Gaungkan Kampanye Love On, Lenovo Indonesia Berikan Donasi Komputer kepada Pelajar Sekolah Dasar
INDUSTRY.co.id - Jakarta – Lenovo Indonesia berbagi kebahagiaan bersama anak-anak SDN 11 Gandaria Utara dalam rangka kampanye global LOVE ON.
Diresmikan oleh Country Manager Lenovo Indonesia Budi Janto, Lenovo Indonesia menghadirkan 18 set lengkap desktop All in One (AIO) 22 inch untuk mendukung kegiatan belajar mengajar pelajar dan guru di sekolah tersebut.
Pemberian desktop AIO ini merupakan rangkaian kegiatan global Lenovo Foundation di bulan Mei yang merupakan “Global Month of Service” atau Bulan Pelayanan. Di Indonesia khususnya, kegiatan bulan ini dilakukan di bawah tema #LenovountukGenerasiPintar yang berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan pelajar Indonesia.
Dalam kegiatan CSR kali ini, Lenovo Indonesia berkolaborasi bersama Foodbank of Indonesia, organisasi nirlaba yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan mengurangi kesenjangan pangan di Indonesia.
Pemberian desktop AIO merupakan wujud dari kontribusi Lenovo sebagai produsen perangkat digital terdepan untuk menumbuhkan literasi digital pelajar Indonesia. Selain itu, desktop AIO Lenovo juga akan memudahkan kegiatan pelajar maupun guru dalam menjalankan aktifitas belajar mengajar yang membutuhkan perangkat komputer seperti pencatatan administrasi, mengakses informasi digital, ekstrakurikuler, hingga ujian nasional.
Selain memberikan donasi desktop AIO, Lenovo Indonesia juga menggelar pelatihan komputer kepada guru dan pelajar, sebagai wujud kontribusi pegawai Lenovo Indonesia.
Pelatihan yang diberikan kepada guru adalah Microsoft Excel yang merupakan aplikasi paling sering digunakan, antara lain cara memanfaatkan fitur-fitur terbaru Microsoft Excel 2019 yang dapat mempermudah dan mempercepat kinerja guru. Sedangkan pelatihan yang diberikan kepada siswa adalah pelatihan menggambar dan kreasi konten menggunakan komputer.
"Memasuki era revolusi industri 4.0, pendidikan digital adalah aspek yang sangat penting untuk diajarkan kepada siswa-siswa Indonesia. Digitalisasi ini sudah menjadi keharusan dalam berbagai aspek kehidupan, terutama dalam pekerjaan dan pendidikan. Semakin baik literasi digital anak-anak Indonesia maka akan semakin baik pula daya tawar yang mereka miliki dalam persaingan global di masa depan,” kata Budi Janto, Country General Manager, Lenovo Indonesia di Jakarta, Selasa (28/5).
Diambahkan Budi, melihat fenomena ini, Lenovo Indonesia ingin juga berkontribusi dalam membangun masa depan Indonesia yang siap menghadapi persaingan global dan menjadi negara yang berorientasi digital.
"Oleh karena itu salah satu program kami adalah menghibahkan produk desktop AIO kami yang dapat dimanfaatkan untuk pendidikan digital siswa-siswa SDN 11 Gandaria Utara," tambahnya.
Dalam acara seremoni tersebut, donasi secara simbolis diberikan kepada Ibu Sukini selaku Kepala Sekolah SDN 11 Gandaria Utara.
"Saya, mewakili para pelajar dan guru, berterimakasih kepada Lenovo Foundation atas bantuan desktop yang diberikan kepada sekolah kami. Sebelumnya pelajar kami sangat minim pengetahuan terhadap teknologi karena keterbatasan fasilitas yang kami miliki," kata Sukini.
"Dengan adanya komputer-komputer ini, ke depannya kami berharap para pelajar akan ‘melek’ digital, yang akan menambah skill mereka. Terutama nantinya mereka akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer sehingga kami bisa memulai mempersiapkan anak-anak dengan pengetahuan dasar komputer," tutupnya.
Love On merupakan kampanye global Lenovo Foundation yang merupakan anagram dari kata ‘Lenovo’ sebagai pesan untuk mencintai sesama manusia.
Di bulan ini, Lenovo Foundation semakin memperkuat komitmen Lenovo untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) serta membangun beragam masyarakat yang kurang mampu di berbagai belahan dunia.
Di Indonesia, fokus kegiatan CSR Lenovo Foundation terbagi secara beragam dan merata di berbagai aspek kehidupan dimulai dari pendidikan, sosial, pangan, hingga pemulihan pasca bencana.