Kosmetik Makin Meroket, Penjualan Mustika Ratu (MRAT) Naik 18 %
Oleh : Kormen Barus | Jumat, 02 September 2022 - 09:27 WIB
Ditengah Krisis, Produk Ini Tingkatkan Penjualan Bagi MRAT
INDUSTRY.co.id, Jakarta-PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) membukukan penjualan bersih sebesar Rp 166,9 miliar di sepanjang semester 1-2022.
Pertumbuhan positif ditunjukkan dengan penjualan yang meningkat. Produk personal care membukukan nilai penjualan sebesar Rp 147,4 miliar naik 11,4% dibanding semester 1-2021 senilai Rp 132,3 miliar. Kinerja positif juga ditunjukkan produk kosmetik yang mencatatkan penjualan senilai Rp 29,9 miliar atau naik 18,7% dibanding tahun lalu sebesar Rp 25,2 miliar.
Produk jamu dan minuman kesehatan yang menjadi salah satu produk andalan turut berkontribusi positif. Jamu dan minuman kesehatan menyumbang pendapatan bagi Perseroan senilai Rp 22,1 miliar atau naik 11,2% sebesar Rp 19,9 miliar dari periode semester 1-2021.
Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk Bingar Egidius Situmorang mengatakan ”Walau kondisi pasar belum sepenuhnya pulih, Perseroan telah mulai bergerak lebih agresif berinvestasi di kegiatan marketing dan consumer engagement agar bisa mengakselerasi pertumbuhan penjualan di semester 2 nanti. Investasi ini sedikit banyak berimbas pada laba perusahaan,” ujarnya.
Untuk memperkuat struktur permodalan, Perseroan berencana untuk melakukan divestasi aset berupa tanah. Hasil penjualan tersebut rencananya digunakan Perseroan untuk pengembangan produk baru, product upgrade, perluasan pasar ekspor dan mengoptimalkan peluang bisnis baru selain memperkuat supply chain dan organisasi perusahaan. Di tengah berbagai dinamika kondisi eksternal seperti inflasi hingga kendala pada supply chain global, kemampuan Perseroan dalam mengelola biaya operasional di tengah kondisi makro yang tidak menentu patut diapresiasi.
Untuk menjaga pertumbuhan penjualan di tahun 2022 ini dan rencana scale up Jejamu by Mustika Ratu, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) menjalin kerjasama dengan end to end healthcare company terbesar di Indonesia untuk perluasan outlet Jejamu di berbagai wilayah. Kerjasama diatas semakin meneguhkan eksistensi MRAT sebagai pionir dalam industri health and wellness di Indonesia.
“Mustika Ratu akan terus fokus mengembangkan pasar di bidang Health, Beauty and Wellness baik melalui multichannel distribution maupun kemitraan. Perseroan juga akan lebih agresif berinvestasi untuk pengembangan unit-unit business nya. Manajemen PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) terus memperluas jaringan kemitraan dengan berbagai pihak agar paska pandemi menjadi momentum peningkatan lonjakan penjualan di tahun 2022 ini,” pungkasnya.
Komentar Berita