Diageo dan BRITCHAM Mulai Kerjasama Program Learning for Life di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 19 Februari 2022 - 14:18 WIB

Diageo dan BRITCHAM Mulai Kerjasama Program Learning for Life di Indonesia
Diageo dan BRITCHAM Mulai Kerjasama Program Learning for Life di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Diageo Indonesia dan Kamar Dagang Britania Raya Indonesia (BRITCHAM Indonesia) memulai kerjasama pelaksanaan program Learning for Life di Indonesia. Program Learning for Life adalah bagian dari komitmen Society 2030, yaitu rencana 10 tahun Diageo untuk menciptakan dunia yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Melalui Learning for Life, Diageo mendukung para pekerja di berbagai negara dalam mengasah keterampilan dan meningkatkan kesempatan kerja.

“Setiap negara di dunia telah menderita dan akan bersaing ketat untuk mendapatkan kembali pangsa pasar pariwisata global. Kita harus bisa bersaing dan menjadi lebih baik termasuk dari segi kreativitas dan keunggulan. Saya senang mendapat kesempatan ini dan menyambut inisiatif Diageo dan British Chamber," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang dikutip INDUSTRY.co.id, Sabtu (19/2/2022).

Sandi mengatakan, Learning for Life merupakan sebuah hal yang mengesankan. Pertama-tama, karena target dari program ini adalah orang dewasa muda yang telah diberhentikan dari industri pelayanan dan perhotelan. Kedua, mengetahui tujuan dari program ini yaitu meningkatkan standar pelayanan dan keterampilan. Dan ketiga, program ini memberikan pemahaman kritis yang lebih baik tentang bagaimana bisnis pelayanan dan perhotelan bekerja.

"Kesempatan yang fantastis ini, juga kemitraan antara Diageo dan British Chamber, sangat penting bagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Saat kita pulih, kita perlu membangun kembali hubungan pariwisata dengan Inggris. Learning for Life, program peningkatan keterampilan belajar yang dilaksanakan oleh merek Inggris, merupakan hal yang tepat karena akan menarik perhatian publik Inggris. Selain memberikan dukungan, saya juga ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk berkirim pesan kepada warga Inggris bahwa kami siap dan bersemangat untuk menyambut Anda kembali mengunjungi pesona Indonesia," imbuh Sandi.

Fokus Learning for Life dalam memberi pelatihan kepada tenaga kerja di bidang pariwisata dan hospitality sejalan dengan rencana besar Diageo. Pada tahun 2030 Diageo menargetkan dapat membantu 1,5 juta orang yang bekerja di industri pariwisata dan pelayanan (hospitality) di seluruh dunia. Hingga 2021, Diageo telah menjalankan program Learning for Life dan melakukan berbagai inisiatif pelatihan ketrampilan bagi lebih dari 200,000 pekerja di seluruh dunia.

“Diageo terus berkontribusi aktif pada industri dimana kami berbisnis, yakni pariwisata dan pelayanan. Di tengah pandemi yang dihadapi oleh semua bangsa di dunia, Diageo ingin memberikan bekal hidup yang bermanfaat bagi para pekerja di sektor ini. Pelatihan Learning for Life akan memfokuskan pada ketrampilan-ketrampilan yang dapat digunakan oleh anak muda. Ketrampilan ini membuka akses diterima bekerja atau menjadi wirausaha dan mendapatkan pendapatan yang lebih baik,” sambut Direktur Corporate Relation Diageo Indonesia Dendy A. Borman.

“Kami sangat antusias menyambut kerjasama ini. Kami sangat menghargai semangat Diageo yang membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pekerja Indonesia dalam mengelola industri pariwisata dan pelayanan,” ungkap Executive Director BRITCHAM Indonesia Chris Wren.

Diageo bermitra dengan BRITCHAM untuk memfasilitasi pelatihan dan menyampaikan praktik-praktif terbaik tentang ketrampilan dasar yang perlu dikuasai pekerja agar bisa mengidentifikasi kesempatan bekerja dengan penghasilan yang baik, terutama di tengah pandemi yang penuh tantangan.

Program Learning for Life akan memfasilitasi pelatihan bagi 200 pekerja di sektor pariwisata dan hospitality, dengan fokus pelatihan pada penguasaan Bahasa Inggris serta bisnis dan akunting. Kesempatan ini akan diberikan kepada mereka yang baru saja lulus sekolah (kejuruan) dan para pekerja junior dengan masa kerja kurang dari 24 bulan yang terdampak PHK karena pandemi.

Selain memberikan pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan di industri pariwisata dan pelayanan, Diageo Indonesia and BritCham Indonesia juga merencanakan program sertifikasi ketrampilan dan peluang penempatan kerja. Program Learning for Life akan berlangsung di Jakarta dan sekitarnya pada Februari - Mei 2022.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT ESSA Industries Indonesia Tbk (ESSA)

Kamis, 26 Desember 2024 - 17:34 WIB

ESSA Siapkan Pembangunan Fasilitas Manufaktur Sustainable Aviation Fuel (SAF)

Emiten yang bergerak di bidang Energi dan Kimia melalui kilang LPG dan pabrik Amoniak, PT ESSA Industries Indonesia Tbk (ESSA) mengumumkan langkahnya dalam merambah bisnis produksi Sustainable…

Wamenekraf Irene Umar saat meresmikan Game Corners di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Selasa (24/12/2024).

Kamis, 26 Desember 2024 - 16:27 WIB

Diresmikan Wamenekraf: Game Corner Terminal 3 Bandara Soetta Siap Promosikan Karya Kreatif Lokal

Wakil Menteri Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Ekonomi Kreatif (Wamenekraf/Wakabekraf), Irene Umar, mengatakan Game Corners di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, diresmikan dan…

Gerbang Tol Kayu Agung

Kamis, 26 Desember 2024 - 16:13 WIB

Informasi Terkini Volume Lalu Lintas Selama Libur Nataru di Jalan Tol Trans Sumatera

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) terus memantau perkembangan Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) selama Libur Nataru 2024/2025.

TRIS

Kamis, 26 Desember 2024 - 15:50 WIB

Lima Dekade Trisula Group Merajut Reputasi di Industri Tekstil

Industri tekstil dan garmen di Indonesia menghadapi berbagai tantangan berat. Persaingan yang semakin ketat dengan produk impor, tekanan biaya produksi, serta fluktuasi pasar menjadi ancaman…

Jakarta

Kamis, 26 Desember 2024 - 15:32 WIB

Tahun Baru Jadi Momen Puncak, Jakarta dan Jawa Barat Puncaki Daftar Pemesanan

Perusahaan teknologi perhotelan, OYO telah merilis laporan tren perjalanan tahunan, OYO Travelopedia Indonesia 2024, yang mengungkap pola dan preferensi perjalanan teratas dari wisatawan Indonesia…