Wow! Sungai di Jepang Ini Berbentuk Naga

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 15 September 2017 - 11:55 WIB

INDUSTRY.co.id, Jepang - Seorang pengguna Twitter dari Jepang @chicago0812 baru-baru ini terbang di atas Shikoku, pulau terkecil di Jepang dari empat pulau utama, lalu, dia melirik ke luar jendela dan bertemu dengan seekor ular mitos yang agung atau disebut dengan naga.

Dikutip dari en.rocketnews24, Jumat (15/9/2017), tentu saja, ini bukan naga sebenarnya, tapi badan air memutar di Prefektur Kochi yang kebetulan terlihat seperti monster fantasi.

Ekor dan tubuh naga sebenarnya adalah Sungai Yoshino serpentine, sebuah jalur sepanjang 194 kilometer (121 mil) yang mengalir dari Mt. Kamegamori ke Danau Sameura, yang membentuk kepala naga

Namun, kemiripan yang aneh membuat pengguna Twitter tersebut langsung membandingkan dengan karakter fiksi terkenal seperti, Haku Spirited Away, Dragon Ball's Shen Ron, dan Pokmon's Gyarados.

Namun, sementara legenda sering berbicara tentang naga yang hidup di zaman kuno, dan kebetulan sekali foto @chicago0812 baru muncul belakangan ini. Sementara Sungai Yoshino telah ada selama berabad-abad, Danau Sameura berutang bentuk ke Sameura Dam, yang dibangun pada tahun 1975

Ini berarti bahwa kita harus melepaskan fantasi kita yang telah lama lalu seekor naga meninggal di Shikoku, dan ketika hujan turun di tempat peristirahatan terakhirnya, mereka membentuk ciri geografis yang terlihat pada cuplikan @ chicago0812. Namun, masih ada koneksi mitologis yang harus dilakukan.

Sementara naga biasanya disajikan sebagai pemadam api dalam cerita rakyat Barat, di Jepang unsur yang paling sering mereka kaitkan adalah air, dengan cerita yang mengkredit makhluk-makhluk yang menyebabkan hujan turun di zaman kuno.

Diketahui, Danau Sameura adalah waduk yang berfungsi untuk pembangkit listrik tenaga air dari bendungannya, juga memasok masyarakat setempat dengan air minum dan irigasi, yang berarti bahwa naga Shikoku masih menyediakan air untuk orang-orang di pulau itu.