SWA Apresiasi Pemilik Customer Experience Terbaik di Indonesia

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 25 Februari 2023 - 05:14 WIB

Para penerima apresiasi SWA
Para penerima apresiasi SWA

INDUSTRY.co.id-Jakarta- Dalam beberapa tahun kebelakang, customer experience menjadi kata kunci penting bagi pemilik merek untuk membangun loyalitas serta engagement pelanggan.

Dengan memberikan pengalaman yang positif dan menyenangkan maka akan tercipta loyalitas bagi para pelanggannya. Tidak hanya itu, pelanggan juga bisa menjadi evangelist bagi perusahaan untuk menyebarluaskan jasa dan produk kepada kerabat secara lebih luas. Melihat peran customer experience yang semakin krusial, SWA Media dan Business Digest  menyelenggarakan ajang penghargaan Indonesia Customer Experience Awards 2023 untuk mengapresiasi perusahaan dalam menjalankan customer experience di perusahaanya.

Survei ini dilakukan di 6 kota yakni Medan, Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya dan Makassar dengan metodologi wawancara face to face kepada 5000 pengguna merek yang merupakan user dari berbagai sektor produk dan jasa. Hasil survei tersebut didapat dengan menilai pengalaman responden terhadap merek yang pernah digunakan. Adapun acuan penilaian yang digunakan meliputi aspek kognitif, afektif, perilaku, dan sosial.

Acara puncak webinar sharing session hasil survei dilakukan secara online dengan mengangkat tema “The Power of Customer Experience in Driving Customer Engagement & Business Growth”. Pembicara handal pun dihadirkan untuk memberikan inspirasi best practice customer experience di bidangnya masing-masing yang mewakili produk dan jasa yang berbeda. Keempat narasumber yang disebut di awal adalah Dr. Rudy C Susilo, CEO KMN EyeCare; Dr. Rini Setiowati, MBA, Dean of Binus Business School Master Program; Utaminingsih Udjang, Vice President Transaction Banking Retail Sales PT Bank Mandiri (Persero), Tbk, dan Rudy Dalimunthe, SVP of Sales Operation and Product Tokopedia. Kemal E Gani, Group Chief Editor SWA Media Group menjelaskan bahwa memberikan service yang excellence kepada pelanggan adalah sesuatu yang tak bisa ditawar lagi.

Selain fokus pada peningkatan pengalaman pelanggan di setiap touch point yang dijelajahi, membangun user experience di aplikasi juga penting dilakukan. Sebab, perusahaan harus bisa menjembatani layanan offline dan online untuk meningkatkan customer experience di era kiwari. “Pelanggan sudah terbiasa dengan model hybrid service. Online dan offline sudah menjadi satu kesatuan sehingga customer journey harus prima dan seemless,” kata dia dalam webinar yang diselenggarakan Kamis (23/02/2023).

Selain itu, penggunaan big data juga harus dioptimalkan untuk memperoleh data pelanggan sehingga perusahaan bisa mengetahui lebih detail kebiasaan pelanggan. Kemal Gani melanjutkan, perusahaan juga harus mengembangkan layanan home service dan drive thru agar pengalaman yang didapat pelanggan bisa lebih luas dan beragam. Namun, layanan tersebut harus dikombinasikan dengan aplikasi sehingga pengisian formulir dan pembayaran bisa dilakukan secara digital. Hal ini tentu akan lebih mempermudah journey pelanggan.

“Penting juga untuk menghandle komplain dengan menyiapkan telekonsultasi dan chat di mobile dengan experience terbaik. Hal penting lain juga adalah memperbesar contact center,” ujarnya. Lebih jauh, dia memaparkan, konsumen bisa membeli produk dan jasa dengan loyal karena pengalaman customer experience yang dialami. Hal ini penting untuk menjaga engagement dan loyalitas pelanggan sehingga bisnis bisa terus berkelanjutan.

“Selamat kepada perusahaan yang sudah memperoleh skor yang tinggi dalam survei yang diselenggarakan di masing-masing kategori dan berhak memperoleh predikat Indonesia Customer Experience Awards 2023,” kata dia.

Berdasarkan hasil survei yang dikumpulkan, berikut beberapa perusahaan atau brand yang menerima penghargaan Indonesia Customer Experience Awards 2023. Mamikos, AXA Mandiri Financial Services, Manulife, Asuransi Perjalanan AXA (AXA Travel Insurance), Telkomsel, Telkomsel GraPARI, Telkomsel Orbit, OVO, BINUS BUSINESS SCHOOL, Modena, J&T Express, BNI Life Insurance (B-Life Link), Sasa, KMN EyeCare, OPPO, Dompet Dhuafa, Kopi ABC, Prodia, LM Antam, Indocafe Coffeemix, Kalla Toyota, Tokopedia, PHILIPS, Solaria, dan Mandiri e-money.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

kegiatan Safari Edukasi Origami Ramadan di Masjid Nurul Balad, Imogiri, Bantul, Yogyakarta

Selasa, 11 Maret 2025 - 18:02 WIB

Dompet Dhuafa Yogyakarta Gelar Safari Edukasi Origami Ramadan, Kurangi Candu Anak Pada Gawai

Sebagai rangka mengisi bulan suci Ramadan dengan kegiatan yang edukatif dan bermanfaat, pada Minggu, 9 Maret 2024, telah diselenggarakan kegiatan Safari Edukasi Origami Ramadan di Masjid Nurul…

FHQ An-Najm

Selasa, 11 Maret 2025 - 17:50 WIB

RJA Store Bersama Dompet Dhuafa Sulsel Salurkan Pakaian Syar’i untuk Muwajjih FHQ An-Najm

Forum Halaqoh Quran (FHQ) An-Najm Jeneponto menerima dengan penuh syukur penyaluran 30 paket pakaian syar’i kepada para Muwajjih. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Dompet Dhuafa…

Direktur Enterprise and Business Service Telkom FM Venusiana saat acara silaturahmi bersama beberapa pemimpin redaksi media di Jakarta

Selasa, 11 Maret 2025 - 17:44 WIB

Telkom Solution, Strategi Layanan Telkom Fokus pada Segmen B2B

Sebagai katalisator transformasi digital di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus menunjukkan perannya dalam menghadirkan solusi dan layanan digital inovatif yang mendukung…

Jakarta Premium Outlets

Selasa, 11 Maret 2025 - 17:32 WIB

Jakarta Premium Outlets Diharapkan Mampu Memberikan Pengalaman Berbelanja Kelas Dunia

Alam Sutera menyambut pembukaan Jakarta Premium Outlets, anak perusahaan dari Simon Genting Pte. Ltd., sebuah perusahaan joint venture antara Genting Plantations Berhad dan Simon®, dengan operasional…

Coklat ndalem UMKM binaan BRI

Selasa, 11 Maret 2025 - 17:22 WIB

Keberhasilan Cokelat Ndalem Jadi Bukti Nyata Keberpihakan BRI Terhadap UMKM

Konsistensi dalam inovasi dan ketahanan menghadapi tantangan menjadikan Cokelat Ndalem sebagai salah satu UMKM unggulan di industri cokelat lokal. Berawal dari kecintaan pada cokelat, fokus…