Tutup 2020, Faspay Luncurkan Tiga Inovasi Baru untuk Dukung Pelaku Bisnis

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 25 Desember 2020 - 10:20 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menutup tahun 2020, Faspay meluncurkan tiga (3) inovasi terbaru bagi seluruh pengguna layanan Faspay Payment Gateway, diantaranya Faspay Dana Usaha, API Faspay Billing hingga fasilitas Tarik Tunai di Alfa Group.

Tiga inovasi ini semakin melengkapi layanan Faspay yang terdiri dari sistem penerimaan dana (collection system), pengiriman dana secara massal (disbursement service) hingga pendanaan atau modal usaha.

Selain itu, ketiga inovasi tersebut tentunya juga hadir berkat kerjasama dengan mitra seperti Alfa Group untuk layanan Cash Out (Tarik Tunai) di Alfa Group serta kerjasama dengan Koinworks untuk layanan Faspay Dana Usaha.

Tepat di akhir tahun 2019 lalu, Faspay menerima penghargaan sebagai Indonesia Payment Gateway Company of the Year dari lembaga riset internasional, Frost & Sullivan.

Penghargaan ini lantas tidak membuat Faspay berpuas diri, melainkan menjadi sebuah dorongan untuk menghadirkan layanan yang semakin lengkap dan terdepan bagi pengguna maupun calon pengguna layanan Faspay.

Selain itu, tiga terobosan baru ini diharapkan mampu menjawab berbagai tantangan pembayaran digital dan pengembangan bisnis. Salah satu bentuk dedikasi Faspay untuk membantu para pengguna dalam mengembangkan bisnis terutama UKM di tengah pandemi COVID-19 adalah Faspay Dana Usaha.

Saat ini, Faspay bekerja sama dengan perusahaan fintech lending KoinWorks untuk menyediakan dana pinjaman tambahan hingga 2 Miliar Rupiah bagi merchant yang telah terdaftar di Faspay.

Di masa mendatang, Faspay akan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan fintech lending lainnya untuk memfasilitasi para merchant kami, sehingga mampu memperlancar arus kas bisnis, menambah stok barang, mempermudah pertumbuhan serta ekspansi bisnis.

Faspay juga menyediakan dua solusi pembayaran digital yang merupakan pengembangan dari produk sebelumnya, yaitu tarik tunai di Alfa Group dan API Faspay Billing. Layanan tarik tunai Alfamart merupakan fitur tambahan dari Faspay SendMe.

Layanan ini dapat digunakan pelaku bisnis yang hendak mendistribusikan dananya secara massal dan real-time serta memungkinkan penerima dana untuk dapat melakukan tarik tunai di seluruh gerai Alfamart & Alfa Group di seluruh Indonesia.

Layanan Tarik Tunai di Alfa Group ini diharapkan membantu pebisnis untuk mengirimkan dana bagi penerima dana yang berada di daerah maupun yang belum memiliki akses perbankan.

Pengembangan produk lainnya adalah Faspay Billing yang kini telah memiliki API atau Application Programming Interface sehingga layanan ini dapat langsung diintegrasikan dengan website atau aplikasi dari para merchant Faspay.

Layanan Faspay Billing memampukan merchant untuk mengirimkan invoice atau tagihan online serta langsung menerima pembayaran online dari beragam pilihan channel pembayaran di Faspay.

Selain itu, layanan Faspay Billing yang diintegrasikan juga dapat menyesuaikan sistem tagihan sehingga merchant tidak perlu lagi melakukan pengecekan tagihan secara manual.

“Misi Faspay adalah memberikan solusi berbasis teknologi untuk mempermudah dan meningkatkan frekuensi transaksi keuangan digital dalam setiap pelaku bisnis. Solusi yang kita berikan di akhir tahun ini adalah wujud nyata dari Faspay dalam mendukung pertumbuhan ekonomi secara umum, terutama di dalam masa pandemic COVID”, ujar Eddy Tju, CEO Faspay melalui keterangan yang diterima redaksi pada Jumat (25/12).

“Melalui inovasi konstan, Faspay akan terus mengembangkan solusi teknologi finansial baru yang mendukung pelaku bisnis dalam menghadapi tantangan dinamika ekonomi” lanjutnya.

Dalam perjalanannya, Faspay telah bekerja sama dengan berbagai kategori bisnis. Menurut data riset Faspay, tiga kategori bisnis yang memiliki pertumbuhan yan melesat di tahun ini adalah industri F&B, Fashion serta layanan IT.

Bisnis F&B memiliki peningkatan sebesar 340% dari tahun sebelumnya, diikut dengan industri Fashion yang meningkat hingga 103% serta layanan IT yang mengalami kenaikan transaksi hingga 94%.

Fakta ini menunjukkan pelaku bisnis semakin menyadari tren dan tantangan bisnis yang semakin menuju ke transaksi digital. Bahkan, ketiga industri ini merupakan bukti nyata dari kemajuan bisnis yang tumbuh di tengah masa pandemi, khususnya setelah mengadopsi solusi digital seperti layanan payment gateway dari Faspay.

Dengan komitmen untuk terus mendorong beragam industri untuk Go Digital, Faspay berusaha untuk menjadi mitra pembayaran online terbaik dengan menawarkan berbagai inovasi berbasis teknologi yang aman, nyaman, mudah, dan terpercaya. Melaui beragam layanan dan inovasi, kedepannya Faspay akan terus berkomitmen untuk menjadi mitra pebisnis di Indonesia mampu terus #TumbuhBersamaFaspay di tahun 2021 dan seterusnya.