Perpusnas Sukses Gelar PLM Nasional 2023 di Yogyakarta. Ini Harapannya

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 22 September 2023 - 01:31 WIB

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus, Nani Suryani di PILM Yogyakarta.
Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus, Nani Suryani di PILM Yogyakarta.

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta - Sukses digelar Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Peer Learning Meeting (PLM) Nasional 2023, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono dukung penuh acara yang digelar di Yogyakarta.

Tanggal 21 September 2023, PLM yang merupakan  kegiatan sharing konowledge dan berbagi pengalaman dalam program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) ini resmi ditutup.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Adin Bondar mengatakan, kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) tahun 2023 diharapkan agar pelaku dan pengelola perpustakaan melalui Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) menjadi termotivasi melakukan inovasi dan kreativitas.

“Pasalnya melalui kegiatan ini dampak yang dirasakan masyarakat sudah sangat jelas sekali karena meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Deputi Perpusnas Adin Bondar, usai penutupan PLM Nasional tahun 2023 di Yogyakarta, Kamis (21/9/2023).

Dikatakannya, melalui literasi terapan yang kita lakukan melalui transformasi perpustakaan dari tahun 2018 -2023 saat ini, masyarakat yang termaljinalkan telah mendapatkan inside baru dalam kualitas hidupnya, sehingga banyak peserta melalui transformasi berbasis inklusi sosial ini mendapatkan pekerjaan baru dan juga usaha baru. 

“Melalui transfer of knowledge di perpustakaan desa, di ruang terbuka, mereka belajar kontekstual untuk keterampilan hidupnya dan berbagi pengalaman bagi warga desa,” paparnya.

Adin berharap, peserta yang hadir pada acara PLM di Yogyakarta yang hadir sebanyak 1100 peserta ini, akan bisa menjadi role model dan juga pendamping literasi bagi masyarakat. Bahkan diharapkan dampak melalui literasi ini baik persoalan kemiskinan ekstrim dan juga persoalan gizi buruk dan stunting yang mencapai 1,6 persen itu bisa dilakukan afirmasi dan persoalan bisa terselesaikan dengan cepat.

Hasil kegiatan PLM sejak tahun 2018 hingga 2023 itu secara faktual membuktikan banyak masyarakat yang tadinya tidak memiliki pekerjaan mendapat inside dan keterampilan baru sehingga merek mampu memproduksi.

Sedangkan Cost Benefit Ratio dari program ini adalah sebesar 2,30 yang artinya setiap Rp 1 (satu) cost yang dikeluarkan akan menghasilkan benefit sebesar Rp 2,30. Artinya ketika investasi Rp 1 untuk transformasi perpustakaan, akan mendapatkan reten of investment 2,3 kali lipat.

“Tapi karena lingkupnya masih kecil, ini memang dampak makronya belum kelihatan,” tegasnya. Dikatakan,  literasi bisa berdampak ke kebahagiaan. Dalam literasi of life dijelaskan literasi bisa membagun kebahagiaan. Ini perlu kita dorong” katanya.


Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus, Nani Suryani Nani Suryani juga mengucapkan selamat kepada para pemenang penghargaan sebagai bukti atas kinerja dalam mengelola Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

“Bagi yang belum berhasil menampilkan yang terbaik, jangan berkecil hati. Tetaplah terus berkarya dan bersemangat dalam melaksanakan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di lingkungannya masing-masing untuk berinovasi dan terus berkarya, tutup Nani.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut Utama BNI saat di Kantor Perwakilan di Sidney Australia

Minggu, 08 September 2024 - 07:58 WIB

Kantor Perwakilan BNI di Sydney Siap Disulap Jadi Kantor Cabang Tahun Depan

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali memperluas jaringan internasional dengan meresmikan Kantor Perwakilan BNI di Sydney, Australia.

TECNO POVA 6 Pro 5G

Sabtu, 07 September 2024 - 20:39 WIB

Lebih dari Sekadar Gaming, TECNO POVA 6 Pro 5G Hadir dengan Desain MiniLED dan Visual Layar Memukau

Melengkapi kecanggihan sebuah smartphone gaming, tidak hanya performa saja yang perlu diutamakan. Ada sejumlah aspek lainnya yang bisa dihadirkan agar bisa membawa pengalaman bermain game lebih…

Cendana Suites Waterfront City Tanjung Bunga

Sabtu, 07 September 2024 - 19:42 WIB

Cendana Suites, Hunian Baru Modern dan Stylish dari LippoLand Makassar

Setelah sukses menghadirkan XYZ Livin di Green River View Tanjung Bunga, Makassar, LippoLand kembali memperkenalkan produk hunian baru bertajuk Cendana Suites.

Kembangkan Aplikasi Keuangan Haji, BPKH Gelar Sayembara Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Sabtu, 07 September 2024 - 17:36 WIB

Kembangkan Aplikasi Keuangan Haji, BPKH Gelar Sayembara Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Padang - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar Sayembara Logo, Nama dan Desain User Interface BPKH Apps berhadiah puluhan juta rupiah yang terbuka untuk umum.

Petugas layanan BSI sedang melayani nasabah di salah satu kantor cabang.

Sabtu, 07 September 2024 - 17:08 WIB

Sepanjang September 2024, BSI Buka Layanan Weekend Banking di 504 Kantor Cabang

PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. (BSI) kembali menghadirkan layanan weekend banking di 504 kantor cabang selama September 2024, demi memberikan kemudahan bagi nasabah yang membutuhkan layanan…