Banggar DPR RI: Harus Ada Road Map Penyelesaian Proyek Strategis Nasional

Oleh : Candra Mata | Senin, 26 Juni 2023 - 18:12 WIB

Mukhtarudin, Anggota Banggar DPR RI (Politisi Golkar)
Mukhtarudin, Anggota Banggar DPR RI (Politisi Golkar)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menargetkan ada 30 proyek strategis nasional (PSN) dengan total nilai Rp 288 triliun yang akan dikebut penyelesaiannya di tahun 2023.

Diinformasikan, tiga proyek sudah rampung sejak awal Mei 2023, sehingga masih terdapat 27 proyek lagi.

Menanggapi hal itu, Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin mendorong agar pemerintah bersikap tegas terhadap proyek-proyek yang sulit memenuhi kriteria untuk dikebut pengerjaannya hingga tahun depan untuk dimasukkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2025-2029.

Untuk itu, Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini ini berharap pemerintah mendata PSN yang ditargetkan selesai melampaui tahun 2024. 

"Tentu harus menyusun road map target pengerjaan PSN tersebut ya. Sehingga pemerintah tidak mengalami over cost akibat tenggat waktu penyelesaian yang di luar target," tandas Mukhtarudin ketika dihubungi Wartawan, Senin, 26 Juni 2023.

Kendati demikian, Anggota Komisi VII DPR RI ini pun mengatakan pemerintah memprioritaskan PSN yang memiliki kejelasan atau kepastian dari segi pembiayaan, pengadaan tanah, dan perizinan, serta memastikan pengerjaan PSN tersebut dilakukan secara optimal.

Pasalnya, lanjut Mukhtarudin, pembangunan PSN yang kurang optimal dapat berdampak pada risiko keterlambatan penyelesaian proyek serta tidak optimalnya manfaat dari pembangunan proyek yang dihasilkan.

"Sehingga PSN benar-benar dapat bermanfaat bagi negara maupun masyarakat, serta pengerjaannya sesuai dengan timeline dan roadmap yang telah ditetapkan," pungkas Mukhtarudin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anindya Bakrie, Ketum Kadin hasil munaslub bertemu Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

Kamis, 19 September 2024 - 22:47 WIB

Anindya Bakrie Undang Mendag ke Acara Sarasehan Kadin Indonesia

Ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Bakrie melakukan kunjungan silaturahmi bertemu dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta,…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Ketua Umum Baru Kadin Indonesia, Anindya Bakrie

Kamis, 19 September 2024 - 21:13 WIB

Menperin Agus Ajak Ketua Umum Baru Kadin Perkuat Kerja Sama Sektor Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menerima kunjungan Ketua Umum baru Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Anindya Novian Bakrie.

Aulia Rizki Wicaksono selaku CEO TAXSAM.CO

Kamis, 19 September 2024 - 21:11 WIB

Mengenal AXSAM.CO: Solusi Pajak dan Bisnis Bagi Perusahaan

Jakarta - Esensi pajak seringkali menjadi keraguan di masyarakat, melihat bahwa isu mengenai pajak masih didominasi dengan stigma negatif berbagai kalangan. Hal ini dipicu karena kurangnya pengetahuan…

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara BPKN, IMREI dan LSP AREA

Kamis, 19 September 2024 - 20:10 WIB

BPKN - IMREI dan LSP AREA Jalin Kerja Sama Tingkatkan Kepuasan Konsumen Properti

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) bersama Ikatan Manajer Real Estat Indonesia (IMREI) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Area Indonesia (LSP AREA Indonesia) menjalin kerja sama dalam…

Anang Hermansyah

Kamis, 19 September 2024 - 17:39 WIB

Anang Hermansyah Ajak Pelanggan Raih Emas Melalui Program PESTA Belanja di VIVA Apotek

VIVA Apotek menggandeng musisi dan selebriti ternama, Anang Hermansyah, dalam kampanye promosi terbaru mereka di Instagram. Melalui postingan Instagram yang menampilkan Anang, VIVA Apotek menghadirkan…