Tragis! 5,62 Juta Buruh Sektor Formal Kehilangan Pekerjaan Akibat Pandemi Covid-19 di 2020

Oleh : Ridwan | Rabu, 28 April 2021 - 13:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian membuka angka-angka yang terdampak dari sisi buruh atau karyawan selama pandemi 2020.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, buruh yang bekerja di sektor informal naik sebanyak 4,55 juta pekerja.

"Sementara, di sektor formal menurun karena mengalami pemutusan hubungan kerja, pengurangan jam kerja, dan sebagainya turun sebesar 5,62 juta orang," ujarnya saat webinar, Rabu (26/4/2021).

Menurutnya, ini yang harus diantisipasi sama-sama, sehingga program pemulihan ekonomi nasional (PEN) untuk mendukung sektor informal bisa jadi bantalan pemulihan ekonomi.

"Beberapa dukungan yakni subsidi bunga UMKM dan banpres usaha mikro," kata Susiwijono.

Terkait UMKM menjadi posisi kunci di pemulihan ekonomi karena di pandemi ini akselerasi sudah mengadopsi teknologi digital.

"Ada kenaikan 37 persen konsumen baru gunakan ekonomi digital setelah ada pandemi Covid-19 dan setelahnya 93 persen akan tetap memanfaatkan ekonomi digital pascapandemi Covid-19. Kemudian, satu dari lima pelaku usaha lebih aktif menjual di e-commerce adalah pengguna baru," tutupnya.