Ketua DPR Mendatang Harus Perbaiki Citra Parlemen

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 30 Desember 2017 - 04:45 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pengamat politik Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saiful Mujani menilai figur pengganti Setya Novanto harus mampu memperbaiki citra dan mengembalikan kepercayaan publik terhadap parlemen.

Menurut dia, dalam keterangannya di Jakarta, kemarin, Agus Gumiwang Kartasasmita merupakan figur yang cocok dipilih Golkar untuk menduduki posisi Ketua DPR sebagai pengganti Setya Novanto, karena beberapa alasan mendasar dan prinsipil.

"Pertama, dia kompeten dibanding kader Golkar pada umumnya. Kedua, saya tidak pernah mendengar ada kasus hukum yang menyebut namanya," kata Saiful.

Dia mengatakan sikap politik Agus cukup menekankan prinsip kepatutan dan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik.

Menurut dia, ketegasan dan konsistensi Agus juga sudah terbukti misalnya dalam Pilpres 2014, Golkar mendukung Prabowo, namun Agus menentang dan memberikan dukungan untuk Jokowi.

"Agus ini berani dan konsisten. Dia bahkan pernah dipecat sebagai anggota dan kader Golkar ketika dia tidak mendukung keputusan Golkar yang mencalonkan Prabowo pada Pilpres 2014 lalu," ujarnya.

Selain itu, dia menilai Agus berani dan memiliki komitmen yang kuat dalam upaya pemberantasan korupsi seperti yang ditunjukkan dalam sikap tegasnya sebagai Sekretaris Fraksi Golkar yang menolak menandatangani masuk dalam pansus KPK.