Sriboga Raturaya Dikabarkan Bakal Gelar PUPS pada Semester I-2018

Oleh : Abraham Sihombing | Sabtu, 09 Desember 2017 - 10:39 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Sriboga Raturaya, operator restoran siap saji Pizza Hut dan Marugame Udon, dikabarkan bakal melakukan menawarkan kepemilikan sahamnya kepada publik melalui mekanisme penawaran umum perdana saham (PUPS).

“PUPS yang disebut-sebut bakal diwujudkan pada semester pertama 2018 tersebut diperkirakan akan meraih tambahan modal sekitar Rp2 triliun,” ujar sebuah sumber yang enggan disebutkan namanya di Jakarta, Jumat (08/12/2017) malam.

Sumber itu menjelaskan, untuk memuluskan rencana PUPS tersebut, PT Sriboga Raturaya saat ini telah menunjuk sejumlah penasihat agar perseroan dapat segera mencatatkan dan memperdagangkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Menurut Euromonitor International, sebuah kantor konsultan bisnis, menyatakan, Pizza Hut merupakan produk pizza terpopuler di Indonesia. Karena itu, Pizza Hut menguasai 70% pangksa pasar bisnis pizza di Indonesia. Kemudian diikuti oleh Domino Pizza dengan pangsa pasar sebesar 6,1%.

Jika benar PT Sriboga Raturaya akan menggelar PUPS pada semester pertama 2018 mendatang, maka pelaksanaan PUPS tersebut tampaknya hampir bersamaan dengan pelaksanaan PUPS operator rumah sakit Hermina Hospital Group dan produsen makanan ringan GarudaFood Group.

Banyak pihak yang berpendapat, bahwa ketiga PUPS tersebut bakal dapat kembali membantu menggairahkan kegiatan PUPS di BEI pada tahun depan. Pasalnya, nilai PUPS pada 2017 ini turun 30% menjadi tinggal US$683 juta dibandingkan pada 2016 sebesar US$1,03 miliar. (Abraham Sihombing)