HOKI Berhasil Catatkan Penjualan Rp1,29 Triliun di 2024

Oleh : Candra Mata | Senin, 24 Maret 2025 - 20:55 WIB
HOKI Berhasil Catatkan Penjualan Rp1,29 Triliun di 2024

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Produsen beras ternama merek ‘Topi Koki’ yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, PT Buyung Poetra Sembada, Tbk., (HOKI) berhasil membukukan penjualan Rp1,29 triliun di 2024, meningkat dibandingkan penjualan tahun 2023 yang sebesar Rp1,28 triliun.

Akan tetapi, kenaikan harga bahan baku telah mendongkrak beban pokok penjualan hingga mencapai Rp1,19 triliun. Melonjak dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,18 triliun. Akibatnya, Perseroan harus menderita rugi tahun berjalan sebesar Rp6,1 miliar.

Di sisi lain, upaya diversifikasi usaha Perseroan terus menunjukkan prospek yang menjanjikan. Pada tahun 2024, bisnis investasi keuangan yang dijalankan anak usaha PT Hoki Investasi Sejati (HIS) membukukan pendapatan dividen sebesar Rp9,34 miliar. Total nilai aset HIS per akhir Desember 2024 tercatat sebesar Rp306,6 miliar.

Adapun upaya transformasi usaha ke bisnis FMCG juga semakin prospektif. Penjualan dari bisnis yang baru digeluti melalui anak usaha Perseroan, PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) ini terus tumbuh secara meyakinkan. Penjualan produk Dailymeal pada tahun 2024 tercatat sebesar Rp10,15 miliar. Meningkat 114,05% dibandingkan penjualan tahun 2023 yang senilai Rp4,74 miliar.

Untuk semakin mempercepat proses transformasi menjadi perusahaan FMCG, HOKI terus mengembangkan dan mengoptimalkan produksi serta penjualan produk-produk alternatif beras Dailymeal yang sehat dan akan terus berinovasi menciptakan produk-produk beras sehat yang baru.

Dailymeal menghadirkan berbagai pilihan nasi diet yang nyaman dengan keunggulan khas masing-masing. Dailymeal Nasi Jagung memiliki indeks glikemik sangat rendah untuk menjaga gula darah stabil dan mendukung diet yang asik dan energik. Dailymeal Nasi Singkong kaya serat pangan larut yang baik untuk pencernaan dan menjadi lambung bestie. Dailymeal Beras Merah kaya antioksidan dan vitamin B6 yang membuat bugar dan nyaman. Sementara itu, Dailymeal Porang Cassava Rice menjadi teman Diet Sat Set yang mengandung glukomanan dari umbi porang untuk mengontrol nafsu makan dan bisa diseduh cepat dalam 20 menit.

Di sisi pemasaran, HOKI terus melakukan berbagai upaya untuk memperluas jaringan distribusi, antara lain dengan membangun jalinan kerjasama strategis. Dimana belum lama ini, Perseroan telah menjalin kerja sama dengan Indomarco Adi Prima (PT Gurih Mitra Perkasa) sehingga membuat produk-produk Dailymeal mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

Melihat permintaan produk Dailymeal yang terus tumbuh pesat, Perseroan telah melakukan antisipasi dengan membangun pabrik baru. Saat ini, HOKI melalui entitas anak usaha, PT Koki Sehat Sejahtera tengah membangun pabrik Dailymeal baru di Jawa Tengah yang ditargetkan akan selesai pada pertengahan tahun 2025 ini.

“Kita akan berusaha supaya sambutan positif pasar terhadap peluncuran produk-produk alternatif beras sehat merek Dailymeal terus berkelanjutan. Untuk itu, ada tiga hal yang menjadi fokus utama kerja Perseroan saat ini. Pertama, mengedukasi masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi beras sehat. Kedua, memastikan ketersediaan dan kemudahan produk Dailymeal untuk didapatkan. Ketiga, terus berinovasi menciptakan produk-produk alternatif beras sehat yang baru,” kata Direktur HOKI, Budiman Susilo.