100 Ribu Buruh Rayakan May Day 2022 di Jakarta International Stadiun

Oleh : Herry Barus | Selasa, 26 April 2022 - 06:27 WIB

Ir. H. Said Iqbal, ME Presiden Partai Buruh
Ir. H. Said Iqbal, ME Presiden Partai Buruh

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Partai Buruh yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menegaskan bahwa pihaknya bermaksud menggunakan Jakarta International Stadiun (JIS) sebagai tempat perayaan May Day yang akan dihadiri 100 ribu buruh. Pernyataan ini disampaikan Said Iqbal menanggapi beberapa pihak yang menolak JIS digunakan untuk kegiatan buruh.

“Kepada Wagub dan anggota DPR dari 2 fraksi yang suda berbicara di media menolak penggunaan JIS oleh buruh, saya ingin jelaskan, bahwa JIS digunakan buruh sebagai tempat perayaan atau festival memperingati May Day” kata Said Iqbal.

“Jadi bukan sebagai tempat aksi,” tegasnya. Menurutnya, pada tanggal 14 Mei tersebut, buruh akan menggelar aksi di DPR RI. Setelah aksi, barulah mereka mengadakan perayaan May Day di JIS.

Said Iqbal menyindir, anggota DPRD DKI dari 2 fraksi yang menolak penggunaan JIS untuk perayaan May Day kurang informasi dan kurang pergaulan. “Kalau hahasa anak mudanya, kuper.”

KSPI biasa menggunakan Gelora Bung Karno, Istora Senayan, bahkan Sport Mall Kelapa Gading untuk kegiatan buruh. Jadi apa salahnya jika kali ini bermaksud menggunakan JIS? Apalagi fungsi stadion digunakan sebagai tempat kegiatan yang melibatkan massa besar.

“Selain pertandingan sepak bola, peruntukan stadion bisa digunakan sebagai konser musik, festival, maupun pertemuan akbar yang lain,” kata Said Iqbal.

Terlabih lagi, kata Said Iqbal, buruh akan membayar biaya sewa dan uang jaminan jika ada kerusakan terhadap stadion yang digunakan. Buruh tidak bermaksud menggunakan JIS secara gratis.

“Darimana Partai Buruh dan organ serikat buruh punya uang? Kami iuran. Sudah biasa kami membayar setiap kegiatan serikat dari iuran. Kenapa kebakaran jenggot?”

“Kok ketakutan. Kok sensitif dengan kegiatan buruh. Jangan-janganb khawatir DKI akan menjadi kemenangannya partai buruh,” katanya.

Iqbal menambahkan, “Partai Buruh basis konstituennya buruh. Dan Jakarta memang basis buruh, miskin kota, dan kaum urban; yang menjadi basis konstituen kaum buruh. Apa karena itu mereka ketakutan Partai Buruh akan menang di DKI?

Ditegaskan kembali, pada tanggal 14 Mei perayaan May Day akan diawali dengan aksi di depan DPR dengan peserta 100 ribu orang. Setelah aksi, buruh akan mengadakan perayaan atau festival. Kegiatannya adalah orasi, pentas seni, sambutan dari Partai Buruh dari berbagai negara, hingga live stream dengan kawan-kawan yang juga melakukan perayaan di daerah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mersi boru Silalahi (memegang mikrofon), menangis sedih, menceritakan kisah traumatik atas penangkapan Thomson Ambarita, suaminya, saat jumpa pers di Kantor PGI Jakarta, Rabu (11/9/2024). Thomson bersama 4 masyarakat adat Lamtoras Sihaporas ditangkap personel Polres Simalungun Senin (22/7/2024) pukul 03.00 dinihari atas konflik agraria/tenurial. Mersi bersama pegiat masyarakat adat sudah 15 hari di Jakarta untuk mencari keadilan.

Rabu, 11 September 2024 - 20:53 WIB

Suami Ditangkap Polisi Kali Kedua, Mersi Silalahi Tinggalkan 5 Anak demi Mencari Keadilan di Jakarta

Jakarta-Suara Mersi boru Silalahi (40 tahun), bergetar. Kata-kata tetiba berhenti meluncur dari mulutnya. Air tampak berlinang di matanya. Ia teringat akan lima anaknya, empat di antaranya masih…

Perusahaan Afiliasi INOV

Rabu, 11 September 2024 - 20:35 WIB

Ini Strategi PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV) Pertahankan Kinerja di Paruh Kedua 2024

PT Inocycle Technology Group Tbk ("INOV:IJ"), perusahaan daur ulang limbah PET terkemuka dan terbesar di Indonesia mengukuhkan komitmen mereka untuk mempertahankan kestabilan kinerja mereka…

Ilutrasi Tambang Pasir (ist)

Rabu, 11 September 2024 - 20:28 WIB

Sah! Kemendag Revisi Permendag Ekspor tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut

Kementerian Perdagangan mengimplementasikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut serta tindak lanjut dari usulan Kementerian Kelautan dan…

Menkes Budi Apresiasi PT Biofarma Berhasil Memproduksi Radiofarmaka

Rabu, 11 September 2024 - 20:20 WIB

Menkes Budi Apresiasi PT Biofarma Berhasil Memproduksi Radiofarmaka

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi PT Biofarma yang telah berhasil memproduksi radiofarmaka. Radiofarmaka adalah bahan yang digunakan untuk mendeteksi penyebaran kanker dalam…

Ilustrasi lelang properti

Rabu, 11 September 2024 - 20:13 WIB

Mudah dan Terjangkau ! Bank Mandiri Sekarang Tawarkan Properti Lelang di Rumah123

Bank Mandiri kembali menegaskan komitmennya dalam menghadirkan layanan yang adaptif dan solutif kepada masyarakat. Terbaru, Bank Mandiri menjalin kerjasama dengan Rumah123, salah satu portal…