Kembali Dihadirkan IFC, SPOTLIGHT Indonesia 2023 Hadirkan Karya Lebih Dari 100 Desainer dan Jenama Indonesia-ASEAN

Oleh : Nina Karlita | Minggu, 19 November 2023 - 21:22 WIB

IFC kembali gelar SPOTLIGHT Indonesia 2023.
IFC kembali gelar SPOTLIGHT Indonesia 2023.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia Fashion Chamber (IFC) kembali menghadirkan perhelatan fesyen tahunan yang konsisten merayakan keragaman budaya, wastra dan kerajinan Indonesia; SPOTLIGHT Indonesia. Dimana tahun ini hadir di Pos Bloc Jakarta tanggal 16-18 November 2023 dengan tema Culture: Then and Now.

"SPOTLIGHT menyatukan masa lalu dan masa depan untuk mewujudkan identitas produk industri fesyen Indonesia yang berkarakter dan kekinian,” papar Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber mengenai makna tema yang diangkat tahun ini.

SPOTLIGHT Indonesia pada gelaran tahun ke-2 ini bertujuan untuk mempromosikan Indonesia sebagai sebuah destinasi global untuk produk busana siap pakai (ready-to-wear) berbasis konsep berkelanjutan (sustainability). 

Dengan mengedepankan penggunaan wastra, budaya, dan sumber daya lokal serta pengerjaan tangan (handmade) mendukung terwujudnya industri fesyen berlandaskan sustainability (berkelanjutan) untuk bumi yang lebih baik. Wastra Nusantara tentunya dipresentasikan secara kontemporer agar dapat diterima di pasar global.

Tahun ini, SPOTLIGHT Indonesia menghadirkan kegiatan meliputi fashion show, exhibition, instalasi sustainable fashion, talkshow, dan workshop. 

Lebih dari 100 desainer, jenama, dan institusi pendidikan akan menunjukkan koleksi dengan mengangkat wastra atau inspirasi budaya Indonesia dan konsep sustainability yang mencakup kategori formal wear, casual/street wear, men’s wear, hingga modest wear. 

Antara lain Samsuga by Agus Sunandar, Torajamelo, Brilianto, Sha House by Asha Darra, Emy Thee, ALLETS by Stella Lewis, Rinda Salmun, dan Olanye by Eko Tjandra dalam Opening Ceremony. Serta DedenSiswanto, Gregorius Vici, Farah Button by Sutardi, Temma Prasetio Ready to Wear, Tenun Gaya by Wignyo, Sofie, RaegitaZoro, dan Xander.G by Weda Githa dalam Closing Ceremony SPOTLIGHT Indonesia 2023. 

Untuk memperluas kiprah SPOTLIGHT Indonesia di mancanegara, SPOTLIGHT Indonesia bersinergi dengan ASEAN Fashion Designers Showcase (AFDS) menghadirkan guest designer dari ASEAN. Panggung SPOTLIGHT Indonesia juga memberikan sorotan pada karya-karya siswa sekolah mode di Indonesia.

Di perhelatan ini, Kementerian Perdagangan RI turut mempersembahkan koleksi modest wear dari MAIMA, L’Mira Ethnique, IFC Bandung Chapter, Hanna, Andy Sugix x Hefi Rosid, dan Contemporary Folklore yang merupakan kompilasi dari koleksi Benang Lusi, Dewi Roesdji, Jeate, Kaja Shibori, Kalu, Mupakara, Natlovers, Rayya Stories, Swana, Uweran, Wearlori, dan Wening’s Line.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Showcase & Outlook UMKM Sawit 2025.

Kamis, 13 Maret 2025 - 12:32 WIB

BPDP dan Olenka Gelar Showcase & Outlook UMKM Sawit 2025 Dukung Pengembangan UMKM Berbasis Kelapa Sawit

Kontribusi komoditas kelapa sawit sangat besar terhadap negara Indonesia baik dari aspek ekonomi maupun sosial. Meski demikian, peran dan kontribusi kelapa sawit masih bisa dioptimalkan dengan…

Perpusnas dan Kemdiktisaintek Kolaborasi untuk Akses Jurnal Terintegrasi dan Penguatan Literasi.

Kamis, 13 Maret 2025 - 11:47 WIB

Perpusnas dan Kemdiktisaintek Bersinergi, Mahasiswa Lebih Mudah Akses Jurnal Ilmiah

Melalui sinergi ini, Perpusnas akan menyediakan akses jurnal elektronik terintegrasi untuk mendukung penelitian akademik di perguruan tinggi dan pengembangan sistem database alat penelitian.

Agros

Kamis, 13 Maret 2025 - 11:33 WIB

SEEAA Perkuat Investasi Energi Terbarukan Lewat Partisipasi Pendanaan Seri A untuk Agros

Schneider Electric Energy Access Asia (SEEAA) mengumumkan partisipasinya dalam pendanaan Seri A untuk Agros. Investasi ini akan membantu Agros meningkatkan solusi irigasi bertenaga surya,…

Hana Bank Perluas Pilihan Investasi Reksa Dana Bersama PT BNP Paribas AM

Kamis, 13 Maret 2025 - 11:21 WIB

Hana Bank Perluas Pilihan Investasi Reksa Dana Bersama PT BNP Paribas AM

Jakarta– PT Bank KEB Hana Indonesia (Hana Bank) memperluas portofolio investasi untuk nasabah dengan menggandeng perusahaan manajer investasi, PT BNP Paribas Asset Management (PT BNP Paribas…

Diana Liudin, Marketing Manager bTaskee Indonesia (tengah), menjelaskan program Ketupat menjadi solusi untuk menghadapi tantangan kebersihan rumah selama Ramadhan kepada wartawan.

Kamis, 13 Maret 2025 - 11:20 WIB

bTaskee Hadirkan Inovasi 'Ketupat' untuk Permudah Kebersihan Rumah di Bulan Ramadhan

bTaskee meluncurkan ‘Ketupat’, Kejutan bPoint Hemat, campaign yang memberikan pengguna nilai tambah sekaligus menjawab kebutuhan kebersihan rumah tangga selama Ramadan.