Siap Menjadi Smart Logistics Company, Pos Indonesia Terapkan Berbagai Transformasi Digital
Oleh : Herry Barus | Sabtu, 22 Juli 2023 - 12:15 WIB

Siap Menjadi Smart Logistics Company, Pos Indonesia Terapkan Berbagai Transformasi Digital
INDUSTRY.co.id - Makassar– Pos Indonesia berkomitmen menjamin keamanan dan ketepatan waktu pengiriman bagi para pelanggannya. Hal ini merupakan wujud tanggung jawab perusahaan dalam penerapan smart logistics company pada berbagai bidang layanannya, terutama dalam pengiriman.
Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tertua di Indonesia yang bergerak di bidang kurir dan logistik, Pos Indonesia memiliki dashboard khusus yang dapat dimanfaatkan oleh para konsumen untuk memantau secara real time setiap kiriman. Dengan demikian, konsumen tak perlu merasa khawatir barang kirimannya tidak akan terlacak keberadaannya.
Menurut data Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), sebanyak 41 persen aduan masyarakat pada bidang jasa ekspedisi ialah kehilangan barang saat pengiriman. Masalah tersebut merupakan jenis aduan terbesar dalam bidang ini. Namun, Pos Indonesia memiliki persentase aduan terkecil, yakni di bawah 6 persen.
Direktur Business Development & Portfolio Management Pos Indonesia, Prasabri Pesti, menuturkan, kepuasan pelanggan adalah hal utama untuk menjaga konsistensi perusahaan dalam menjalankan transformasi digital. Perusahaan yang dahulu identik dengan sistem tradisional dalam pengirimannya, kini tengah menerapkan digitalisasi pada seluruh layanannya.
“Di tengah gencarnya perkembangan teknologi, transformasi digital merupakan hal yang krusial bagi Pos Indonesia. Salah satu perubahan yang dilakukan, dimulai dari proses penjemputan hingga pengiriman sampai kepada penerima, seluruhnya menggunakan sistem digital,” ujar Prasabri pada acara Customers Logistic Day yang berlokasi di The Rinra Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Jumat (21/7).
Lebih lanjut, Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bapenas, Amalia Adininggar, menyampaikan, Pos Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pemain logistik di Indonesia. Hal ini mampu menciptakan domestic value chain dalam rangka mendukung Indonesia Emas di 2045.
“Sebagai penyedia layanan kurir dan logistik yang terluas, Pos Indonesia memiliki 228 titik layanan internasional dan lebih dari 24.000 titik layanan di Indonesia yang mampu menjangkau daerah terpencil dari Sabang hingga Merauke. Hal inilah yang mampu mendukung pemerintah dalam peningkatan konektivitas antar wilayah baik secara global maupun nasional,” jelas Amalia.
Direktur POS Ditjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gunawan Hutagalung, memastikan bahwa layanan yang dimiliki oleh Pos Indonesia telah sesuai dengan standar layanan pos yang ditetapkan oleh pemerintah.
“Dari sisi regulator, kami pastikan Pos Indonesia telah memenuhi seluruh indikator standar layanan pos, seperti keamanan, pengemasan kiriman, dll. Selain itu, jasa ekspedisi ini memiliki kesanggupan dalam mengeluarkan surat pernyataan kerahasiaan negara,” terang Gunawan
Terbaru, Pos Indonesia mendapat kepercayaan dari Mahkamah Agung untuk mengirimkan dokumen surat tercatat yang dikeluarkan oleh instansi peradilan di bawah Mahkamah Agung. Senior Vice President Enterprise Business Pos Indonesia, Arifin Muchlis, menuturkan, kerja sama ini merupakan amanah besar bagi Pos Indonesia dan pihaknya menyediakan fitur khusus untuk melaksanakan pengiriman ini.
“Pada saat sosialisasi dengan pihak Mahkamah Agung, kami telah sampaikan bahwa terdapat spesifikasi terkait pengiriman ini, termasuk dashboard pada tiap satker (satuan kerja) yang dapat terlihat proses collecting hingga delivery. Terlebih petugas pos yang mengantar merupakan petugas khusus berintegrasi tinggi,” jelas Arifin.
Ia berharap, Pos Indonesia mampu menjadi pilihan jasa kurir dan logistik bagi masyarakat, kementerian, lembaga, dan instansi pemerintah lainnya.
*
Baca Juga
FedEx Tingkatkan Layanan dan Konektivitas Bisnis Lokal di Indonesia…
FedEx Tunjuk Tiga Pimpinan Baru untuk Kawasan Asia Pasifik
Tarif Impor AS Naik, Saadah Global Dorong UKM Halal Indonesia Ekspansi…
Artaboga Gandeng Brinks Optimalkan Pengelolaan Kas dengan Digital…
Delapan Tips Sukses Jalankan Bisnis Franchise di Indonesia ala Ninja…
Industri Hari Ini

Kamis, 17 April 2025 - 20:05 WIB
Ditopang Penjualan Residensial, Pendapatan Metland Tembus Rp 2,021 Triliun Sepanjang 2024
PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp 2,021 triliun atau tumbuh sebesar 18,52% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (YoY) sebesar Rp1,705 triliun.

Kamis, 17 April 2025 - 18:02 WIB
Fenomena Borong Emas Berlanjut, FOMO Atau Rasional?
Fenomena borong emas masih berlanjut hingga saat ini. Tren borong emas berdampak pada tingkat pembelian emas yang meningkat tajam. Momentum ini terjadi lantaran kondisi ekonomi yang tak menentu…

Kamis, 17 April 2025 - 16:00 WIB
Gawat! Pelonggaran TKDN & Pertek Bikin Cemas Pelaku Industri Elektronik
Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Elektronik (Gabel) Daniel Suhardiman menyebut bahwa kebijakan pelonggaran TKDN dan Pertek dapat menyebabkan kekacauan di industri elekronik nasional. Bahkan,…

Kamis, 17 April 2025 - 15:54 WIB
ESSA Bagikan Dividen Sebesar Rp172,26 Miliar
PT ESSA Industries Indonesia Tbk. (ESSA), Perusahaan terbuka yang bergerak di sektor Energi dan Kimia melalui kilang LPG (Liquefied Petroleum Gas) dan pabrik Amoniak, mengumumkan pembagian dividen…

Kamis, 17 April 2025 - 15:51 WIB
Bank Mandiri Hadirkan Solusi Digital untuk DHE SDA, Dorong Efisiensi Ekspor Nasional
Bank Mandiri terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan menghadirkan solusi layanan keuangan terbaik bagi nasabah wholesale, khususnya pelaku ekspor yang…
Komentar Berita