KedaiMart Gandeng Waste4Change & Rapel Luncurkan Kampanye Sampah Menjadi Beras

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 23 April 2022 - 10:00 WIB

KedaiMart Gandeng Waste4Change & Rapel Luncurkan Kampanye Sampah Menjadi Beras
KedaiMart Gandeng Waste4Change & Rapel Luncurkan Kampanye Sampah Menjadi Beras

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT Kedai Sayur Indonesia, perusahaan agribusiness enabler di bawah Triputra Group, berkomitmen untuk membantu pengurangan sampah melalui kerjasama dengan platform pengelola sampah digital yaitu Waste4Change dan Rapel. Melalui kolaborasi ini, KedaiMart meluncurkan kampanye “Restorasi Nasi, Setor Sampah Bisa Donasi Beras” dimana setiap 1 kg sampah akan ditukar dengan 1 kg beras. Kolaborasi ini juga merupakan salah satu upaya KedaiMart menuju zero waste e-grocery platform di Indonesia.

Adrian Hernanto selaku CEO PT Kedai Sayur Indonesia mengungkapkan, “Dengan adanya kolaborasi ini kami berharap dapat menjadi awal yang baik dalam mewujudkan kerja sama yang lebih luas lagi, terutama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dan industri demi menanamkan nilai-nilai pentingnya waste management and solution di sektor industri dan juga di tingkat rumah tangga dan komunitas. Selain itu, melalui kerja sama ini juga dapat menonjolkan perbaikan di industri pangan online dan ekosistem pertanian yang akan berdampak baik pada lingkungan melalui pengumpulan sampah yang kami lakukan dan juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.”

Dalam kerja sama ini, KedaiMart akan berperan sebagai penyelenggara dan penyedia sehingga 10 ton beras yang akan dibagikan mulai April 2022. Sementara Waste4Change berperan sebagai rekan penyedia platform pengumpulan sampah terpilah melalui layanan Send Your Waste (SYW) yang menerima sampah terutama di DKI Jakarta

Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Untuk mengoptimalkan pengumpulan sampah di titik wilayah Jawa Tengah dan sebagian Tangerang Selatan, Rapel juga akan membantu sebagai wadah penyetoran sampah untuk ditukarkan menjadi beras.

Adrian menambahkan, penukaran sampah menjadi beras dapat di lakukan dengan beberapa cara, yakni sampah dapat ditukarkan secara fisik di tempat yang sudah ditentukan atau secara pengiriman online melalui sistem “Send Your Waste” yang dapat ditemukan di situs Waste4Change (w4c.id/SYW). Dengan kedua cara tersebut, masyarakat dapat mengirimkan sampah anorganik mereka untuk ditukar menjadi beras yang akan didonasikan kepada komunitas-komunitas yang membutuhkan seperti Yayasan, Pesantren, Gereja, Vihara dan lain-lain.

Mohamad Bijaksana Junerosano, CEO Waste4Change menerangkan “Tujuan dari program Send Your Waste dari Waste4Change adalah membantu masyarakat mendaur ulang sampah anorganik mereka dan mengedukasi masyarakat untuk memilah sampah dari sumber. Sejak awal diinisiasi hingga kini, Send Your Waste Waste4Change telah berhasil menerima lebih dari 31.000 kg sampah. Kami berharap kerja sama bersama Kedaimart dalam kampanye Restorasi Nasi ini mampu meningkatkan partisipasi publik dalam menjaga kesejahteraan bersama, salah satunya dengan mengelola sampah dengan bertanggung jawab.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI Gelar Hari Ibu

Minggu, 22 Desember 2024 - 19:58 WIB

Peringati Hari Ibu, BRI Peduli Salurkan Bantuan ke Kelompok Usaha Wanita di Yogyakarta

Terdapat banyak cara yang dilakukan dalam memaknai Hari Ibu yang dirayakan setiap tanggal 22 Desember. Dalam memeriahkan Hari Ibu, BRI Peduli selaku payung dari program Tanggung Jawab Sosial…

Mitsubishi Xpander

Minggu, 22 Desember 2024 - 18:35 WIB

Dukung Loyalitas Konsumen, Mitsubishi Luncurkan Program Rainy Campaign dan Kilau Tahun Baru

Menyambut musim hujan di akhir tahun 2024, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali meluncurkan program layanan purna jual bertajuk “Rainy Campaign” dan “Kilau…

Mitsubishi Xforce Ultimate with Diamond Sense (Ultimate DS)

Minggu, 22 Desember 2024 - 18:33 WIB

Tampil Menawan, Mitsubishi XForce Kini Dilengkapi Segudang Fitur Keselamatan

PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan varian terbaru dari model Mitsubishi XForce yaitu, Mitsubishi Xforce Ultimate with Diamond Sense (Ultimate DS) di ajang…

nama Hafferson Manurung sebagai Managing Director menjadi sorotan utama. Ia telah memimpin perusahaan menuju era baru kesuksesan di dunia teknologi.

Minggu, 22 Desember 2024 - 15:07 WIB

Hafferson Manurung, Arsitek Dibalik Kesuksesan NTT DATA Business Solutions Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir, NTT DATA Business Solutions Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang spektakuler, memperluas jaringan pelanggan hingga ratusan perusahaan lintas industri. Di balik…

Gerbang Tol Padang Tiji - Seulimeum

Minggu, 22 Desember 2024 - 13:41 WIB

Hutama Karya Catatkan Lonjakan Trafik Kendaraan di Jalan Tol Trans Sumatera Selama Libur Nataru

Selama puncak Libur Nataru 2024/2025, PT Hutama Karya (Persero) mencatatkan lonjakan signifikan pada volume lalu lintas kendaraan di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Pada periode 20-22 Desember…