Lewat Jajaran Produk-Produk Berteknologi Tinggi, Hisense Indonesia Optimis Mampu Bersaing di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Rabu, 12 Juli 2023 - 19:50 WIB

Kunjungan ke pabrik Hisense Indonesia
Kunjungan ke pabrik Hisense Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Hisense Indonesia optimistis mampu bersaing dalam bisnis di Indonesia dengan mengandalkan jajaran line up produk-produknya, mulai dari TV, AC, Kulkas dan Mesin cuci yang menawarkan kualitas kelas dunia dan sudah teruji pasar dengan harga yang terjangkau.

"Kami satu-satunya produsen yang berani memberikan garansi TV hingga 4 tahun. Kami percaya dengan kualitas produk kami yang bagus," kata Presiden Direktur PT. Asia Teknologi Macindo, Sarki Gunawan yang merupakan distributor utama Hisense Indonesia saat kunjungan pabrik Hisense bersama media di Purwakarta, Selasa (11/7/2023).

Hisense Indonesia berdiri pada Februari 2014 dan berkantor pusat di Jakarta. Saat ini Hisense fokus menggarap dua bisnis utama yaitu B2B dan B2C. Bisnis B2C meliputi peralatan rumah tangga seperti TV laser, televisi, lemari es, AC rumah, AC komersial, mesin cuci, dll. Produk utama B2B adalah Interactive Digital Brand, Digital Signage, Peralatan medis, LCD Video Wall dan LED Wall.

Pada Februari 2022, pabrik TV Hisense Indonesia mulai beroperasi untuk memenuhi permintaan kapasitas produksi 600.000 unit pertahun untuk TV merek Hisense + merek Toshiba. Untuk memenuhi itu Hisense menyediakan hampir 300 pekerjaan dan melatih 20 tenaga teknis dan manajemen. 

Pada 2023, Hisense Indonesia akan terus memilih mitra lokal Indonesia untuk perakitan lokal dan produksi AC, mesin cuci, dan produk lainnya, dan terus meningkatkan mitra melalui ekspor teknologi. 

Di Indonesia, Hisense memiliki 107 gerai layanan purna jual yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan kantor di Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Medan, Bali, Jumbo dan kota-kota besar lainnya. 

Terdapat pula Depo Pelita, BEC, Maxi, Perdana dan jaringan channel nasional dan regional lainnya. Selain itu untuk merambah pasar yang lebih masif, Hisense membangun platform resmi di Shopee, Lazada, Tokopedia, Tiktok, Akulaku, Blibli, dan platform e-commerce lainnya.

Dengan prospek bisnis tersebut, Presiden Direktur PT. Asia Teknologi Macindo sebagai distributor utama Hisense Indonesia Sarki Gunawan mengatakan, pihaknya akan membangun Hisense di Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, dan kota-kota lain pada tahun 2023 khusus untuk specialty store.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur Hisense Indonesia Edison Li mengatakan, Hisense Indonesia telah berpegang pada nilai-nilai inti kejujuran dan integritas, inovasi pragmatis, pelanggan pertama dan manajemen yang berkelanjutan dan strategi pengembangan perusahaan berbasis teknologi dan manajemen yang baik. 

Bisnisnya mencakup multimedia, peralatan rumah tangga, sistem informasi cerdas TI dan industri jasa modern. "Produk kami terletak pada keunggulan rangkaian produk yang lengkap, mengutamakan preferensi konsumen muda, kualitas produk yang baik, tata letak global, dengan layanan purna jual yang baik. Pengiriman produk TV kami nomor satu di dunia sejak tahun lalu," ujarnya.

Bisnis Hisense meliputi berbagai bidang seperti multimedia, peralatan rumah tangga, sistem informasi cerdas TI dan industri layanan modern. Dalam industri B2C dengan tampilan sebagai intinya, Hisense selalu berada di garis depan industri global.

Dalam industri B2B, Hisense memiliki energi baru seperti transportasi cerdas, perawatan medis presisi, dan komunikasi optik. Hisense juga menempati posisi terdepan di tingkat nasional dan global. 

Segmen peralatan rumah tangga dan segmen teknologi saling melengkapi satu sama lain. Dan Hisense melakukan transformasi yang luar biasa dari perusahaan peralatan rumah tangga menjadi perusahaan teknologi tinggi. Hebatnya, semua produk-produk Hisense di Indonesia sudah memenuhi TKDN sebesar 21,89 persen dan ikut serta membangun supply chain di Indonesia. 

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS) Soegiharto Santoso alias Hoky yang diundang khusus meninjau lokasi pabrik Hisense, mengatakan kali ini APTIKNAS dan rekan media bersama-sama mengunjungi pabrik perakitan Hisense di Purwakarta, Jawa Barat untuk mengetahui kualitasnya. 

"Produk Hisense selalu mematuhi regulasi pemerintah terkait TKDN, bahkan tadi saya sempat mendapat informasi dari Mr. Edison selaku Presiden Direktur Hisense Indonesia tentang akan berupaya mengundang supply chain kebutuhan produknya untuk mendirikan pabriknya di Indonesia, ini menjadi bukti perusahaan ini terus berupaya membangun usaha sesuai dengan regulasi yang akan meningkatkan TKDN di Indonesia," ucapnya.

Pada akhir bulan ini, Hisense Indonesia berencana untuk memperkenalkan TV Mini LED 65 inci yang menawarkan kualitas gambar yang tajam dan detil serta kualitas suara yang jernih. Hebatnya, TV Mini LED Hisense itu dijual dengan harga di bawah Rp20 Juta. 

TV Mini LED merupakan LED dengan ukuran yang lebih kecil dan jumlah yang lebih banyak berfungsi untuk memberikan cahaya latar (backlight) ke layar LCD. Piksel LCD tidak dapat menyala sendiri, sehingga membutuhkan sumber cahaya di belakangnya. Inilah yang menciptakan kecerahan dan warna yang diperlukan. Karena lapisan cahaya latar tambahan ini, piksel layar LCD tidak akan pernah dapat dimatikan sepenuhnya.

Jika dibandingkan televisi yang menggunakan layar LCD dengan LED biasa, warna hitam pada layar tidak akan sepekat dengan basis teknologi mini LED. Teknologi mini LED dapat menghilangkan gangguan ‘bleeding’ pada warna gelap di antara beberapa objek lain yang berwarna. Ini tentunya akan sangat baik bagi kesehatan mata tidak akan terganggu saat menonton TV produksi Hisense ini.

TV Mini LED adalah cara efisien dan lebih efektif untuk menerangi layar LCD. Dengan memasang lebih banyak LED dengan ukuran yang lebih kecil pada belakang piksel LCD akan dapat menampilkan gambar yang lebih cerah. Dengan begitu, kontrol cahaya latar belakang bisa lebih terarah dan presisi. Sehingga dapat meminimalisir gangguan ‘bleeding’ dan menampilkan kontras yang lebih tinggi. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Senior EVP Business Banking J Trust Bank, Saptono A Irawan, menyampaikan Peluncuran program tabungan beserta kartu debit co-branding TORA PERSIJA ini merupakan puncak dari kerja sama J Trust Bank dan Persija

Selasa, 08 Oktober 2024 - 20:45 WIB

J Trust Bank Luncurkan Kartu Debit Co-Branding 'TORA PERSIJA untuk Jakmania'

PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) memperkuat kerja sama dengan Persija melalui peluncuran program tabungan beserta kartu debit co-branding bertajuk TORA PERSIJA untuk pendukung setia…

Pertamina International Shipping Raih Indonesia CSR Award 2024

Selasa, 08 Oktober 2024 - 20:10 WIB

Pertamina International Shipping Raih Indonesia CSR Award 2024

PIS dianugerahi gelar Best Corporate Social and Environment Responsibility Award 2024 for Supporting Environmental Ecosystem Protection and Health Services, dalam kategori Logistic and Transportation…

Konferensi pers Chinese Enterprises Go-oversea- In-dept Tour into Indonesia

Selasa, 08 Oktober 2024 - 19:42 WIB

Ratusan Pengusaha Pangan Tiongkok Bakal Gelar Business Matching dengan 150 Pengusaha Indonesia

Business Matching 'Chinese Enterprises Go-oversea- In-dept Tour into Indonesia' bakal segera digelar si Jakarta. Business Matching ini hasil kerja sama antara Chamber of Commerce of I/E Foodstuffs,…

Resmikan Kemitraan Bancassurance Astra Life & Bank Jasa Jakarta Kolaborasi untuk Kesejahteraan Finansial

Selasa, 08 Oktober 2024 - 18:19 WIB

Resmikan Kemitraan Bancassurance Astra Life & Bank Jasa Jakarta Kolaborasi untuk Kesejahteraan Finansial

Jakarta– PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) bersama PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) meresmikan kemitraan bancassurance yang sekaligus menandai kolaborasi yang solid dalam ekosistem bisnis grup…

kiri-kanan: Head Presales Multipolar Technology Liendra Heryadi, SVP Bank BTN Wahyudi Joko Santoso, Director Account Management FSI & Commercial Multipolar Technology Herryyanto, dan Presales IBM Hardware Multipolar Technology Herryyanto menjelaskan tentang pentingnya modernisasi aplikasi bisnis perusahaan kepada seminar Accelerating Digital Transformation: Modernizing Applications with IBM Infrastructure yang digelar oleh PT Multipolar Technology Tbk di Jakarta, Selasa, 24 September 2024

Selasa, 08 Oktober 2024 - 17:48 WIB

Multipolar Technology Tawarkan Infrastruktur Andal untuk Bantu Memodernisasi Aplikasi Perusahaan

Jakarta– Harus diakui bahwa teknologi berkembang sangat cepat. Contohnya di industri perbankan, apa yang kita rasakan saat ini sudah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan 2-3 dekade lalu.…