KedaiMart Gandeng Waste4Change & Rapel Luncurkan Kampanye Sampah Menjadi Beras

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 23 April 2022 - 10:00 WIB

KedaiMart Gandeng Waste4Change & Rapel Luncurkan Kampanye Sampah Menjadi Beras
KedaiMart Gandeng Waste4Change & Rapel Luncurkan Kampanye Sampah Menjadi Beras

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT Kedai Sayur Indonesia, perusahaan agribusiness enabler di bawah Triputra Group, berkomitmen untuk membantu pengurangan sampah melalui kerjasama dengan platform pengelola sampah digital yaitu Waste4Change dan Rapel. Melalui kolaborasi ini, KedaiMart meluncurkan kampanye “Restorasi Nasi, Setor Sampah Bisa Donasi Beras” dimana setiap 1 kg sampah akan ditukar dengan 1 kg beras. Kolaborasi ini juga merupakan salah satu upaya KedaiMart menuju zero waste e-grocery platform di Indonesia.

Adrian Hernanto selaku CEO PT Kedai Sayur Indonesia mengungkapkan, “Dengan adanya kolaborasi ini kami berharap dapat menjadi awal yang baik dalam mewujudkan kerja sama yang lebih luas lagi, terutama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dan industri demi menanamkan nilai-nilai pentingnya waste management and solution di sektor industri dan juga di tingkat rumah tangga dan komunitas. Selain itu, melalui kerja sama ini juga dapat menonjolkan perbaikan di industri pangan online dan ekosistem pertanian yang akan berdampak baik pada lingkungan melalui pengumpulan sampah yang kami lakukan dan juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.”

Dalam kerja sama ini, KedaiMart akan berperan sebagai penyelenggara dan penyedia sehingga 10 ton beras yang akan dibagikan mulai April 2022. Sementara Waste4Change berperan sebagai rekan penyedia platform pengumpulan sampah terpilah melalui layanan Send Your Waste (SYW) yang menerima sampah terutama di DKI Jakarta

Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Untuk mengoptimalkan pengumpulan sampah di titik wilayah Jawa Tengah dan sebagian Tangerang Selatan, Rapel juga akan membantu sebagai wadah penyetoran sampah untuk ditukarkan menjadi beras.

Adrian menambahkan, penukaran sampah menjadi beras dapat di lakukan dengan beberapa cara, yakni sampah dapat ditukarkan secara fisik di tempat yang sudah ditentukan atau secara pengiriman online melalui sistem “Send Your Waste” yang dapat ditemukan di situs Waste4Change (w4c.id/SYW). Dengan kedua cara tersebut, masyarakat dapat mengirimkan sampah anorganik mereka untuk ditukar menjadi beras yang akan didonasikan kepada komunitas-komunitas yang membutuhkan seperti Yayasan, Pesantren, Gereja, Vihara dan lain-lain.

Mohamad Bijaksana Junerosano, CEO Waste4Change menerangkan “Tujuan dari program Send Your Waste dari Waste4Change adalah membantu masyarakat mendaur ulang sampah anorganik mereka dan mengedukasi masyarakat untuk memilah sampah dari sumber. Sejak awal diinisiasi hingga kini, Send Your Waste Waste4Change telah berhasil menerima lebih dari 31.000 kg sampah. Kami berharap kerja sama bersama Kedaimart dalam kampanye Restorasi Nasi ini mampu meningkatkan partisipasi publik dalam menjaga kesejahteraan bersama, salah satunya dengan mengelola sampah dengan bertanggung jawab.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Stan peserta yang berada dalam Paviliun Indonesia pada pameran International Construction Week (ICW) & BuildXpo Malaysia 2024

Selasa, 05 November 2024 - 22:45 WIB

Perluas Pasar Ekspor, Kemenperin Boyong Lima Industri Logam Pamer Ketangguhan di Malaysia

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) aktif memperkenalkan kemampuan industri dalam negeri melalui berbagai ajang tingkat internasional. Dalam hal ini, Kemenperin memfasilitasi lima industri…

Fasilitas PLTS rooftop KCE

Selasa, 05 November 2024 - 22:35 WIB

KCE Komitmen Dorong Penyediaan EBT yang Andal Wujudkan Energi Bersih di Indonesia

PT Krakatau Chandra Energi (KCE) secara resmi meluncurkan kampanye 'Energizing Growth with Renewable Energy'. Kampanye ini sebagai upaya untuk mendorong kolaborasi strategis dalam energi baru…

Peluncuran Affinity Card Kami x CIMB Niaga Syariah.

Selasa, 05 November 2024 - 22:03 WIB

Kami dan CIMB Niaga Syariah Luncurkan Affinity Card

Kolaborasi Kami dengan CIMB Niaga Syariah melalui Affinity Card memperkuat posisi Kami sebagai jenama fesyen yang terus berinovasi demi mendukung gaya hidup modern bagi perempuan.

Bank Mandiri latih Pekerja Migran Indonesia di Jepang

Selasa, 05 November 2024 - 22:02 WIB

Dorong Kemandirian Finansial PMI, Bank Mandiri Perluas Program Mandiri Sahabatku ke Jepang

Bank Mandiri memperkuat komitmennya dalam mendorong ekonomi kerakyatan dengan mengoptimalkan pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Guna memperluas penerima manfaat program Mandiri Sahabatku,…

SMBC Indonesia berkolaborasi dengan Yayasan Guru Belajar (YGB) melalui program “Guru Kreatif Cerdas Finansial” untuk memberikan pelatihan digital ke lebih dari 9.000 guru.

Selasa, 05 November 2024 - 21:26 WIB

SMBC Indonesia Cetak Kinerja Positif Januari-September 2024

Dalam laporan keuangan konsolidasinya, SMBC Indonesia mencatat kenaikan pendapatan operasional sebesar 24% year-on-year (yoy) menjadi Rp12,97 triliun pada periode Januari-September 2024.