Sesuai Peraturan BPOM, Produk Keluaran Nestlé Indonesia Ini Kini Berlogo Pilihan Lebih Sehat

Oleh : Hariyanto | Kamis, 01 Oktober 2020 - 09:44 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Produsen makanan dan minuman, Nestlé Indonesia dengan produk minuman siap konsumsi, yaitu Milo UHT, Dancow UHT, dan Bear Brand telah mendapat persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mencantumkan logo “Pilihan Lebih Sehat ".

Dalam upaya membantu konsumen Indonesia lebih bijak memilih produk pangan, Badan POM mengeluarkan peraturan Nomor 22 Tahun 2019 tentang Informasi Nilai Gizi pada Label Pangan, yang salah satunya mengatur pencantuman logo “Pilihan Lebih Sehat”. 

Dengan adanya logo “Pilihan Lebih Sehat” konsumen bisa lebih mudah memilih suatu produk pangan dibandingkan dengan produk pangan lain yang sejenis, dengan tetap dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. 

Dr. Rimbawan dari Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor mengatakan, membaca label gizi pada kemasan merupakan salah satu solusi dalam membantu konsumen untuk lebih cerdas dalam memilih produk pangan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan mengetahui seberapa besar sumbangan zat gizi tertentu yang berasal dari produk pangan yang kita konsumsi. 

"Dalam keseharian, pemenuhan asupan gizi seimbang secara teratur akan memberi manfaat bagi kesehatan tubuh kita secara umum, dan selanjutnya dapat mendukung produktivitas kita," jelas Dr. Rimbawan pada webinar bertajuk Cara Cerdas Memilih Produk Pangan dengan Logo “Pilihan Lebih Sehat”, Rabu (1/10/2020).

Presiden Direktur Nestlé Indonesia, Ganesan Ampalavanar mengatakan, pengetahuan tentang pemenuhan gizi seimbang serta pembatasan asupan gula, garam, dan lemak di Indonesia merupakan sebuah masalah yang perlu diperhatikan.

"Kami sangat mendukung upaya pemerintah untuk mendorong konsumen agar dapat memilih pangan yang lebih sehat. Hari ini, dengan bangga saya persembahkan produk Nestlé dengan logo Pilihan Lebih Sehat  yaitu Milo UHT, Dancow UHT, dan Bear Brand," kata Ganesan.

Dengan adanya logo “Pilihan Lebih Sehat” di produk pangan, konsumen menjadi lebih mudah memilih produk pangan yang memiliki kandungan sesuai dengan rekomendasi dibandingkan produk pangan lain yang sejenis dan dapat membantu pemenuhan gizi seimbang keluarga.