Penampilan Abaya yang Terkesan Mewah Karena Menggunakan 5 Jenis Bahan Kain Ini Loh!

Oleh : Hariyanto | Jumat, 28 Oktober 2022 - 11:31 WIB

Ilustrasi Abaya
Ilustrasi Abaya

INDUSTRY.co.id - Pada saat hari Raya Idul Fitri, Anda akan menemukan bahwa banyak orang terlebih orang Arab yang menggunakan pakaian ciri khas daerah mereka yakni abaya. Abaya merupakan pakaian yang dapat dikategorikan ke dalam jenis jubah hitam berlengan panjang akibat ukurannya yang sangat lebar dan tidak membentuk lekukan tubuh.

Kelahiran abaya merupakan sebuah solusi tradisi berpakaian di Mesopotamia yang mana kala itu diperintahkan bahwa untuk setiap wanitanya menutup aurat, sehingga lahirnya jenis pakaian yang satu ini sebagai pengganti pakaian lama mereka yang cenderung terbuka walaupun telah menggunakan penutup kepala. Abaya menjadi salah satu pakaian yang digemari banyak orang sebab selain pemakaiannya yang praktis, pakaian ini juga membuat tubuh secara pasti dapat tertutupi dengan baik tanpa memberikan ilusi lekukan pada tubuh para wanita.

Jika Anda berniat untuk membuat abaya dalam rangka digunakan pada hari Raya Idul Fitri nanti, maka Anda bisa menggunakan jenis-jenis kain di bawah ini untuk kualitas abaya yang terbaik!

1. Kain Maliky

Jenis kain pertama yang bisa Anda gunakan sebagai bahan kain untuk membuat abaya adalah kain Maliky. Kain ini merupakan kain dengan karakteristik yang matte atau doff, pekat, memiliki alur pada teksturnya, lembut, sedikit lentur, dan adem. Struktur serat pada kain ini terbilang unik, sedikit lentur, tetap, lembut, agak berat, tetapi tetap adem ketika digunakan. Karena memiliki sifat yang tidak mengkilap, kain Maliky merupakan bahan dengan warna yang paling hitam dan pekat dibandingkan jenis kain lainya. Jika Anda hendak membuat abaya yang bisa digunakan dalam kegiatan apapun, baik saat kondisi cuaca panas maupun dingin, maka bisa memilih jenis kain yang satu ini.

2. Kain Nida

Pada butik-butik ternama yang menjual pakaian abaya, biasanya digunakan jenis kain yang satu ini. Kain Nida kerap digunakan untuk membuat abaya modern. Jika dipegang, kain ini memiliki bobot yang ringan, tipis, lembut, namun agak licin, sehingga jika dilihat terdapat tampilan yang sedikit mengkilap pada kain ini. Abaya yang terbuat dari kain Nida sangat sesuai bila digunakan pada negara atau daerah yang memiliki iklim tropik akibat dari ringan dan tipisnya kain, kain ini juga tidak akan membuat badan terasa panas apabila Anda memakainya. Abaya yang terbuat dari kain ini terlihat lebih modern sebab kain Nida memiliki tampilan sedikit mengkilap apabila terkena cahaya. Akan memberikan kesan berkelas dan elegan juga kepada pemakainya.

3. Kain Lexus

Selanjutnya ada kain lexus. Kain lexus adalah kain yang terbilang sangat populer digunakan di negara Bahrain, Oman, Kuwait, Saudi Arabia, Qatar dan Uni Emirat Arab sebagai salah satu bahan pakaian. Kain Lexus merupakan sejenis kain arab yang memiliki karakteristik yang ringan, halus, elegan, sejuk dan nyaman apabila digunakan saat cuaca panas maupun cuaca dingin. Jika melihat dari segi tekstur kain, kain lexus sedikit mirip dengan kain woolpeach atau sejenisnya, sebab sama-sama memiliki bahan kain yang tidak licin dan matte finished, jadi warna yang terdapat pada kain seperti warna hitamnya, jauh lebih pekat. Jika digunakan sebagai bahan abaya, maka tampilan abaya Anda akan terkesan jatuh, anggun, empuk, dan juga lembut karena kain ini. Oh iya, kain ini juga memiliki keunggulan berupa tidak mudah kusam dan dapat menyerap debu putih sehingga tampilan elegannya tetap terjaga.

4. Kain Fursan

Jika hendak membuat abaya kelas menengah dengan kualitas super maka Anda bisa menggunakan jenis kain yang satu ini. Walau berada di kualitas super dan kelas menengah, kain ini memiliki tekstur benang yang sangat rapat. Perihal tekstur kain pun, pada permukaannya kainnya Anda akan merasakan bahwa kain ini memiliki tekstur yang halus. Kain ini lebih mengkilap dengan warna yang sedikit lebih terang dibandingkan bagian dalam kain. Sedangkan, pada permukaan dalamnya lebih gelap dibandingkan bagian luar. Kain ini menjadi salah satu kain yang banyak diminati sebab memiliki tekstur yang halus dan licin namun tidak melekat atau membentuk lekukan tubuh, sangat aman digunakan untuk abaya. Jika menggunakan kain ini pada pembuatan abaya Anda, maka Anda akan merasa keunggulan bahwa kain ini tidak mudah kusut, robek, kotor ataupun lecek.

5. Kain Hareer

Kain Hareer juga dikenal sebagai kain harir, satin arab, crystal satin atau crystal crepe. Kain Hareer menjadi salah satu bahan abaya yang masuk ke dalam kategori kain abaya yang terbaik, loh! Dibandingkan dengan jenis kain lainnya, kain Hareer memiliki kesan yang paling mewah, ekslusif, dan paling banyak digunakan oleh desainer dalam membuat abaya. Kain Hareer memiliki tampilan yang mengkilap namun tidak sama kilauannya dengan kain satin pada umumnya, dengan tampilan mengkilapnya tersebut membuat kain ini terlihat sangat eksklusif. Ketika digunakan pun kain ini memiliki kesan sejuk, lembut, halus, dan ringan. Tampilan warna hitamnya pun sangat pekat. Saking populer dan masuk ke dalam kategori bahan abaya terbaik, harga kain Hareer kebanyakan dibanderol dengan harga yang sangat tinggi.

Walaupun rata-rata kain di atas berasal dari negara asalnya yakni negara-negara Arab, tapi Anda tetap bisa melakukan pembelian melalui berbagai platform e-commerce, seperti Shopee contohnya. Manfaatkan metode pembayaran COD Cek Dulu. Dengan pengiriman ini, Anda bisa buka paket dan cek dulu, baru bayar pesanan. COD Cek Dulu berlaku khusus untuk alamat pengiriman Sumatera, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Kabupaten Karawang, Kalimantan, Bali, NTT, NTB, Maluku, & Sulawesi, ya!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Head of Portfolio Analytical Group PT Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat tengah memberikan paparan di kegiatan Goes to Campus yang bertajuk "Literasi Keuangan". Kegiatan tersebut berlangsung di Universitas Trisakti, Selasa (24/09/2024).

Jumat, 27 September 2024 - 17:52 WIB

Pahami Risiko Investasi, IFG Ajak Generasi Milenial dan Gen Z Kelola Keuangan dengan Bijak

Jakarta- Indonesia Financial Group (IFG), Holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi berkomitmen mendorong penguatan literasi finansial khususnya terkait investasi bagi milenial dan Gen…

Pipa Vinilon KRAH Berdiameter 3000mm Hingga 100 Tahun Pemakaian

Jumat, 27 September 2024 - 17:27 WIB

Dahsyat! Pipa Vinilon KRAH Berdiameter 3000mm Hingga 100 Tahun Pemakaian Turut Andil Memajukan Infrastruktur di Indonesia.

Vinilon Group adalah produsen dan distributor sistem perpipaan HDPE dan uPVC terbaik di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1963 dan berkomitmen penuh dalam menghasilkan produk pipa berkualitas tinggi…

Astragraphia Luncurkan Fujifilm Apeos C2450 S

Jumat, 27 September 2024 - 16:45 WIB

Astragraphia Luncurkan Printer Multifungsi Berwarna Fujifilm Apeos C2450 S

PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) melalui unit usaha Solusi Dokumen meluncurkan printer multifungsi A3 berwarna, Fujifilm Apeos C2450 S. Printer ini didesain untuk memenuhi kebutuhan modern…

Founder & Chairman ALETRA, Megusdyan Susanto

Jumat, 27 September 2024 - 16:14 WIB

Chairman ALETRA Beberkan Visi Besar Proyek Fasilitas R&D Center Mobil Listrik Pertamanya di Indonesia

ALETRA, merek mobil listrik hasil kerja sama antara PT Aletra Mobil Nusantara dan LIVAN Auto, anak perusahaan dari Geely Group, secara resmi memulai pembangunan pusat penelitian dan pengembangan…

Aset Holding BUMN Pangan Terus Tumbuh, ID FOOD Siap Eksekusi Sejumlah Program Strategis Ketahanan Pangan

Jumat, 27 September 2024 - 16:06 WIB

Aset Holding BUMN Pangan Terus Tumbuh, ID FOOD Siap Eksekusi Sejumlah Program Strategis Ketahanan Pangan

Jakarta – Langkah penguatan sektor pangan nasional perlu didukung keberadaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dapat diandalkan dalam menjalankan program-program ketahanan pangan pemerintah.…