Lima Tahun Berturut-turut, BCA Dinobatkan Sebagai Brand Terkuat di Indonesia oleh Brand Finance

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 17 Juni 2023 - 10:59 WIB

Ilustrasi BCA
Ilustrasi BCA

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali mempertahankan prestasinya sebagai brand terkuat di Indonesia (Indonesia’s strongest brands) versi Brand Finance. Dalam daftar Top 10 Strongest Indonesian Brands yang dirilis oleh Brand Finance pada laporan berjudul “Indonesia 100 2023”, BCA menduduki peringkat pertama dengan rating kekuatan brand AAA+.

Dengan capaian ini, BCA telah dinobatkan sebagai brand terkuat di Indonesia selama lima tahun berturut-turut, dari tahun 2019 hingga 2023.

Berdasarkan laporan Brand Finance, BCA mampu mencatatkan pencapaian positif di tahun 2022, di mana total kredit mampu tumbuh hingga 11,7% YoY, didorong pemulihan di seluruh segmen pinjaman. 

Selain itu, BCA menyelenggarakan sejumlah event strategis di tahun 2022, seperti BCA Expoversary, BCA UMKM Fest 2022, dan BCA Wealth Summit 2022. Hal ini berkontribusi positif bagi portofolio KPR yang melebihi angka Rp108 triliun (US$6,9 miliar) untuk pertama kalinya dalam sejarah perseroan.

“Salah satu event BCA, yakni BCA Expoversary, menampilkan sejumlah produk dan promosi unggulan yang mampu menarik ribuan pengunjung. Berbagai macam program suku bunga spesial ditawarkan, di mana salah satunya menawarkan suku bunga KPR berjenjang untuk nasabah yang ingin memiliki properti. Suku bunga ini dapat disesuaikan dengan karakteristik finansial nasabah yang beragam, sehingga membantu mereka memenuhi kebutuhan kepemilikan properti,” tulis Brand Finance dalam laporannya.

Tidak hanya dari sisi kinerja dan event strategis, Brand Finance juga mengapresiasi upaya BCA dalam segmen Environmental, Social, and Governance (ESG), khususnya dalam peningkatan partisipasi aktif BCA dalam pembiayaan berkelanjutan dan pengelolaan limbah yang dihasilkan dari kegiatan operasional.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Brand Finance yang telah menobatkan BCA sebagai brand terkuat di Indonesia. Tentunya apresiasi ini tidak lepas dari kepercayaan segenap nasabah setia, dukungan dari pemerintah maupun regulator, serta kerja kelas seluruh karyawan BCA di penjuru tanah air. Apresiasi ini menjadi motivasi bagi kami untuk senantiasa meningkatkan kualitas layanan dan solusi perbankan bagi kebutuhan nasabah yang beragam,” ucap Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja yang dikutip INDUSTRY.co.id, Sabtu (17/6/2023).

Sebagai informasi, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) juga menerima apresiasi dari Brand Finance sebagai brand paling bernilai di Indonesia (Indonesia’s most valuable brand) dengan valuasi brand mencapai US$4,3 miliar. Menurut laporan Brand Finance, pencapaian ini utamanya ditopang oleh peningkatan kinerja keuangan dari BRI.

“Pencapaian BRI sebagai brand paling bernilai di Indonesia, sementara BCA sebagai brand terkuat, menunjukkan bahwa industri perbankan nasional mampu menunjukkan kinerja yang solid, termasuk berperan dalam mendorong pemulihan perekonomian domestik. Tidak lupa, saya juga mengucapkan selamat kepada jajaran manajemen BRI atas pencapaiannya,” tutup Jahja Setiaatmadja.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran iSeller AI

Jumat, 11 Oktober 2024 - 16:57 WIB

iSeller Luncurkan Asisten Bisnis Berbasis AI, Berdayakan UMKM dengan Teknologi Microsoft Azure

Platform omnichannel, iSeller meluncurkan iSeller AI, asisten cerdas yang dibangun untuk merevolusi kegiatan operasional bisnis dengan wawasan mendalam, otomatisasi, dan rekomendasi yang dipersonalisasi.…

Telkom DigiUp 2024 merupakan bukti kontribusi nyata Telkom dalam meningkatkan peluang kerja para peserta di industri

Jumat, 11 Oktober 2024 - 16:07 WIB

Kembali Hadir! Telkom Ajak Pelajar Indonesia Kembangkan Talenta Digital Melalui Telkom DigiUP 2024

Mengutip pernyataan Kementerian Komunikasi dan Informatika disebutkan bahwa Indonesia saat ini membutuhkan setidaknya 9 juta talenta digital dalam menuju tranformasi digital. Menyadari kebutuhan…

VP Corporate Communication Telkom Andri Herawan Sasoko menerima penghargaan pada ajang Anugerah Media Humas (AMH) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI

Jumat, 11 Oktober 2024 - 16:01 WIB

Telkom Boyong 3 Penghargaan dalam Anugerah Media Humas (AMH) 2024

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali meraih penghargaan tingkat nasional di ajang Anugerah Media Humas (AMH) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika…

Ilustrasi Data Breach

Jumat, 11 Oktober 2024 - 14:56 WIB

Pelanggaran Data Karena AI Tingkatkan Kekhawatiran bagi Bisnis di Asia Pasifik

Cloudflare, Inc. (NET), perusahaan cloud konektivitas terkemuka, hari ini merilis studi baru yang berfokus pada keamanan siber di Asia Pasifik. Laporan yang berjudul “Navigating the New Security…

Perayaan ke-50 Henkel

Jumat, 11 Oktober 2024 - 14:50 WIB

Henkel Rayakan 50 Tahun Inovasi yang Berdampak pada Masyarakat di Indonesia

Henkel, pionir global dalam produk adhesive, sealant, dan functional coating, merayakan tahun ke-50 di Indonesia tahun ini. Dengan fondasi inovasi yang kuat, Henkel berkomitmen untuk terus mendorong…