Keren, Terkait Golden Visa! Ditjen Imigrasi-Bank Mandiri Tandatangani Kerja Sama Optimalisasi Layanan Perbankan

Oleh : Kormensius Barus | Rabu, 06 Desember 2023 - 04:10 WIB

Ditjen Imigrasi-Bank Mandiri Tandatangani Kerja Sama Optimalisasi Layanan Perbankan, Foto: Istimewa
Ditjen Imigrasi-Bank Mandiri Tandatangani Kerja Sama Optimalisasi Layanan Perbankan, Foto: Istimewa

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia bersama Bank Mandiri, menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) Optimalisasi Layanan Para Pihak dalam Bidang Keimigrasian dan Bidang Perbankan di Jakarta, Selasa (5/12/2023). Hal itu sebagai langkah optimalisasi layanan digital keimigrasian dan perbankan, khususnya terkait Golden Visa.

Sekadar informasi, penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi.

“Ini penandatanganan kerja sama antara Bank Mandiri dan Direktorat Jenderal Imigrasi dalam hal dukungan layanan digitalisasi keimigrasian dan perbankan. Ini diawali dengan arahan Bapak Presiden terkait dengan Golden Visa,” kata Silmy kepada wartawan di lokasi acara.

Menurut Silmy, kerja sama tersebut merupakan bagian dari persiapan infrastruktur sebelum Golden Visa diluncurkan secara resmi pada Februari 2024. Kerja sama ini akan memudahkan para calon pemohon Golden Visa yang berada di luar negeri.

“Karena Golden Visa sudah terbit aturannya, kita menyiapkan infrastrukturnya agar pelayanan kepada pemohon itu menjadi lebih mudah kalau pakai digital. Apalagi itu berada di luar negeri kan si WNA-nya (warga negara asing),” ujarnya.

Dia menjelaskan pemilihan Bank Mandiri sebagai mitra dalam proyek percontohan ini adalah karena platform bernama Livin’ by Mandiri dapat diakses di 121 negara, termasuk Indonesia.

Selain itu kata Silmy, Bank Mandiri sebagai badan usaha milik negara (BUMN) juga merupakan perpanjang tangan dari pemerintah untuk pembangunan negara.

Menurut dia, kerja sama ini akan memudahkan calon pemohon Golden Visa untuk menyimpan sejumlah dana di bank yang ada di Indonesia, sebagaimana salah satu syarat untuk mengajukan visa tersebut. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi negara ikut terbantu.

“Kenapa Livin’ ini penting? Karena si pemohon yang pemegang Golden Visa bisa juga menginvestasikan dananya di obligasi pemerintah, di saham perusahaan terbuka di Indonesia atau ya didepositokan di Bank Mandiri, di Livin’ itu,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menyampaikan berterima kasih dan mengapresiasi kesempatan kerja sama yang diberikan DItjen Imigrasi Kemenkumham.

Kendati layanan Livin’ by Mandiri sudah bisa diakses di berbagai negara, Darmawan menegaskan Bank Mandiri berkomitmen untuk terus memperbaiki layanan.

“Kita akan menyediakan solusi untuk para applicant (pemohon) dari Golden Visa ini bisa dilayani sebaik-baiknya. Kita menyediakan sementara ini platformnya Livin’ yang juga nanti bisa dimultifungsikan untuk mendukung semua aktivitas dari para applicant dari Golden Visa tersebut, untuk berkegiatan di Indonesia maupun di luar Indonesia apabila menggunakan transaksi rupiah,” katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ichitan kembali temukan pemenang program Mendadak Jutawan 3 yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp300 juta, d Kiaracondong, Kota Bandung/

Sabtu, 07 September 2024 - 23:46 WIB

Mahasiswi Bandung Menangkan Rp300 Juta dari Tutup Botol Ichitan dalam Program Mendadak Jutawan 3

Ichitan temukan seorang siswi di Kota Bandung yang berhak mendapatkan uang tunia Rp300 juta karena berhasil memenagkan program Mendadak Jutawan 3.

Studio Tui rayakan perjalanan 3 tahun lewat fashion show Unfolding Petals.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:31 WIB

Unfolding Petals, Fashion Show Perayaan 3 Tahun Studio Tui

Studio Tui merayakan 3 tahun eksistensinya dengan menggelar fashion show bertajuk: Unfolding Petals.

Marsha Aruan kenalkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating yang baru diluncurkan Iswhite secara eksklusif di Shopee.

Sabtu, 07 September 2024 - 23:11 WIB

Gandeng Marsha Aruan, Iswhite Luncurkan AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating

Produk AHA BHA PHA Body Booster Exfoliating merupakan inovasi terbaru dari Iswhite yang dirancang khusus untuk memberikan perawatan kulit tubuh optimal.

TECNO POVA 6 Pro 5G

Sabtu, 07 September 2024 - 20:39 WIB

Lebih dari Sekadar Gaming, TECNO POVA 6 Pro 5G Hadir dengan Desain MiniLED dan Visual Layar Memukau

Melengkapi kecanggihan sebuah smartphone gaming, tidak hanya performa saja yang perlu diutamakan. Ada sejumlah aspek lainnya yang bisa dihadirkan agar bisa membawa pengalaman bermain game lebih…

Cendana Suites Waterfront City Tanjung Bunga

Sabtu, 07 September 2024 - 19:42 WIB

Cendana Suites, Hunian Baru Modern dan Stylish dari LippoLand Makassar

Setelah sukses menghadirkan XYZ Livin di Green River View Tanjung Bunga, Makassar, LippoLand kembali memperkenalkan produk hunian baru bertajuk Cendana Suites.