Gencarkan Upaya Literasi Berbasis Komunitas, Wakil Menteri Kominfo: Kita Perlu Lebih Banyak Mitra Penggerak Seperti Bibit.id

Oleh : Hariyanto | Senin, 04 Desember 2023 - 15:52 WIB

Acara CATCH­UP ImpactInteract Night
Acara CATCH­UP ImpactInteract Night

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di sepanjang tahun 2023, aplikasi investasi digital terdepan di Indonesia, Bibit.id, secara aktif terlibat sebagai mitra penggerak bagi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang dicanangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI). 

Partisipasi Bibit dalam program ini diwujudkan lewat dukungan materi dan pembicara untuk berbagai program literasi investasi digital serta pengembangan startup lokal di berbagai kota di Indonesia seperti Malang, Pontianak, Singkawang, Jambi, Pasuruan, dan Solo.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. 

Sebagaimana diketahui, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 212 juta orang dengan tingkat penetrasi internet yang berada di angka 78%. Indeks Daya Saing Digital Indonesia pun mengalami kenaikan yang konstan selama tiga tahun terakhir.

“Artinya, potensi sektor digital di Indonesia masih sangat menjanjikan. Di masa yang serba modern ini kita tidak akan terlepas yang namanya sistem digital. Untuk itu, saya berterima kasih kepada para mitra penggerak dan seluruh anggota ekosistem digital Tanah Air atas dukungan kepada gerakan ini,” kata Nezar Patria, Wakil Menteri Kominfo RI, dalam acara CATCH­UP ImpactInteract Night yang dihelat di Mbloc, Jakarta. 

Menyikapi hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan oleh OJK di tahun 2022, di mana tingkat inklusi keuangan masyarakat Indonesia telah mencapai angka 85,1%, sementara masih terdapat gap yang cukup besar dalam tingkat literasi keuangan yang baru menyentuh angka 49,68%, Nezar mengatakan bahwa peran serta Bibit dalam meningkatkan literasi keuangan digital sangatlah krusial. 

Menurutnya, upaya Bibit untuk menyapa langsung masyarakat dan melaksanakan berbagai sesi edukasi berbasis komunitas, baik dalam program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ataupun program lainnya, sangatlah bermanfaat.

PR & Corporate Communication Bibit, William, menambahkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kolaborasi yang erat dengan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Menurutnya, kolaborasi ini telah menjangkau ribuan peserta di tahun 2023 dan diharapkan pada tahun 2024 dapat terus meningkat. 

“Hal ini sejalan dengan misi kami di Bibit untuk terus menghadirkan layanan yang aman, nyaman, dan inklusif bagi jutaan pengguna kami di lebih dari 500 kota di Indonesia,” tutup William.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Dewan Asuransi Indonesia, Yulius Bhayangkara di Hari Asuransi

Jumat, 18 Oktober 2024 - 14:11 WIB

Ini Upaya Menerobos Masyarakat Melek Asuransi

Hari Asuransi diperingati setiap tanggal 18 Oktober, yang juga bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan, tahun ini tercatat menjadi perayaan Hari Asuransi yang ke-18. Menggunakan momentum yang…

simbolis menyetorkan sampah kemasan plastik Super Indo dan PZ Cussons pada kick off “Poin Pengumpulan Sampah Kemasan Plastik.”

Jumat, 18 Oktober 2024 - 13:44 WIB

Super Indo dan PZ Cussons Luncurkan Program Pengelolaan Sampah Plastik Berhadiah

Super Indo berkolaborasi dengan PZ Cussons Indonesia dalam peluncuran program inovatif bertajuk “Poin Pengumpulan Sampah Kemasan Plastik.”

Program CSR terintegrasi seperti yang diinisiasi oleh MNC Group, diyakini akan membawa dampak positif bagi peningkatan taraf hidup masyarakat.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 13:27 WIB

MNC Group Dorong Sinergi Nasional CSR untuk Percepat Pembangunan Infrastruktur di Daerah Tertinggal

MNC Peduli, sebagai sayap sosial dari MNC Group, telah berperan aktif dalam berbagai proyek pembangunan, termasuk penyediaan jembatan penghubung di pedesaan, akses air bersih, serta fasilitas…

Pembukaan Gerai Baru Hokben+

Jumat, 18 Oktober 2024 - 13:11 WIB

HokBen Hadirkan Suasana Baru Melalui Pembukaan Gerai HokBen+ di Grand Kota Bintang Bekasi

Untuk memanjakan konsuman sekaligus mengapresiasi para pelanggan setianya, HokBen menghadirkan sebuah pengalaman istimewa melalui pembukaan gerai HokBen+(Plus) yang menjadi tempat berinovasi…

atas dari kiri: Dian Ramadianti selaku Senior Marketing Manager Biscuits Mondelez Indonesia, Khrisma Fitriasari selaku Head of Corporate Communications & Government Affairs Mondelez Indonesia, (bawah ki-ka) Era Soekamto selaku perancang busana dan Nusantara Wisdom Consultant dan Nadine Chandrawinata selaku kain tradisional enthusiast dan public figure dalam peluncuran edisi spesial Oreo Batik.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 13:05 WIB

Oreo Luncurkan Edisi Khusus Wastra, Angkat Keberagaman Budaya Indonesia

Oreo memperkenalkan edisi spesial dengan kemasan yang terinspirasi dari berbagai corak wastra Nusantara, dari 4 jenis wastra dari berbagai daerah, di antaranya Batik Mega Mendung dari Cirebon,…