Di Festival Kebangsaan, Once Mekel Bangkitkan Rasa Nasionalisme Generasi Muda

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 28 November 2023 - 23:38 WIB

Once Mekel (kanan) di pangung Festival Kebangsaan yang digelar di kampus Unila Bandar Lampung.
Once Mekel (kanan) di pangung Festival Kebangsaan yang digelar di kampus Unila Bandar Lampung.

INDUSTRY.co.id - Bandar Lampung - Once Mekel ikut peringati Hari Pahlawan. Yaitu dengan menghadiri Festival Kebangsaan yang digelar Universitas Lampung (Unila) berkolaborasi dengan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (Pappri).

Festival Kebangsaan yang digelar di kampus Unila pada 21 November 2023 itu, Once Mekel tak hanya bernyanyi. Calon Anggot Legislatif Daerah Pemilihan Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Luar Negeri ini juga tampil sebagai pembicara dalam dialog kebangsaan bertema "Musik Dalam Gerakan Kebangsaan".

Selain Once Mekel, pembicara lain ada Sujiwo Tejo, Alffy Rev dan Novia Bachmid. Bagi pelantun Dealova ini, adanya diskusi kebangsaan bersama para mahasiswa, menjadi jembatan untuk lebih mencintai Indonesia.

Terlebih Once Mekel yang juga merupakan seorang musisi, mau agar generasi Z terutama bisa menjadi nasionalis dengan cara menyenangkan, lewat musik.

"Dalam berbangsa, musik membuat jiwa kita tergerak ke dalam kepedulian untuk meneruskan perjuangan. Termasuk mempertahan dan menyatukan bangsa ini," kata Once Mekel.

"Pesan dari Festival  ini Agar generasi muda mencintai dan mengapresiasi kekayaan seni dan budaya Indonesia sbg kekuatan bersama," tambah Once Mekel.

Bagi Once Mekel yang sudah berkecimpung di dunia musik selama puluhan tahun, seni tersebut bisa mempertajam naluri manusia untuk bisa merasakan. Termasuk bersimpati terhadap sesama.

"Salah satu tujuannya, musik bisa menjadi alat pemersatu bangsa," kata vokalis band Dewa ini.

Festival Kebangsaan sendiri terdiri dari 3 kegiatan. Selain Dialog Kebangsaan, digelar juga Pop Art Activity yang merupakan pameran kewirausahaan dan ekspresi kreativitas mahasiswa. 

Selain itu digelar juga Konser Kebangsaan yang menampilkan aksi Alffy Rev, Once Mekel, Band, Ki Ageng Ganjur, Dwiki Dharmawan, Novia Bachmid, dan Dewa Budjana.

Sebagai pengurus DPP Pappri, Once Mekel menyebut kolaborasi dan sinergi antara perguruan tinggi dan pelaku musik sangat diperlukan untuk menjawab tantangan nasionalisme di kalangan generasi Z. 

"Pappri sejak dulu mendorong peran musik sebagai alat pemersatu bangsa. Rangkaian acara konser yang dipadukan dengan talkshow seperti ini sudah dilakukan sejak perayaan Hari musik di Jakarta, Bandung, Medan, Makasar, Manado, Surabaya, dan Solo,” pungkas Once Mekel.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut Utama BNI saat di Kantor Perwakilan di Sidney Australia

Minggu, 08 September 2024 - 07:58 WIB

Kantor Perwakilan BNI di Sydney Siap Disulap Jadi Kantor Cabang Tahun Depan

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali memperluas jaringan internasional dengan meresmikan Kantor Perwakilan BNI di Sydney, Australia.

TECNO POVA 6 Pro 5G

Sabtu, 07 September 2024 - 20:39 WIB

Lebih dari Sekadar Gaming, TECNO POVA 6 Pro 5G Hadir dengan Desain MiniLED dan Visual Layar Memukau

Melengkapi kecanggihan sebuah smartphone gaming, tidak hanya performa saja yang perlu diutamakan. Ada sejumlah aspek lainnya yang bisa dihadirkan agar bisa membawa pengalaman bermain game lebih…

Cendana Suites Waterfront City Tanjung Bunga

Sabtu, 07 September 2024 - 19:42 WIB

Cendana Suites, Hunian Baru Modern dan Stylish dari LippoLand Makassar

Setelah sukses menghadirkan XYZ Livin di Green River View Tanjung Bunga, Makassar, LippoLand kembali memperkenalkan produk hunian baru bertajuk Cendana Suites.

Kembangkan Aplikasi Keuangan Haji, BPKH Gelar Sayembara Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Sabtu, 07 September 2024 - 17:36 WIB

Kembangkan Aplikasi Keuangan Haji, BPKH Gelar Sayembara Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Padang - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar Sayembara Logo, Nama dan Desain User Interface BPKH Apps berhadiah puluhan juta rupiah yang terbuka untuk umum.

Petugas layanan BSI sedang melayani nasabah di salah satu kantor cabang.

Sabtu, 07 September 2024 - 17:08 WIB

Sepanjang September 2024, BSI Buka Layanan Weekend Banking di 504 Kantor Cabang

PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. (BSI) kembali menghadirkan layanan weekend banking di 504 kantor cabang selama September 2024, demi memberikan kemudahan bagi nasabah yang membutuhkan layanan…