Lazada Catat Peningkatan Nilai Transaksi Hingga 55% Pada periode Ramadan 3.3 Sale 2025

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 15 Maret 2025 - 12:17 WIB
Lazada Catat Peningkatan Nilai Transaksi Hingga 55% Pada periode Ramadan 3.3 Sale 2025

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada tahun ini, Lazada Indonesia (Lazada) mencatat kategori pakaian pria menjadi salah satu yang mendorong kenaikan kategori fesyen secara signifikan, terutama untuk baju muslim pria. Sementara itu, penjualan perangkat elektronik seperti smartphone dan televisi, yang biasanya diburu pelanggan setelah menerima THR kini sudah meningkat bahkan dari minggu-minggu pertama Ramadan. 

Hal tersebut disampaikan Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo dalam acara konferensi pers Lazada Ramadan Mega Sale yang diselenggarakan pada Jumat (14/3/2025) di Jakarta.

Lazada menghadirkan rangkaian Ramadan Sale yang berlangsung sejak 28 Februari hingga 3 April 2025 untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan. Kampanye diawali dengan Ramadan 3.3 Sale (2 – 7 Maret 2025), diikuti dengan promo khusus berbagai kategori yang berbeda, seperti Ramadan Fashion Festival (10 – 15 Maret 2025). 

“Di promo belanja Ramadan Sale kali ini, kami menggelar berbagai promo tematik, menyesuaikan kebutuhan konsumen yang berubah dengan cepat. Kami memahami pada awal Ramadan, pola konsumsi lebih condong ke arah kebutuhan harian, sedangkan untuk kategori fesyen merupakan kategori yang menonjol sepanjang bulan," ujar Amelia. 

Pada periode Ramadan 3.3 Sale, Lazada mencatat peningkatan traffic, yang diikuti dengan peningkatan nilai transaksi hingga 55% dibandingkan hari biasa. Rata-rata total pembelanjaan per pelanggan pun mengalami peningkatan hingga 4 kali lebih besar dibandingkan dengan rata-rata pembelanjaan per pelanggan di periode awal Ramadan tahun lalu.

Tingginya kepercayaan pelanggan juga mendorong peningkatan tersebut, salah satunya terlihat pada minat pelanggan yang tinggi terhadap kolaborasi Lazada dengan berbagai brand ternama. Berkolaborasi dengan brand F&B seperti Chigo x Flip, Bakmi GM, Chatime, dan Kopi Kenangan dalam program ‘Buka Puasa Gratis’, Lazada mentraktir pelanggan melalui voucher makan seharga Rp1. 

Program ini berhasil menarik antusiasme tinggi, di mana sebanyak 600 voucher dibeli pelanggan dan angka ini diproyeksikan terus bertambah hingga program berakhir di tanggal 31 Maret.

Melanjutkan kesuksesan dan antusiasme masyarakat yang meningkat jelang Hari Raya, Lazada menghadirkan kampanye puncak Ramadan Mega Sale pada 16 hingga 26 Maret 2025. Pada kampanye ini, pelanggan bisa menikmati diskon hingga 90% melalui Crazy Brand Mega Offer dan voucher bonus sampai Rp1.446.000 yang bisa dikumpulkan hanya dengan membuka aplikasi Lazada. Lazada juga menghadirkan promo spesial kebutuhan Ramadan serba Rp14.460 untuk kebutuhan harian ataupun hampers Lebaran.

Pada momen Ramadan kali ini, Lazada juga menghadirkan kesempatan spesial bagi pelanggan yang ingin memiliki kendaraan Yamaha Grand Filano dengan harga spesial Rp14.460.000, dari harga normal Rp28 jutaan selama periode 17 hingga 21 Maret 2025. Penawaran ini hanya tersedia pada pukul 00.00 WIB setiap hari selama periode Ramadan Mega Sale berlangsung, dengan jumlah unit yang terbatas. 

Lazada juga kembali memberikan kesempatan spesial bagi pelanggan untuk mewujudkan impian umrah ke Tanah Suci melalui fitur gamifikasi Lucky Egg. Kesempatan mendapatkan paket umrah juga bisa didapatkan pelanggan dengan ikut serta dalam kegiatan 'Mencari Mas Hilal' yang diluncurkan Lazada di periode 16 hingga 18 Maret. Tak hanya umrah, pelanggan bisa mendapatkan hadiah iPhone 15, THR belanja, hingga voucher dengan total puluhan juta rupiah. 

"Melanjutkan antusiasme dari kampanye tahun lalu, kami kembali memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk mewujudkan impian beribadah ke Tanah Suci melalui program umrah gratis di Ramadan tahun ini. Kami berharap inisiatif ini bisa menambah keberkahan dan kebahagiaan bagi pelanggan setia Lazada," ujar Amelia.