Bank Mandiri dan Mindstores Luncurkan Fitur Quick Commerce Alfamart di Livin’

Oleh : Hariyanto | Jumat, 17 Januari 2025 - 10:52 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Bank Mandiri berkolaborasi dengan Mindstores, salah satu unit bisnis WIR Group untuk menghadirkan fitur quick commerce Alfamart di aplikasi Livin’ by Mandiri. Langkah ini bertujuan memudahkan nasabah untuk belanja langsung dari satu aplikasi. 

SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri, Erin Young, menjelaskan, dengan kehadiran fitur baru ini, pengguna kini dapat berbelanja lebih mudah dan praktis tanpa perlu beralih ke aplikasi lain atau melakukan registrasi tambahan. 

“Kolaborasi ini merupakan langkah strategis Bank Mandiri untuk memperluas layanan digitalnya sekaligus memberikan nilai tambah yang nyata bagi nasabah,” terang Erin dalam keterangan resminya, Selasa (14/1/2025).

Inovasi ini, lanjutnya, turut memperkaya fungsi Livin’ by Mandiri, sebagai alat transaksi keuangan, sekaligus solusi gaya hidup yang relevan dengan kebutuhan masyarakat modern. 

“Kami ingin menciptakan pengalaman pengguna yang lebih terintegrasi dan memudahkan aktivitas sehari-hari nasabah,” imbuhnya.

Bank Mandiri menilai, kolaborasi ini juga menjadi bentuk apresiasi kepada nasabah sekaligus sebagai pendorong adopsi fitur baru tersebut.

Sinergi antara Bank Mandiri, Mindstores, dan Alfamart juga diharapkan dapat mempercepat transformasi digital di tengah masyarakat. CEO WIR Group, Stephen Budiman Ng, mengapresiasi kolaborasi ini sebagai wujud nyata percepatan adopsi digital yang inklusif.

“Kami percaya teknologi yang dikembangkan bersama Bank Mandiri dan Alfamart akan menciptakan ekosistem digital yang inklusif. Masyarakat kini bisa menikmati layanan perbankan dan belanja dalam satu platform, menghadirkan kenyamanan maksimal bagi penggunanya,” ujar Stephen.

Di sisi lain, Mateus Radiman, Virtual Store General Manager PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk, menyampaikan apresiasinya atas keterlibatan Alfamart dalam inovasi ini. Menurutnya, kolaborasi ini memungkinkan nasabah Bank Mandiri menikmati kemudahan berbelanja. 

“Kami bangga menjadi bagian dari inisiatif yang menghadirkan solusi modern bagi masyarakat. Dengan jaringan luas yang kami miliki, kami siap mendukung layanan ini agar semakin dekat dengan konsumen,” ungkap Mateus.

Sebagai informasi, sejak diluncurkan pada Oktober 2021, Livin’ by Mandiri telah menunjukkan pertumbuhan yang positif. Hingga akhir Desember 2024, pengguna aplikasi Livin’ by Mandiri menembus angka 29,3 juta pengguna, naik 29% secara YoY. Dari jumlah tersebut, total nilai transaksi Livin’ by Mandiri telah mencapai Rp 4.009 triliun dengan frekuensi 3,29 miliar transaksi.