang sekarang berkumpul di RPTRA Muara Indah untuk turut mengikuti acara syukuran dengan merasakan ikan hasil produksi PT Perikanan Indonesia.

PT Perikanan Indonesia, bersama-sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) mengelola Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta di Muara Baru, Penjaringan seluas 110 hektare. Adapun 70 hektare merupakan daratan dan 40 hektare adalah luas perairan yang menjadi sentral bisnis perikanan terbesar di Indonesia.

“Dengan potensi perikanan yang sangat besar ini, kami ingin berkontribusi pada penurunan angka stunting melalui konsumsi ikan harian masyarakat,” ungkap Sigit dalam sambutannya di RPTRA Muara Indah, Senin (22/1/2024).

PT Perikanan Indonesia, lanjut dia, terus berupaya untuk ikut serta dalam penanganan stunting, di daerah sekitar wilayah operasional perusahaan, melalui progam Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

TJSL adalah sebuah komitmen BUMN terhadap TPB (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan). Adapun salah satu tujuan dr TPB adalah pencegahan terhadap stunting.

Seperti diketahui, Ikan kembung  merupakan salah satu sumber makanan tinggi protein dan omega 3 yang terjangkau harganya dan mudah didapatkan.

Manfaat protein dan omega 3 yang terdapat dalam ikan kembung membantu pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.  Ikan kembung dapat mencegah masalah gizi pada anak.

“Kami berharap, di ulang tahun kami yang ke-34, mampu berkontribusi mewujudkan target penurunan kasus stunting hingga 14 persen yang dicanangkan pemerintah,” sebutnya.

Pasalnya, saat ini Indonesia masuk dalam negara dengan kasus stunting tinggi mencapai 21,6 persen pada 2023.

“Mari bahu membahu, saling bekerja sama, dengan Pak Camat Penjaringan, Kepala Puskesmas, Para Lurah untuk mengentaskan stunting dan akhirnya mampu merdeka dari stunting,” harap Sigit.

Camat Kecamatan Penjaringan Depika Romadi berujar pihaknya akan terus mendukung program-program dari PT Perikanan Indonesia yang diperuntukkan bagi masyarakat Penjaringan.

Dia berterima kasih kepada PT Perikanan Indonesia sebagai BUMN, menjalankan fungsi dan perannya dalam upaya mengentaskan stunting di kawasan Penjaringan. Adapun data anak gagal tumbuh atau stunting ini tersebar di Kelurahan Penjaringan, Kamal Muara, Kapuk Muara, Pluit dan Pejagalan.

“Kami menargetkan nol kasus stunting di Kecamatan Penjaringan dan sering melaksanakan sosialisasi dan bantuan gizi kepada Masyarakat,” pungkasnya.

Acara pembagian ikan semarak HUT ke-34 PT Perikanan Indonesia dihadiri oleh jajaran komisaris, jajaran direksi, camat, lurah , kapolsek Muara Baru hingga kepala puskesmas Penjaringan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:30 WIB

LPDB-KUMKM Salurkan Dana Bergulir Capai Rp1,4 Triliun Sampai Akhir September 2024

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) telah merealisasikan penyaluran dana bergulir sebesar Rp1,465 triliun hingga September 2024 dengan laju…

Propan Sandimas Experience Center di Indonesia Design District (IDD) PIK 2, lebih dari sekadar showroom biasa.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:22 WIB

Propan Sandimas Experience Center Resmi Dibuka di IDD PIK 2, Sajikan Inovasi Mewah untuk Ruang Hunian

Propan Sandimas Experience Center dirancang oleh Domisilium Studio, menggabungkan kekuatan dua merek besar di bidang bahan bangunan: Propan Raya, yang terkenal dengan produk cat ramah lingkungan,…

Seminar bertajuk Strategi Mitigasi Risiko dan Klaim (dalam Asuransi Pengangkutan) yang digelar Asuransi Tokio Marine Indonesia

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:20 WIB

Perkuat Posisi Pemimpin Asuransi Pengangkutan, TMI Gelar Seminar Mitigasi Risiko & Klaim

PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI), salah satu pemimpin pasar dalam asuransi pengangkutan di Indonesia, baru-baru ini menggelar seminar hybrid bertajuk Strategi Mitigasi Risiko dan Klaim…

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memimpin Apel Gelar Kesiapan Pasukan Pam VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:18 WIB

Panglima TNI Pimpin Langsung Apel Gelar Pasukan Pam VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024

(Puspen TNI) - Dalam rangka kesiapan Apel Gelar Pengamanan VVIP rangkaian acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 yang rencananya akan berlangsung pada 20 Oktober 2024…

Direktur Utama Smesco Indonesia, Wientor Rah Mada

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:10 WIB

Ini Sejumlah Terobosan Smesco Indonesia Bantu Pasarkan Produk UMKM Tembus Pasar Global

Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Smesco Indonesia berkomitmen untuk selalu memberikan fasilitasi layanan promosi dan pemasaran produk unggulan UMKM ke pasar domestik hingga global.