Kinerja Mengudara! tiket.com Tutup Tahun dengan Fantastis! Bukti Industri Pariwisata Indonesia Makin Perkasa
INDUSTRY.co.id, Jakarta- Bepergian sudah jadi bagian dari kebutuhan hidup. Terlebih semenjak Pemerintah Republik Indonesia secara resmi menyatakan pandemi telah usai. Sepanjang tahun 2024, industri pariwisata diwarnai dengan berbagai macam tantangan tetapi juga dimeriahkan dengan jajaran prestasi yang patut dirayakan. tiket.com, sebagai OTA pertama di Indonesia, senantiasa merujuk pada kondisi pariwisata nasional dan minat akan destinasi internasional sebagai barometer kesuksesan tiket.com dalam mendorong berbagai program wisata bagi Sobat tiket (sebutan pengguna aplikasi tiket.com).
Dengan total 27 hari libur nasional dan cuti bersama sepanjang tahun, termasuk 2 (dua) hari khusus untuk nyoblos, masyarakat pun bisa dengan leluasa merencanakan liburan dari jauh-jauh hari tanpa rasa khawatir akan perubahan rencana perjalanan karena tiket.com memiliki fasilitas Refund & Reschedule tanpa biaya ekstra. Fitur andalan untuk menenangkan hati para calon turis yang ingin bijak dalam mengatur dana tetapi belum bisa 100% lepas dari tanggung jawab pekerjaan dan/atau komitmen sosial lainnya.
Hingga Q3 2024, tiket.com mencatat pertumbuhan hingga 4% dibandingkan tahun sebelumnya untuk pemesanan tiket pesawat untuk tujuan kota-kota domestik favorit seperti Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, dan Makassar. Lalu Malaysia, Singapore, Thailand, Hongkong, dan Japan merajai 5 destinasi incaran turis Indonesia ketika memilih tujuan wisata mancanegara.
Sedangkan, angka pemesanan akomodasi seperti hotel, vila, dan apartemen, juga meroket sebesar 35% bila dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan berbagai promo yang digenjot dengan kreatif oleh tiket.com sejak awal tahun, seperti Online Tiket Week, Tiket Hari Raya, dan program unik seperti SIP!, serta perkenalan ulang fitur tiket Homes, sehingga opsi menginap masyarakat pun beragam, terutama bagi keluarga besar yang membutuhkan rumah dengan banyak pintu kamar untuk istirahat.
Kemudian, tiket.com dipercaya untuk menjadi mitra penyedia tiket bagi beberapa acara K-Pop seperti BABYMONSTER Fanmeeting, AESPA, Enhypen, 2NE1, TAEYANG, Stray Kids, dan masih banyak lagi. Demam K-Pop yang terus memanas pun terasa dengan tiket konser yang selalu sold out dalam hitungan menit. Sepanjang tahun 2024, tiket.com jadi platform resmi penjualan tiket beragam artis nasional dan mancanegara.
Selain tiket konser, tiket.com juga memberikan solusi bagi wisatawan yang hendak mencari kegiatan saat berwisata, baik di dalam maupun di luar negeri, misalnya tiket ke berbagai museum, paket tur, ataupun tiket masuk ke wahana seperti Dufan, Hong Kong Disneyland dan Universal Studio Singapore. Aktivitas outdoor juga tersedia di tiket.com yang menjadi pilihan sobat tiket seperti Arung Jeram, ATV, Glamping dan masih banyak lagi. Di Q3 2024, pemesanan tiket To Do mengalami peningkatan pemesanan sebesar 9% bila dibandingkan tahun sebelumnya.
Selain itu, tiket.com juga mempertahankan program edukasi wisata nasional yang dicetuskan bersama-sama dengan Kementerian Pariwisata, yaitu Jagoan Pariwisata. Program yang telah memberdayakan lebih dari 205 usaha wisata di 15 desa wisata sejak tahun 2022, telah sukses diselenggarakan sekali lagi di tahun 2024 dengan tema Empowering Local Champions for Sustainable Growth. Menjangkau 47 pelaku wisata dari berbagai latar belakang jenis usaha, mulai dari homestay, atraksi, UMKM suvenir, hingga bisnis kuliner. Para peserta program yang berasal dari Kampung Wisata Mendut di Jawa Tengah dan Kampung Wisata Kadipaten di Yogyakarta ini juga mendapatkan pelatihan dan pendampingan intensif dari 27 karyawan tiket.com, sehingga bekal ilmu dapat dimanfaatkan sebagai ilmu berbisnis yang makin berdaya.
Pada bulan Oktober, tiket.com secara resmi jadi OTA perdana penyedia dan penjual tiket kereta cepat Whoosh yang saat ini menghubungkan Stasiun Halim Jakarta dengan Stasiun Tegalluar Summarecon Bandung. Dengan proses pemesanan tiket yang sangat mudah, tiket kereta cepat Whoosh pun langsung menjadi salah satu pilihan transportasi favorit sobat tiket di Q3 2024.
Sepanjang tahun ini, tiket.com juga terus jalin kemitraan strategis dengan beberapa badan organisasi wisata, seperti Singapore Tourism Board, Hong Kong Tourism Board, kemudian Korean Tourism Organization dalam sebuah kerjasama pemasaran dan publikasi silang-fungsi sehingga masyarakat makin mantap dalam menentukan pilihan destinasi liburan mancanegara berikutnya, baik untuk liburan hari raya, atau sekedar menghabiskan akhir pekan panjang.
Gaery Undarsa, Co-founder & CMO, tiket.com mengajak masyarakat untuk menyambut tahun 2025 dengan penuh optimisme walaupun banyak ketidakpastian di depan mata, selayaknya makna di balik warna kuning brand tiket.com. “Lingkaran kuning melambangkan matahari, pemberi kehidupan, kebahagiaan, harapan, dan optimisme. Kami di tiket.com sungguh berterima kasih karena diberikan kepercayaan oleh masyarakat Indonesia untuk jadi pemberi solusi selama 13 tahun, sehingga berbagai kenangan indah pun bisa tercipta sepanjang tahun. Kami bersyukur telah dipercaya untuk hadir berikan solusi perjalanan yang handal, cerdas, dan komplit. Kami akan terus berbenah dan meningkatkan kapabilitas sehingga inovasi-inovasi baru dapat diperkenalkan demi kemudahan dan kenyamanan masyarakat Indonesia penggemar jalan-jalan! Selamat tahun baru 2025!”