Apresiasi Calon Legislatif Populer 2024-2029
Oleh : Hariyanto | Kamis, 30 November 2023 - 13:51 WIB

Apresiasi Calon Legislatif Populer 2024-2029
INDUSTRY.co.id - Jakarta – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, para calon anggota legislatif (caleg) saat ini saling bersaing untuk mendulang suara terbanyak agar dapat melenggang ke Senayan. Para calon anggota legislatif kemudian mengambil berbagai langkah untuk meningkatkan popularitas mereka di mata calon pemilih.
Menurut Arief Munajad, CEO SuaraPemerintah.ID, saat ini penting bagi caleg untuk selalu menjaga citra positif dan membangun personal branding yang kuat, terlebih di era digital dimana aktifitas yang terekspos ke publik akan selalu memiliki rekam jejak yang tidak dapat ditinggalkan.
“Penting bagi para caleg memanfaatkan teknologi digital untuk membangun personal branding, utamanya dengan memanfaatkan media digital dan media sosial, karena selain mudah, kedua media tersebut merupakan alat komunikasi dua arah yang efektif,” kata dia di Jakarta, Rabu (22/11/2023).
Oleh karena itu, SuaraPemerintah.ID kembali berkolaborasi dengan TRAS N CO Indonesia untuk menginisiasi penyelenggaraan Apresiasi Calon Legislatif Populer 2024-2029 untuk para calon anggota legislatif yang telah berhasil membangun personal branding mereka di ranah digital.
Apresiasi Calon Legislatif Populer 2024-2029 merupakan sebuah apresiasi yang diberikan kepada para calon anggota legislatif 2024-2029 untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), yang berhasil menjaga citra positif dan membangun personal branding melalui ranah digital, yang diukur berdasarkan Aspek popularitas digital, pemberitaan dan image digital, dan aspek digital Top of mind.
Untuk mengukur tingkat keberhasilan para caleg membangun personal branding diukur melalui digital monitoring, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengatakan, Apresiasi Calon Legislatif Populer 2024-2029 diberikan berdasarkan hasil Digital Monitoring yang dilakukan pada bulan September – November 2023, melalui 3 aspek penilaian: Aspek Popularitas Digital, untuk mengukur popularitas dari masing-masing calon legislatif menggunakan mesin pencari. Aspek Pemberitaan dan Image Digital, untuk mengukur banyaknya pemberitaan seputar calon legislatif, serta mengukur sentiment positif dan negatif pemberitaan. Aspek Digital Top Mind, untuk mengukur seberapa melekat nama dari calon legislatif di benak masyarakat secara digital.
“Ada tiga kriteria yang harus dipenuhi oleh calon legislatif lolos seleksi yaitu: Calon Legislatif Populer tercantum dalam Daftar Calon Tetap (DCT) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Calon Legislatif Populer memiliki dominasi pemberitaan positif dalam 5 halaman mesin pencarian pertama dengan angka dominasi minimal 90% pemberitaan positif. Calon Legislatif Populer diulas lebih dari 500 ulasan di internet dalam kurun waktu 1 tahun terakhir, serta meraih angka final skor minimal 70 poin,” imbuhnya.
Ahmad Arief Munajad menambahkan, di era digital seperti saat ini, dinamika politik menjadi semakin kompleks, perkembangan pesat dunia digital mengharuskan para caleg untuk mempunyai personal branding yang kuat, untuk dapat membuat perbedaan signifikan dalam persepsi dan dukungan yang diterima.
“Artinya, para caleg yang akan berlaga pada pemilu 2024 mendatang sebaiknya memiliki visi yang kuat dan pandangan yang tajam, mereka juga mampu mengkomunikasikan pesan mereka secara efektif melalui platform-platform digital,” jelasnya.
Sebagai informasi untuk appreciation ceremony Apresiasi Calon Legislatif Populer 2024-2029 akan dilaksanakan SuaraPemerintah.id bersama TRAS N CO Indonesia pada 21 Desember 2023, di salah satu hotel berbintang di Jakarta.
Perlu diketahui, Apresiasi Calon Legislatif Populer 2024-2029 sebagai bentuk apresiasi kepada calon legislatif yang berhasil membangun popularitas personal brand-nya di ranah digital, namun apresiasi ini tidak mengukur tingkat keterpilihan/elektabilitas calon legislatif 2024-2029.
Baca Juga
KPID DKI Jakarta Temukan Indikasi Pelanggaran Siaran di 10 Hari Pertama…
Penumpang KA Ekonomi Dominasi 73,73% dari Total Pelanggan KAI pada…
Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sebut Seskab Teddy Tak Perlu Mundur
Dukung Eksistensi BPKH, Ketua MPR: Penting untuk Meringankan Biaya…
Tolong Ya Pak Presiden! Sejumlah Warga Arcamanik, Bandung ini Larang…
Industri Hari Ini

Jumat, 14 Maret 2025 - 15:14 WIB
Xiaomi Pad 7 Series Resmi Meluncur di Indonesia, Bawa Teknologi Canggih untuk Produktivitas dan Hiburan
Xiaomi Pad 7 Series, menghadirkan teknologi inovatif yang mendukung produktivitas dan kreativitas pengguna modern.

Jumat, 14 Maret 2025 - 14:48 WIB
Komitmen Implementasi GCG, Pegadaian Tegaskan Tak Ada Toleransi Terhadap Fraud dan Korupsi
PT Pegadaian terus berkomitmen untuk menegaskan kebijakan Zero Tolerance terhadap Fraud dengan menggelar Seminar Hybrid Scaling Up Risk Culture Triwulan I Manajemen Risiko Operasional bertajuk…

Jumat, 14 Maret 2025 - 14:41 WIB
Enzy Storia Resmi Jadi Brand Ambassador Baru Skechers di Indonesia
Enzy akan tampil dalam berbagai kampanye pemasaran Skechers di Indonesia sepanjang 2025, bersama dengan aktor ternama Joe Taslim.

Jumat, 14 Maret 2025 - 14:25 WIB
Fast Track UMK PT KAI: Membangun UMK Tangguh dan Berdaya Saing
Fasta Track UMK PT KAI dirancang untuk memberdayakan mitra binaan agar dapat berkembang dan naik kelas dalam menghadapi ekosistem bisnis yang kompetitif.

Jumat, 14 Maret 2025 - 13:52 WIB
Antisipasi Kebutuhan Nasabah pada Ramadan & Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Secara Net sebesar Rp 31,6 Triliun
Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,6 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 30 hari ke depan, yaitu pada 10 Maret –…
Komentar Berita