ASITA: Budaya Nusantara Daya Tarik Pariwisata Indonesia

Oleh : Gabriel C Boby | Jumat, 01 Desember 2023 - 18:35 WIB

Rakernas ASITA
Rakernas ASITA

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pandemi COVID-19 telah berdampak sangat signifikan terhadap pariwisata Indonesia Merosotnya jumlah wisatawan baik wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara akibat dari pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan PPKM di beberapa daerah, serta penutupan akses internasional dari berbagai negara telah membuat industri pariwisata terpuruk. Budaya Nusantara dinilai bisa menjadi andalan untuk menarik minat wisatawan dalam negeri dan turis asing traveling di Indonesia.

Jelang akhir tahun 2023, Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Pariwisata menggelar rapat kerja nasional (rakernas) sebagai konsolidasi penguatan pariwisata. Konsolidasi internal yang mengikutsertakan seluruh wilayah ASITA. Rakernas 2023 kali ini Dengan mengusung tema “Kolaborasi dan Sinergi Potensi Asita Pariwisata untuk Penguatan dan Pemberdayaan Industri yang Berkelanjutan” yang berlangsung di Wisma MAKTOUR, Kamis (30/11/2023).

Ketua Panitia pelaksana Rakernas 2023, Hasiyana Ashadi menyampaikan masih banyak Perwakilan DPD yang masih berbenah akibat dari dampak Covid 19, Rakernas Asita Pariwisa kali ini berjumlah 57 Peserta yang mewakili para ketua, sekretaris dan bendahara yang mewakili daerah masing masing.

“Dengan demikian jumlah perserta 57 perwakilan yang hadir pada Rakernas Asita Pariwisata 2023. Rakernas Asita kali ini akan di bagi rapat tiga komisi yan akan membahas sesuai bidang masing masing”, ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP Asita Artha Hanif Mengatakan Rakernas 2023 ini sebagai sarana evaluasi terhadap pelaksanaan Program Kerja DPP Asita pariwisata dan kepengurusan pada tahun 2023 ini.

“Dengan rakernas kali ini, di laporkan posisi keuangan DPP Asita Pariwisata tahun 2023 sesuai hasil pengawasan dan pemeriksaan oleh auditor independen”, ujar Artha Hanif.

Bahkan menurutnya lagi, Rakernas ini menampung usulan dan masukan dari para pengurus Asita Pariwisata pada tingkat pusat , daerah maupun cabang serta dari pada anggota Asita Pariwisata selutuh indonesia.

“Dengan demikian kita dapat menyusun rencana kerja dan anggran DPP Asita Pariwisata untuk tahun 2024 mendatang”, urainya.

Bahkan menurutnya lagi, Sumber daya alam indonesia yang sangat berlimpah dan tidak tertandingi bahkan kekayaan budaya indonesia sangat luar biasa.

“karena itulah potensi ini harus di gali dan harus di seriusi, bahkan geografis indonesia menjadi salah satu destinasi wisata” ungkap Artha Hanif.

Rakernas Asita Pariwisata 2023 kali ini juga mengundang Putri Kuswisnuwardani Presiden Direktur dan CEO PT Mustika Ratu yang juga menjadi salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Ia juga menyampaikan bahwa industri pariwisata saat ini tinggal melanjutkan dan menyempurnakan dari program yang ada.

“Kita ketahui lima tahun belakangan ini, indonesia banyak menjadi tuan rumah event event internasional yang membuat mata negara yang membawa awak media ikut meliput penyelenggaraan event internasional ini”,ujar Putri Kuswisnuwardani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:30 WIB

LPDB-KUMKM Salurkan Dana Bergulir Capai Rp1,4 Triliun Sampai Akhir September 2024

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) telah merealisasikan penyaluran dana bergulir sebesar Rp1,465 triliun hingga September 2024 dengan laju…

Propan Sandimas Experience Center di Indonesia Design District (IDD) PIK 2, lebih dari sekadar showroom biasa.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:22 WIB

Propan Sandimas Experience Center Resmi Dibuka di IDD PIK 2, Sajikan Inovasi Mewah untuk Ruang Hunian

Propan Sandimas Experience Center dirancang oleh Domisilium Studio, menggabungkan kekuatan dua merek besar di bidang bahan bangunan: Propan Raya, yang terkenal dengan produk cat ramah lingkungan,…

Seminar bertajuk Strategi Mitigasi Risiko dan Klaim (dalam Asuransi Pengangkutan) yang digelar Asuransi Tokio Marine Indonesia

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:20 WIB

Perkuat Posisi Pemimpin Asuransi Pengangkutan, TMI Gelar Seminar Mitigasi Risiko & Klaim

PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI), salah satu pemimpin pasar dalam asuransi pengangkutan di Indonesia, baru-baru ini menggelar seminar hybrid bertajuk Strategi Mitigasi Risiko dan Klaim…

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memimpin Apel Gelar Kesiapan Pasukan Pam VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024.

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:18 WIB

Panglima TNI Pimpin Langsung Apel Gelar Pasukan Pam VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024

(Puspen TNI) - Dalam rangka kesiapan Apel Gelar Pengamanan VVIP rangkaian acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 yang rencananya akan berlangsung pada 20 Oktober 2024…

Direktur Utama Smesco Indonesia, Wientor Rah Mada

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:10 WIB

Ini Sejumlah Terobosan Smesco Indonesia Bantu Pasarkan Produk UMKM Tembus Pasar Global

Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Smesco Indonesia berkomitmen untuk selalu memberikan fasilitasi layanan promosi dan pemasaran produk unggulan UMKM ke pasar domestik hingga global.