Bangun Embung, Kementerian PUPR Dukung Air Baku Pusat Persemaian Modern Mentawir untuk Penghijauan IKN Nusantara

Oleh : Hariyanto | Kamis, 23 Juni 2022 - 11:00 WIB

Desain pembangunan embung
Desain pembangunan embung

INDUSTRY.co.id - Samboja - Dalam Kunjungan Kerja di Kalimantan Timur, Presiden Joko Widodo dan Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau Pusat Persemaian Modern (Nursery Center) Mentawir di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (22/6/2022).

Dukungan prasarana air baku dilakukan Kementerian PUPR untuk memenuhi kebutuhan air bagi bibit-bibit pohon Pusat Persemaian Mentawir yang direncanakan untuk program rehabilitasi hutan di sekitar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hadir dalam kunjungan Presiden, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Gubernur Kaltim Isran Noor, dan sejumlah Pimpinan Redaksi (Pimred) Media Massa.

Presiden Jokowi mengatakan Pusat Persemaian Modern Mentawir dapat menghasilkan sekitar 12 juta bibit pohon per tahun yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk penghijauan kawasan IKN Nusantara. "Jadi konsepnya nanti kan kota di dalam hutan," kata Presiden Jokowi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Kementerian PUPR akan memberikan dukungan prasarana air baku untuk memenuhi kebutuhan air bagi bibit-bibit pohon dengan skala besar seperti yang telah dilakukan Kementerian PUPR di Pusat Persemaian Modern Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pemanfaatan air baku bagi bibit-bibit tanaman pada Pusat Persemaian Modern  Mentawir nantinya bersumber dari embung yang dibangun Kementerian PUPR dengan kapasitas tampung 160.000 m3 dan luas genangan 6,3 hektare. Embung direncanakan akan dibangun  kedalaman efektif 2,5 meter sehingga volume tampungan embung dapat dimanfaatkan kapasitas pengambilan 60 liter/detik.

Embung tersebut digunakan sebagai penyediaan air baku yang akan memanfaatkan Sungai Mandahan yang berlokasi di samping fasilitas persemaian dan memiliki kurang lebih lebar 5 m x 0,3 m dengan debit 225 liter/detik. Persemaian Mentawir terletak di Desa Mentawir Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur dengan luas kurang lebih 9 hektare dan kapasitas produksi bibit 15 juta/tahun. 

Turut hadir dalam tinjauan,  kunjungan kerja Menteri Basuki, Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Bendungan dan Danau Ditjen SDA Airlangga Mardjono, Kepala BBPJN Kalimantan Timur Junaidi, dan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan Timur Harya Muldanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden RI Joko Widodo Mengunjungi Booth MS GLOW di TEI 2024.

Minggu, 13 Oktober 2024 - 22:01 WIB

J99 Corp Pamer Pabrik Maklon dan Brand Kecantikan MS GLOW di TEI 2024, Presiden Jokowi Beri Dukungan

Pamerkan pablik maklon, Presiden Jokowi berinteraksi langsung dengan tim J99 Corp kasih dukungan dan semangat kepada perusahaan yang bertekad membawa brand lokal menuju pangsa pasar internasional.

serah terima unit apartemen Trans Icon Cibubur.

Minggu, 13 Oktober 2024 - 21:49 WIB

Peminat Apartemen Trans Icon Cibubur Terus Meningkat, 76 Persen Unit Telah Terjual

Penjualan unit di Apartemen Trans Icon yang terletak di kawasan Tanspark Cibubur, Kota Depok, telah mencapai 76 persen dari total 1.200 unit yang tersedia.

Umkm binaan BRI

Minggu, 13 Oktober 2024 - 20:51 WIB

Tumbuhkan Semangat Entrepreneurship Generasi Muda, BRI Kembali Gelar Program Pengusaha Muda BRILiaN 2024

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus menjalankan program-program pemberdayaan untuk terus menambah jumlah pengusaha muda di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat mendukung visi pemerintah…

Prof. Dr. Ir. Prudensius Maring, MA (ke 4 dari kiri) secara resmi ditetapkan sebagai Guru Besar/Profesor melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia pada tanggal 23 September 2024.

Minggu, 13 Oktober 2024 - 20:31 WIB

Hebat! Putra Desa Kloangpopot Maumere Flores, Prudensius Maring, Terima Jabatan Akademik Profesor

Jakarta-Prof. Dr. Ir. Prudensius Maring, MA secara resmi ditetapkan sebagai Guru Besar/Profesor melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia…

Ramaikan Surabaya International Jewellery Fair 2024, Hartadinata Abadi Pamerkan Koleksi Terbaru Ardore Jewellery yang Dihiasi dengan Kristal Spesial Swarovski

Minggu, 13 Oktober 2024 - 20:18 WIB

Ramaikan Surabaya International Jewellery Fair 2024, Hartadinata Abadi Pamerkan Koleksi Terbaru Ardore Jewellery

Surabaya– PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA), produsen emas batangan dan perhiasan terkemuka yang terintegrasi di Indonesia, memamerkan beberapa koleksi perhiasan baru Ardore® yang didesain…