IndonesiaHub.com Bersama Belasan Platform Digital Ekspor Bentuk Asosiasi Ekspor

Oleh : Hariyanto | Jumat, 25 Juni 2021 - 17:23 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan ekspor Indonesia, IndonesiaHub.com bersama belasan platform digital ekspor lainnya sepakat mendirikan sebuah wadah komunikasi bersama yang bernama Asosiasi Platform Digital Ekspor Indonesia (APDEI).

APDEI diresmikan pada 16 Juni lalu, dihadiri oleh  para anggota asosiasi, atase perdagangan RI dan juga beberapa duta besar dari negara sahabat.

Wadah ini dibentuk berdasarkan semangat bersama mendorong ekspor secara lebih massif melalui platform digital melalui 3 (tiga) pilar utama yaitu regulasi, digitalisasi dan kolaborasi.

Ketiga pilar tersebut dijalankan bersama melalui gerakan #PDEkspor, yang juga merupakan akronim dari nama asosiasi. Hastag ini mengkampanyekan kebanggaan terhadap buatan Indonesia ke pasar global, PeDe atau percaya diri bahwa produk dan jasa Indonesia mampu bersaing di luar negeri melalui Plaform Digital.

Dengan memanfaatkan perkembangan digital melalui platform, APDEI atau #PDEkspor diinisiasi oleh 14 platform digital ekspor Indonesia yang dan diketuai oleh Hadi Lee selaku Ketua Umum dari IDNStore. Adapun kepengurusan lainnya diisi oleh perwakilan dari Madeinindonesia.com, IndonesiaDirect.org, Blibli.com, Goorita.com dan Andalin.com

Kepengurusan juga diperkuat oleh bidang-bidang yang akan menggelorakan kampanye #PDEkspor dengan dukungan BukaLapak, GETI Incubator, Kadin D-Commerce, Aspenku.com, IndonesiaInYourHand.com, GoPlay dan juga beberapa platform digital lainnya.

“Kami sangat antusias sekali dengan momentum ini, karena ujungnya adalah Indonesia yang diuntungkan dengan naiknya kapasitas ekspor kita.” kata Ghafran Cakra selaku CEO dari PT Andalan Ekspor Indonesia (AEXI) sebagai pemilik platform IndonesiaHub.com yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (25/6/2021).

IndonesiaHub.com merupakan platform yang mewadahi hasil produk-produk UKM Indonesia ke pasar global yang sudah dikurasi dan diinkubasi oleh GETI (Global Edukasi Talenta Inkubator).

“IndonesiaHub.com menjadi salah satu platform di dalam asosiasi yang fokus ke B2B (Business to Business), mengejar kualitas, kuantitas dan kontinuitas dengan minimum pengiriman satu kontainer.” imbuh Ghafran

Pasar B2B dipilih karena pangsanya di dunia enam kali lebih besar dari pasar B2C (Business to Consumer).

“Kami memilih pasar B2B karena pangsanya di dunia enam kali lebih besar dari pasar B2C, apalagi ekspor Indonesia yang terbilang masih sangat kecil dengan nilai transaksi tidak sampai 1%  dari transaksi global,” katanya.

“Ke depannya kami berharap bisa segera menjadi marketplace B2B pertama milik anak bangsa Indonesia yang diterima pasar global,” tutupnya.