Telkom Solution Hadirkan Solusi Digital Inovatif untuk Transformasi Bisnis B2B di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Telkom Solution terus mengukuhkan posisinya sebagai penyedia solusi digital terdepan di Indonesia.
Dengan fokus pada segmen Business-to-Business (B2B), Telkom Solution menghadirkan tiga layanan unggulan: Connectivity+, Cyber Security, dan Artificial Intelligence (AI) untuk mendukung akselerasi transformasi digital di berbagai sektor.
Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Venusiana, menegaskan komitmen Telkom dalam menyediakan layanan digital yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan pasar B2B.
“Telkom Solution hadir untuk memastikan setiap pelanggan mendapatkan solusi terbaik guna mendukung transformasi digital mereka,” ujarnya.
Sementara itu, OVP Enterprise Marketing & Regional Management Telkom, Reni Yustiani, mengungkapkan bahwa potensi pasar B2B di Indonesia masih sangat luas. Di sektor swasta saja, terdapat 136 grup usaha dengan lebih dari 4.800 jaringan afiliasi yang tersebar di seluruh Indonesia.
Selain itu, Telkom Solution juga siap mempercepat digitalisasi di 12 klaster BUMN, 48 kementerian, 120 lembaga pemerintah, dan 553 pemerintah daerah.
Tiga Solusi Digital Unggulan Telkom Solution
1. Connectivity+
Layanan konektivitas end-to-end yang didukung oleh SD-WAN, Cloud, Data Center, dan IT Services, memungkinkan operasional bisnis yang lebih efisien dan terintegrasi.2. Cyber Security
Untuk melindungi data dan sistem bisnis pelanggan, Telkom Solution berkolaborasi dengan raksasa teknologi global dalam penyediaan layanan keamanan digital multi-layered dan mendukung penerapan **Perlindungan Data Pribadi (PDP).3. Artificial Intelligence (AI)
Layanan AI berbasis use case yang memberikan insight mendalam guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis.Reni menambahkan, kehadiran Telkom Solution semakin memperkuat posisi TelkomGroup sebagai pemimpin dalam penyediaan solusi digital di berbagai sektor bisnis, serta mendorong akselerasi transformasi digital di Indonesia.
“Segmen B2B Telkom dibagi menjadi dua. Untuk segmen market small medium enterprise (SME) menggunakan brand Indibiz. Sedangkan untuk market enterprise businesses seperti pemerintah, BUMN, dan swasta yang membutuhkan solusi digital yang lebih advanced, kami menggunakan brand Telkom Solution,” ucap Reni menjabarkan perbedaan Telkom Solution dan Indibiz di market B2B Telkom.
Dengan hadirnya Telkom Solution, Telkom Group semakin memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam penyediaan solusi digital di berbagai sektor bisnis.
“Kami berkomitmen untuk terus mendukung transformasi digital di Indonesia melalui layanan yang lebih inovatif dan terintegrasi,” tutup Venusiana.