PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) Gunakan Metode Fotogrametri Pantau Kondisi Fisik di Lapangan

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 11 Juni 2022 - 14:00 WIB

PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI)
PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) yakni PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) konsisten dalam penerapan pengunaan teknologi terbaru dalam pekerjaan di lapangan. Kini, HKI tengah menggunakan metode fotogrametri untuk membantu survey di lapangan dan memantau progres fisik pekerjaan di lapangan.

Penggunaan fotogrametri di HKI dimulai pada pertengahan tahun 2021. Dalam konteks survey awal kontur di lapangan, penggunaan fotogrametri mampu memangkas waktu survey manual yang mencapai hingga 9 jam per 1,5 km menjadi 1 jam per 1,5 km. Oleh karena itu, penggunaan

fotogrametri sangat efektif digunakan untuk membantu survey konvensional. Untuk penggunaan pemantauan progres sendiri, HKI telah mengandalkan fotogrametri di proyek Tol Bengkulu – Taba Penanjung yang kini telah rampung dibangun. Fotogrametri membantu menghadirkan kondisi fisik proyek Tol Bengkulu – Taba Penanjung terbaru secara 3D visual.

Guna memaksimalkan penggunaan fotogrametri, saat ini HKI tengah memusatkan penggunaan

fotogrametri di proyek Tol Binjai – Pangkalan Brandan. Rencananya, fotogrametri ini digunakan untuk menghitung volume timbunan tanah (subgrade) hingga top subgrade yang nantinya akan dikombinasikan dengan pengukuran konvensional untuk mendapatkan elevasi rencana.

“Saat ini, HKI memang tengah mencoba menerapkan fotogrametri dalam perhitungan volume timbunan tanah di Proyek Tol Binjai-Pangkalan Brandan. Metode fotogrametri ini tetap perlu disandingkan dengan cara pengukuran manual untuk memastikan akurasinya,” terang Direktur Operasi III HKI Selo Tjahjono.

Fotogrametri adalah sebuah metode survey secara digital dengan memanfaatkan foto udara dan aerial surveying yang mengacu pada ground control point, menggunakan drone dengan spesifikasi khusus. Metode ini dapat merepresentasikan bentuk, ukuran, dan posisi suatu benda pada koordinat ruang, dengan mengukur lintang, garis bujur, dan ketinggian. Hasil dari fotogrametri ini adalah 3D point cloud yang nantinya diolah menjadi digital elevation model (DEM) dan orthophoto, yakni foto udara yang telah dikoreksi secara geometris. DEM sendiri dapat digunakan untuk mendapatkan kontur eksisting dari pengukuran after clearing, sedangkan orthophoto dapat digunakan untuk membantu memvisualisasikan kondisi area yang sulit dijangkau dengan survey konvensional. Singkatnya, fotogrametri dapat menggambarkan topografi dan kondisi eksisting suatu wilayah.

Metode fotogrametri merupakan metode yang tidak terpisahkan dari Building Information Modelling (BIM). Hasil dari fotogrametri ini akan diolah dengan menggunakan perangkat lunak khusus dan menjadi data untuk pengolahan informasi lapangan di BIM.

Penggunaan BIM di HKI sendiri sudah mulai dirintis sejak tahun 2020. Selain BIM, HKI juga telah menerapkan penggunaan Enterprises Resources Planning (ERP) dengan platform SAP. Penggunaan teknologi merupakan langkah pasti HKI guna menjadi perusahaan konstruksi terintegrasi terkemuka di Indonesia.

Saat ini, HKI masih mengerjakan sejumlah seksi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), diantaranya Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 65 km, Tol Padang-Sicincin sepanjang 37 km, Tol Binjai-Pangkalan Brandan Zona 2-4 sepanjang 46 km, dan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 km.

Di tahun ini, HKI telah menyelesaikan Tol Binjai-Pangkalan Brandan (Binjai-Stabat) sepanjang 11,3 km dan juga Tol Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 17,6 km. Ruas JTTS lain yang telah dihadirkan HKI yakni Tol Palembang-Indralaya, Tol Medan-Binjai dan Tol Pekanbaru-Dumai. Ke depannya, HKI masih akan berfokus membangun infrastruktur khususnya jalan tol dan jembatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian PUPR Raih Predikat Terbaik Ke-II pada Ajang Anugerah Layanan Investasi 2024

Selasa, 01 Oktober 2024 - 11:35 WIB

Kementerian PUPR Raih Predikat Terbaik Ke-II pada Ajang Anugerah Layanan Investasi 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapat predikat Terbaik Ke-II Kategori Kementerian Negara/Lembaga atas Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Kinerja Percepatan Pelaksanaan…

Pemilik pabrik plafon PVC Indofon, Adit Setiawan dua dari kanan

Selasa, 01 Oktober 2024 - 11:05 WIB

Kolaborasi JCI Borobudur, Adit Setiawan Investasikan Dana 10 Miliar Bangun Pabrik Bricket Kualitas Ekspor di Kulonprogo

Pemilik pabrik plafon PVC Indofon, Adit Setiawan menggelontorkan dana senilai 10 miliar untuk membangun pabrik bricket berkualitas ekspor di Kabupaten Kulonprogo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisudawan Akbid di Lampung

Selasa, 01 Oktober 2024 - 10:56 WIB

Sudah Luluskan Seribu Lebih Mahasiswa, LLDikti Wilayah II Apresiasi Akbid Wira Buana Metro Lampung

Akademi Kebidanan (Akbid) Wira Buana Metro Lampung menggelar wisuda angkatan XX, bertempat di sebuah hotel di Lampung, Kamis (26/10).

Tol Laut (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 01 Oktober 2024 - 10:11 WIB

Beras Merauke dikirim ke Jawa, Bukti 10 Tahun Tol Laut Mampu Dongkrak Ekonomi Daerah

Jakarta, FMB9 - Program Tol Laut yang diinisiasi oleh pemerintah Indonesia tidak hanya berhasil menciptakan pemerataan distribusi logistik di wilayah Timur Indonesia, tetapi juga menjadi angin…

KADIN Indonesia

Selasa, 01 Oktober 2024 - 10:06 WIB

Viral, Sejumlah Kadin Provinsi Serempak Bikin Konten Tolak Munaslub

Jakarta – Perseteruan di tubuh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia semakin memanas. Setelah Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) menetapkan Anindya Bakrie sebagai Ketua Umum Kadin…