Hingga Semester I-2022, BNC Catat Kenaikan Total Kredit Melonjak 84,2 Persen

Oleh : Hariyanto | Senin, 01 Agustus 2022 - 08:46 WIB

 Bank Neo Commerce
Bank Neo Commerce

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Bank Digital, PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) terus mencatatkan kemajuan kinerjanya yang tercermin dalam Laporan Keuangan Semester I tahun 2022. Setelah fokus pada investasi di tahun 2021 dalam proses transformasi, kini Bank Neo Commerce semakin agresif dalam melakukan pengembangan bisnis dan mencatatkan berbagai hasil yang meyakinkan.

Hingga semester I-2022, BNC berhasil mencatatkan kenaikan total kredit menjadi Rp7,0 Triliun atau naik sebesar 84,2% dibandingkan dengan posisi 30 Juni 2021 yang sebesar Rp3,8 triliun dan meningkat 62,8% dibandingkan posisi 31 Desember 2021 yang sebesar Rp4,3 triliun.

Penyaluran Kredit ini diantaranya dilakukan secara digital/online yang mana terbukti banyak diminati oleh masyarakat dan transaksi kredit melalui produk ini di kuartal II tahun 2022 meningkat cukup signifikan.

Kenaikan dari sisi Kredit ini turut menaikan pendapatan bunga bersih (NII) BNC menjadi Rp547,0 miliar atau naik sebesar 302% dibandingkan posisi 30 Juni 2021 yang sebesar Rp136,1 miliar dan naik sebesar 73,2% jika dibandingkan posisi 31 Desember 2021 yang sebesar Rp315,9 miliar. 

Disamping itu, pendapatan berbasis komisi (fee based income) BNC juga naik secara signifikan menjadi Rp176,1 miliar di Juni 2022 dari Rp 122,8 miliar pada Desember 2021 atau naik sebesar 973,8% jika dibandingkan posisi Juni 2021 yang sebesar Rp 16,4 miliar.

Pada semester 1 tahun 2022 BNC masih mencatatkan rugi Rp611,4 miliar. Namun kerugian BNC ini secara konsisten mengalami tren penurunan setiap bulannya, dimana kerugian yang tadinya mencapai Rp159,9 miliar pada Januari tahun 2022 terus mengalami penurunan, hingga akhirnya pada bulan Juni 2022, BNC dapat membukukan laba sebesar Rp5,6 miliar.

Biaya promosi di semester I 2022 yang sebesar Rp251,3 miliar, naik 139,8% apabila dibandingkan biaya promosi di Juni 2021 yang sebesar Rp104,8 miliar. BNC baru meluncurkan produk mobile banking (dengan nama neobank) di akhir Maret 2021, dan pengguna BNC posisi akhir Juni 2022 sudah mencapai 18,5 juta atau 9x lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah pengguna per Juni 2021 yang sebanyak 2 juta pengguna, sehingga untuk biaya-biaya berkenaan dengan operasional di semester 1 2021 tidak sebesar biaya di semester 1 2022.

Perkembangan baik lainnya adalah penurunan secara bertahap atas Rasio Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), dimana pada Desember 2021 di posisi 224,01%, turun menjadi 192,34% di Maret 2022 dan menjadi 156,75% pada Juni 2022. Tak hanya itu, rasio Net Interest Margin (NIM) pada Juni 2022 berhasil naik menjadi 10,16% dari 7,72% di Maret 2022 dan 5,15% pada posisi Desember 2021.

Selain itu, BNC juga mencatatkan berbagai pencapaian positif. Di sisi Aset juga naik cukup  signifikan, yaitu sebesar 104,6% dari Rp6,99 triliun di Juni 2021 menjadi Rp14,3 triliun di Juni 2022, atau peningkatan sebesar Rp3 triliun (26,6%) bila dibandingkan Aset di Desember 2021 sebesar Rp11,3 triliun.

Sedangkan dari sisi likuiditas, perolehan DPK di Juni 2022, meningkat 37,03% dibandingkan perolehan Desember 2021 dari Rp8,1 triliun menjadi Rp11,1 triliun. Hal ini membuktikan bahwa BNC semakin dipercaya oleh publik.

Direktur Utama Bank Neo Commerce, Tjandra Gunawan, mengatakan bahwa kinerja positif yang diraih oleh Bank Neo Commerce merupakan hasil dari semakin lengkapnya berbagai layanan dan fitur yang BNC hadirkan di aplikasi neobank.

“Setahun terakhir, kami secara konsisten terus menambah berbagai layanan dan fitur keuangan digital yang benar-benar bermanfaat dan digunakan nasabah BNC. Berbagai layanan ini juga yang berkontribusi pada peningkatan kinerja kami yang cukup signifikan di semester I tahun 2022 ini”, jelas Tjandra.

Terkait pencapaian kinerja hingga akhir tahun, Tjandra  kian optimis di semester II seiring dengan semakin lengkapnya fitur dan layanan unggulan yang BNC hadirkan di beberapa waktu ke depan, dengan demikian akan semakin banyak frekuensi transaksi nasabah hingga dapat mendongkrak kinerja BNC di semester II tahun ini.

"Dengan jumlah nasabah lebih dari 18,5 juta saat ini, BNC diuntungkan mendapatkan use case terbaik sehingga kami dapat lebih leluasa mendengarkan masukan dari nasabah akan produk layanan seperti apa yang mereka inginkan, dari situ kami berusaha mewujudkannya. Hal inilah yang menjadi resep terbaik mengapa berbagai layanan dan fitur kami langsung diminati oleh para nasabah”, tutup Tjandra.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Persiapan Jalan Tol Cibitung - Cilincing menyambut liburan Natal dan Tahun Baru

Rabu, 25 Desember 2024 - 15:08 WIB

Management Walkthough Persiapan Nataru JTCC

Jalan Tol Cibitung - Cilincing (JTCC) merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2), sudah beroperasi secara penuh dari tanggal 1 April 2023. PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways…

BMKG modifikasi cuaca dengan penyemaian garam NaCl superfine ke awan-awan potensial guna mengatur intensitas hujan sehingga tidak terkonsentrasi di wilayah rawan bencana.

Rabu, 25 Desember 2024 - 13:47 WIB

BMKG Gelar Operasi Modifikasi Cuaca untuk Mitigasi Bencana Hidrometeorologi di Libur Nataru

Operasi modifikasi cuaca digelar BMKG untuk mendukung kelancaran perayaan Nataru 2024 yang dilakukan secara bertahap di berbagai daerah.

Sebagai pengelola rest area, PT HK Realtindo berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama di saat volume kendaraan diperkirakan meningkat tajam selama libur Nataru ini.

Rabu, 25 Desember 2024 - 13:12 WIB

Sambut Libur Nataru, HK Realtindo Bersama Seluruh Stakeholder Siap Berikan Pelayanan Terbaik bagi Pengguna Jalan Tol Trans Sumatera

Menyambut momentum libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), PT HK Realtindo telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan tol yang singgah…

Sejumlah penghargaan yang diraih Sharp Indonesia

Rabu, 25 Desember 2024 - 10:50 WIB

Dahsyat! Sharp Indonesia Sukses Raih Prestasi Gemilang Sepanjang Tahun 2024

Tahun 2024 menjadi momen bersejarah bagi Sharp Indonesia. Selain berhasil meluncurkan sejumlah produk unggulan yang diterima dengan antusiasme tinggi oleh konsumen, Sharp juga berhasil meraih…

Sekjen Kemenperin, Eko

Rabu, 25 Desember 2024 - 10:30 WIB

Capai Tujuan Industri 4.0, Kemenperin Inisiasi Jakarta Digital Industrial Parkway

Sebagai kota metropolitan dan pusat bisnis Indonesia, Jakarta didominasi oleh kegiatan jasa, termasuk jasa industri digital. Dari Data Jasa Industri Digital di Kota Jakarta, terlihat setidaknya…