Oona Indonesia Luncurkan Chatbot dengan Teknologi AI Generatif untuk Penjualan Asuransi Global
Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 Desember 2023 - 14:37 WIB

Penggunaan Yoona
INDUSTRY.co.id - Jakarta - Platform asuransi umum digital, Oona mengumumkan kemitraan strategis dengan Yellow.ai. Kemitraan ini bertujuan untuk memberikan layanan yang lebih efisien dan tanpa hambatan kepada pelanggan Oona dengan memanfaatkan teknologi generatif percakapan yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) milik Yellow.ai.
Oona belum lama ini meluncurkan produk inovatifnya, Oona Flight Delay Insurance, yang dirancang khusus untuk wisatawan dari Indonesia. Oona Flight Delay Insurance menciptakan inovasi baru di pasar Indonesia sebagai salah satu produk asuransi pertama yang dapat dibeli melalui WhatsApp dan chatbot, Yoona, di situs web.
Dengan teknologi AI Dinamis yang didukung oleh AI generatif (Gen AI), Yoona memiliki kemampuan untuk membantu pelanggan dalam berbagai layanan, termasuk pembelian asuransi penundaan penerbangan (flight delay) dan asuransi perjalanan. Dengan memanfaatkan mesin Natural Language Processing (NLP) dari Yellow.ai, Yoona dapat memberikan dukungan layanan mandiri yang lancar selain layanan penjualan.
Hanya dalam kurun waktu dua bulan sejak diluncurkan, Yoona telah melayani lebih dari 3.000 pengguna, dan angka ini terus bertambah seiring dengan semakin banyaknya wisatawan yang mencari kemudahan dalam bertransaksi mandiri (self-service).
“Kolaborasi dengan Yellow.ai ini merupakan bukti bahwa Oona mengutamakan kepuasan pelanggannya dengan menyajikan kemajuan teknologi yang dapat diakses oleh mereka. Dengan memanfaatkan efisiensi yang telah teruji dari Yellow.ai dan teknologi generasi berikutnya, Oona berhasil meningkatkan proses saat ini menjadi pengalaman yang mudah, jelas, dan menyenangkan bagi pelanggan kami,” kata Komisaris Utama Oona Insurance Indonesia, Abhishek Bhatia di Jakarta, Kamis (7/12/2023).
Rashid Khan, Co-Founder & Chief Product Officer Yellow.ai, mengatakan, dalam skala global, kemampuan AI generatif Yellow.ai sedang mendapatkan momentum, terutama di sektor industri Perbankan dan Jasa Keuangan (BFSI), dengan industri asuransi memegang peranan utama. Hal ini tidak terkecuali di Asia Tenggara.
"Kami sangat antusias dapat berkolaborasi dengan Oona untuk merevolusi dunia asuransi di Indonesia. Solusi kami akan memberdayakan Oona untuk memberikan pengalaman pelanggan yang sangat personal dan menciptakan percakapan yang berkesan," ujar Rashid.
Bhatia yakin bahwa Yoona akan menunjukan keunikan Oona dibandingkan dengan perusahaan asuransi lainnya. "Produk-produk kami terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk asuransi perjalanan dan penundaan perjalanan. Kedua produk tersebut sekarang juga dapat diakses melalui chatbot Yoona," tambahnya.
Platform Otomasi Dinamis (DAP – Dynamic Automation Platform) yang didukung AI generatif Yellow.ai menyajikan pengalaman percakapan yang berkesan melalui agen AI dinamisnya, membantu lebih dari 1000 perusahaan di 85 negara mencapai kepuasan pelanggan dan keterlibatan karyawan yang lebih tinggi. Dibangun dengan arsitektur multi-LLM yang terus dilatih pada miliaran percakapan untuk skalabilitas, kecepatan, dan akurasi, ini memberikan pengurangan biaya operasional hingga 60%.
Baca Juga
MyRep: Aplikasi Praktis dari MyRepublic untuk Kenyamanan Pelanggan
Dentsu Indonesia dan Harian Kompas Luncurkan Aplikasi MANTRA of Hope…
Kolaborasi Zurich dan Indosat Hadirkan Perlindungan Layar Retak di…
Jalin Tunjukkan Kinerja Positif Selama Periode Puncak Ramadan dan…
Dahsyat! Penjualan Igus Mencapai Satu Miliar Euro dan Jumlah Pelanggan…
Industri Hari Ini

Rabu, 16 April 2025 - 21:39 WIB
Bank DKI Sampaikan Progres Perbaikan Sistem Layanan Transfer Antar-Bank
Jakarta – Bank DKI menyampaikan bahwa proses perbaikan sistem layanan transfer antar-bank saat ini masih terus berlangsung sebagai bagian dari langkah pemeliharaan sistem untuk peningkatan…

Rabu, 16 April 2025 - 21:32 WIB
Heineken® Hadirkan “Football Time-Off Day” untuk Pekerja Kantoran Jakarta
Heineken® menghadirkan Football Time-Off Day untuk merayakan para “hardcore fans” yang tetap profesional di siang hari meski kurang tidur karena mendukung tim kesayangannya bertanding.

Rabu, 16 April 2025 - 19:03 WIB
Gandeng Prestasi Juior Indonesia, Starbucks Kembali Gelar Creative Youth Entrepreneurship Program
Starbucks telah menetapkan bulan April sebagai perayaan Bulan Kebaikan Global atau Global Month of Good setiap tahunnya. Dan untuk merayakannya, Starbucks di Indonesia kembali menyelenggarakan…

Rabu, 16 April 2025 - 18:27 WIB
Halal Bihalal PLN Icon Plus Dengan Semangat Kartini dan Dukung UMKM
Jakarta– Dalam semangat mempererat silaturahmi pasca Idulfitri, PLN Icon Plus menggelar acara Halal Bihalal yang turut menjadi momentum untuk memperingati Hari Kartini serta mendukung para…
Rabu, 16 April 2025 - 15:33 WIB
BTN JAKIM Dongkrak Transaksi Digital Banking BTN
Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) berharap ajang BTN Jakarta International Marathon (BTN JAKIM) 2025 yang digelar bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat membantu…
Komentar Berita