Kolaborasi Transporta dan OLI Dorong Digitalisasi Industri Logistik di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Kamis, 30 Desember 2021 - 12:07 WIB

Penandatanganan kerja sama Transporta dan OLI
Penandatanganan kerja sama Transporta dan OLI

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Transporta, startup teknologi di sektor manajemen transportasi, berkolaborasi dengan Operator Logistik Indonesia (OLI) untuk meningkatkan daya saing pelaku usaha distribusi barang di Indonesia.

Co-Founder dan COO Transporta Emma Hartono mengatakan, digitalisasi merupakan realitas yang tidak dapat dihindari oleh para pelaku industri. Kemajuan sektor teknologi saat ini membuat semua pebisnis mentransformasi bisnisnya ke sektor digital agar dapat meningkatkan daya saing dengan menjangkau target pasar secara lebih masif. Peluang sektor logistik di Indonesia juga semakin besar, terutama setelah terjadinya pandemi COVID-19.

Hal itu karena pandemi telah mengubah perilaku orang dalam bertransaksi dengan lebih banyak berbelanja secara online yang membutuhkan sektor logistik untuk pengiriman barang.  Kolaborasi Transporta dengan OLI ini juga dilakukan di tengah tantangan agar para pelaku usaha di sektor logistik bisa lebih mengoptimalkan peluang yang muncul dari aspek digital.

“Kolaborasi ini juga mewakili visi Transporta dalam mendorong efisiensi manajemen transportasi berbasis digital di Indonesia. Saat ini, Transporta juga sedang membangun jaringan usaha, salah satunya melalui kerja sama dengan OLI yang keanggotaannya cukup besar di Indonesia. Kami meyakini bahwa kombinasi antara literasi digital yang sedang kami jalankan dengan jejaring yang luas akan memberikan economic multiplier effect, sehingga menjadi suatu konsep economic sharing yang memberikan dampak bagi seluruh pelaku industri logistik di Indonesia,” ujar Emma yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (30/12/2021).

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (memorandum of understanding) antara Transporta dan OLI di Jakarta, pada Jumat, 17 Desember 2021, dalam acara Kopdar Logistik 2021. Melalui kolaborasi ini, Transporta dan OLI bisa menjadi lokomotif dari transformasi digital di sektor logistik Indonesia dalam meningkatkan daya saing pelaku industri, khususnya pelaku usaha kecil dan menengah.

Berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, pengguna internet di Indonesia saat ini sudah mencapai 202 juta orang dengan nilai ekonomi digital mencapai USD 45 Miliar atau setara Rp 632 triliun. Angka itu diperkirakan akan terus tumbuh hingga Rp 1.700 triliun pada 2025 mendatang. Data itu menunjukan bahwa Indonesia akan menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Arus barang sejak pandemi pada 2020 juga terus meningkat hingga 40% pada 2021 ini.

Menurut Ketua Umum OLI Bayu Tranggono, kebutuhan digitalalisasi sektor logistik di Indonesia merupakan aspek krusial dalam meningkatkan skalabilitas para pelaku usaha. Hal itu tidak lain karena pelaku usaha logistik kecil dan menengah di Indonesia masih mengandalkan operasional bisnis secara manual. Sekitar 85% dari anggota komunitas OLI juga tercatat masih melakukan pencatatan secara manual, baik dalam hal pemesanan, pelacakan, hingga proses pembayaran.

Kolaborasi ini juga diharapkan mampu menjawab tantangan bisnis ke depan di mana biaya logistik yang tinggi bisa menjadi lebih efisien dengan pemanfaatan teknologi dan otomatisasi. Efisiensi sektor logistik ini juga diharapkan mampu menghasilkan efek domino pada meningkatnya daya beli masyarakat sehingga bisa mempercepat program pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi.

“Kami senang bisa berkolaborasi dengan Transporta dan hal ini menunjukan tekad kami untuk mengoptimalkan teknologi karena memang digitalisasi ini sudah menjadi kebutuhan. Intervensi digital ini krusial dalam proses otomatisasi karena tentu akan meningkatkan akuntabilitas dan efisiensi secara operasional,” ujar Bayu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI Gelar Hari Ibu

Minggu, 22 Desember 2024 - 19:58 WIB

Peringati Hari Ibu, BRI Peduli Salurkan Bantuan ke Kelompok Usaha Wanita di Yogyakarta

Terdapat banyak cara yang dilakukan dalam memaknai Hari Ibu yang dirayakan setiap tanggal 22 Desember. Dalam memeriahkan Hari Ibu, BRI Peduli selaku payung dari program Tanggung Jawab Sosial…

Mitsubishi Xpander

Minggu, 22 Desember 2024 - 18:35 WIB

Dukung Loyalitas Konsumen, Mitsubishi Luncurkan Program Rainy Campaign dan Kilau Tahun Baru

Menyambut musim hujan di akhir tahun 2024, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali meluncurkan program layanan purna jual bertajuk “Rainy Campaign” dan “Kilau…

Mitsubishi Xforce Ultimate with Diamond Sense (Ultimate DS)

Minggu, 22 Desember 2024 - 18:33 WIB

Tampil Menawan, Mitsubishi XForce Kini Dilengkapi Segudang Fitur Keselamatan

PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan varian terbaru dari model Mitsubishi XForce yaitu, Mitsubishi Xforce Ultimate with Diamond Sense (Ultimate DS) di ajang…

nama Hafferson Manurung sebagai Managing Director menjadi sorotan utama. Ia telah memimpin perusahaan menuju era baru kesuksesan di dunia teknologi.

Minggu, 22 Desember 2024 - 15:07 WIB

Hafferson Manurung, Arsitek Dibalik Kesuksesan NTT DATA Business Solutions Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir, NTT DATA Business Solutions Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang spektakuler, memperluas jaringan pelanggan hingga ratusan perusahaan lintas industri. Di balik…

Gerbang Tol Padang Tiji - Seulimeum

Minggu, 22 Desember 2024 - 13:41 WIB

Hutama Karya Catatkan Lonjakan Trafik Kendaraan di Jalan Tol Trans Sumatera Selama Libur Nataru

Selama puncak Libur Nataru 2024/2025, PT Hutama Karya (Persero) mencatatkan lonjakan signifikan pada volume lalu lintas kendaraan di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Pada periode 20-22 Desember…