Sepanjang 2017, Pendapatan Electronic City Capai Rp1,8 Triliun

Oleh : Herry Barus | Jumat, 22 Juni 2018 - 13:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pendapatan PT Electronic City Indonesia Tbk (ECII) tahun 2017 mencapai Rp1,818 triliun, meningkat 9,6 persen dari Rp1,659 triliun pada 2016.

"Tahun 2017 mencatatkan perbaikan kinerja keuangan ketimbang pada 2016," kata Vice President Finance HR & GA PT Electronic City Indonesia Tbk Evelyn Hendarta usai Paparan Publik di Jakarta, Kamis (21/6/20018)

Ia mengatakan tahun 2017 perseroan tetap konsisten menjalankan efisiensi yang berkelanjutan dalam hal pengeluaran biaya operasional, dan meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan guna mencapai target penjualan.

Satu hal baru adalah pengeluaran biaya promosi yang mulai diperbesar porsinya pada penggunaan media digital marketing dibandingkan dengan cara konvensional surat kabar sehingga terjadi efisiensi tanpa mengurangi tujuan untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak ke dalam toko.

"Laba bersih tercatat sebesar Rp20,7 miliar, menurun dibandingkan dengan tahun 2015 sebesar Rp37 miliar," kata dia.

Penurunan ini dikarenakan mempertahankan nilai persediaan atas produk yang masih baru dan tidak "out of date".

Selain itu, adanya penutupan enam toko yang tidak mencapai target, sedangkan perseroan harus menanggung biaya operasi yang berkaitan dengan toko-toko yang dibuka.

"Penutupan gerai itu tergantung kepada kinerja penjualan. Kami selalu evaluasi, kalau ada yang membebani keuangan perseroan dan tidak mencapai target, ya, kami terpaksa menutup toko tersebut," ujar dia.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Electronic City Wiradi mengaku optimistis pertumbuhan pada tahun ini akan mencapai angka dua digit.

Pada kuartal I-2018, perusahaan mencatat pertumbuhan penjualan sebesar 8 persen.

Pada akhir tahun, penjualan produk di gerai Electronic City biasanya meningkat karena perayaan Natal serta Tahun Baru.