Pauline Suharno Perempuan Indonesia yang Meneruskan Usaha Orang Tua

Oleh : Grabiel Bobby | Jumat, 22 Desember 2023 - 12:06 WIB

Pauline Suharno, Ketua Umum DPP ASTINDO
Pauline Suharno, Ketua Umum DPP ASTINDO

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Di Indonesia setiap 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Sosok Pauline Suharno, Ketua Umum DPP ASTINDO yang berkecimpung dalam sektor pariwisata bercerita mengenai peran wanita negeri ini dalam industri pariwiisata di Tanah Air.

"THRIVE. with every single effort, apa pun caranya kita sudah berhasil bangkit di 2023 dan tahun 2024 waktunya kita melesat maju. no more blaming soal virus, resesi ekonomi, pelemahan daya beli dan sebagainya, tapi sebagai pelaku, pengusaha, kita yang harus kreatif mencari cara untuk memajukan industri pariwisata, tentunya dengan didukung oleh kebijakan-kebijakan Pemerintah yang berpihak kepada pengusaha industri pariwisata," urainya ketika dihubungi Jumat (22/12/2023).

Menariknya Pauline memilih dunia pariwisata sebagai jalan hidupnya hingga sukses seperti saat ini lantaran dirinya meneruskan apa yang telah orang tuanya lakukan sebelumnya.

"It was my late father's choice. ELOK TOUR adalah usaha keluarga kami yang dirintis oleh alm Papa bersama rekan-rekannya di masa lampau. My childhood time diisi dengan liburan di kantor membantu karyawan alm Papa mengisi berbagai form, menjadi operator telepon, dan lain-lain But then I realize kalau cuma mengurus kantor sendiri, saya tidak akan berkembang," tuturnya. 

Maka, lanjutnya, ketika ada tawaran untuk menjadi pengurus di ASITA Jakarta di bawah kepemimpinan Ibu Herna Danuningrat, saya memilih untuk bergabung di asosiasi dengan tujuan untuk melihat dunia luar dan tidak menjadi katak dalam tempurung.  

Pauline mengungkapkan ada sejumlah daerah di Indonesia yang menjadi destinasi wisata favorit di Tanah Air. "For me Lombok is always my favourite, Belitung adalah my hometown, dan recently sejak pulang dari ASTINDO outing di Danau Toba, saya pun terkagum-kagum dengan keindahan Danau Toba. However I believe seluruh pelosok Indonesia ini indah dan menarik untuk dikunjungi, namun diperlukan extra effort untuk menyempurnakan fasilitas serta meningkatkan kemampuan SDM di daerah. Natural itu tidak sama dengan tidak nyaman," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Showcase & Outlook UMKM Sawit 2025.

Kamis, 13 Maret 2025 - 12:32 WIB

BPDP dan Olenka Gelar Showcase & Outlook UMKM Sawit 2025 Dukung Pengembangan UMKM Berbasis Kelapa Sawit

Kontribusi komoditas kelapa sawit sangat besar terhadap negara Indonesia baik dari aspek ekonomi maupun sosial. Meski demikian, peran dan kontribusi kelapa sawit masih bisa dioptimalkan dengan…

Perpusnas dan Kemdiktisaintek Kolaborasi untuk Akses Jurnal Terintegrasi dan Penguatan Literasi.

Kamis, 13 Maret 2025 - 11:47 WIB

Perpusnas dan Kemdiktisaintek Bersinergi, Mahasiswa Lebih Mudah Akses Jurnal Ilmiah

Melalui sinergi ini, Perpusnas akan menyediakan akses jurnal elektronik terintegrasi untuk mendukung penelitian akademik di perguruan tinggi dan pengembangan sistem database alat penelitian.

Agros

Kamis, 13 Maret 2025 - 11:33 WIB

SEEAA Perkuat Investasi Energi Terbarukan Lewat Partisipasi Pendanaan Seri A untuk Agros

Schneider Electric Energy Access Asia (SEEAA) mengumumkan partisipasinya dalam pendanaan Seri A untuk Agros. Investasi ini akan membantu Agros meningkatkan solusi irigasi bertenaga surya,…

Hana Bank Perluas Pilihan Investasi Reksa Dana Bersama PT BNP Paribas AM

Kamis, 13 Maret 2025 - 11:21 WIB

Hana Bank Perluas Pilihan Investasi Reksa Dana Bersama PT BNP Paribas AM

Jakarta– PT Bank KEB Hana Indonesia (Hana Bank) memperluas portofolio investasi untuk nasabah dengan menggandeng perusahaan manajer investasi, PT BNP Paribas Asset Management (PT BNP Paribas…

Diana Liudin, Marketing Manager bTaskee Indonesia (tengah), menjelaskan program Ketupat menjadi solusi untuk menghadapi tantangan kebersihan rumah selama Ramadhan kepada wartawan.

Kamis, 13 Maret 2025 - 11:20 WIB

bTaskee Hadirkan Inovasi 'Ketupat' untuk Permudah Kebersihan Rumah di Bulan Ramadhan

bTaskee meluncurkan ‘Ketupat’, Kejutan bPoint Hemat, campaign yang memberikan pengguna nilai tambah sekaligus menjawab kebutuhan kebersihan rumah tangga selama Ramadan.