Industri Kopi Indonesia Tumbuh Pesat, Fore Co ee Ambil Peran Kunci
INDUSTRY.co.id, Jakarta–Indonesia, sebagai salah satu produsen kopi terbesar dunia, memiliki potensi besar di industri kopi. Pangsa pasar kedai kopi Indonesia diperkirakan mencapai US$2,1 miliar, dengan pertumbuhan CAGR sekitar 10% dalam beberapa tahun ke depan. Sebagai salah satu produsen utama kopi di dunia dengan pertumbuhan konsumsi yang sangat menjanjikan, industri kopi Indonesia memang memiliki potensi yang sangat besar.
Fore Co ee, perusahaan F&B co ee chain premium a ordable terkemuka di Indonesia, menjadi salah satu pelopor brand kopi nasional dengan aplikasi digital yang mendorong pertumbuhan industri kopi nasional dengan membuka gerai kopi yang tersebar di seluruh Indonesia. Hingga September 2024, Fore Co ee berhasil membangun jaringan gerai sebanyak 216 yang tersebar di 43 kota di Indonesia.
CEO Fore Co ee, Vico Lomar, mengatakan, Fore Co ee berkontribusi meningkatkan konsumsi kopi di Indonesia dengan berbagai inovasi dan strategi, mulai dari menu kopi hingga layanan konsumen secara online . Sebagai informasi, aplikasi Fore Co ee telah diunduh jutaan pengguna sejak diluncurkan pada 2018.
Kehadiran aplikasi Fore Co ee tersebut sejalan dengan ide dan hipotesis dari para pendirinya, Willson Cuaca dari East Ventures serta Robin Boe dan Jhoni Kusno dari Otten Co ee, mengenai pola konsumsi masyarakat yang telah terbiasa mendapatkan makanan dan minuman yang diinginkan secara cepat, berkat perkembangan ekosistem teknologi di Indonesia.
“Aplikasi Fore Co ee tidak hanya mempermudah konsumen untuk membeli kopi, tetapi juga memberikan pengalaman yang lebih personal dan interaktif bagi setiap penggunanya. Sejak berdiri, Fore Co ee mendedikasikan bisnisnya untuk menyebarkan potensi dan budaya kopi Indonesia,” katanya.
Vico Lomar melihat bahwa industri kopi di Indonesia memiliki prospek yang menjanjikan dan memiliki peluang yang sangat besar untuk terus ditingkatkan. Laporan dari United States Department of Agriculture (USDA) bertajuk “ Indonesia: Co ee Annual ” memproyeksikan konsumsi kopi di Indonesia pada periode 2024/2025 akan meningkat sebesar 10.000 kantong menjadi 4,8 juta kantong, dari 4,45 juta kantong pada periode 2020/2021. ( Satu kantong kopi setara dengan 60 kilogram).
Menurut USDA , peningkatan konsumsi ini didorong oleh stabilitas ekonomi yang terus membaik, terutama di sektor makanan dan minuman, perhotelan, serta sektor terkait lainnya yang mendukung pertumbuhan konsumsi kopi.
Meski demikian, Vico Lomar mencatat bahwa Indonesia masih menghadapi tantangan. Saat ini, Indonesia menempati peringkat di bawah Filipina dengan rasio lebih dari 27.800 orang per kedai kopi. Selain itu, konsumsi kopi per kapita Indonesia masih tergolong rendah, hanya 1,0 kilogram per tahun, menempatkannya di urutan kedua terendah di dunia.
Sebagai perbandingan, data dari Redseer Analysis (2023) mencatat konsumsi kopi per kapita negara seperti Finlandia mencapai 12 kg per kapita atau Amerika Serikat sebesar 5,0 kg per kapita di tahun 2023.
“Ini menunjukkan kesenjangan besar yang dapat diisi dan dimanfaatkan oleh penjual, salah satunya Fore Co ee,” kata Vico Lomar.
Tak hanya berkontribusi dalam mengembangkan industri kopi di Indonesia, Fore Co ee juga telah mengharumkan nama tanah air dengan cara berekspansi ke Singapura sejak 9 November 2023 dengan membuka gerai pertama di Bugis Junction. Langkah strategis tersebut sejalan dengan ambisi dan komitmen Fore Co ee untuk membawa kopi terbaik Indonesia ke sejumlah negara.
Ambisi Fore Co ee untuk mengenalkan kopi Indonesia ke luar negeri juga dibarengi dengan komitmen keberlanjutan atau sustainability sesuai dengan tren dunia. Untuk itu, Fore Co ee juga mengedepankan aspek ramah lingkungan dalam operasional bisnisnya. Salah satu inisiatif yang diambil adalah pengelolaan bisnis yang peduli terhadap dampak lingkungan, baik dari segi produksi maupun kemasan.
“Hal itu sejalan dengan nama perusahaan kami “FORE” berasal dari kata “FOREST” yang artinya hutan, di mana filosofinya adalah dapat tumbuh cepat, kuat, tinggi, sambil tetap menciptakan kehidupan bagi lingkungannya. Kami berkomitmen untuk menjaga kelestarian alam dan menciptakan dampak positif bagi lingkungan melalui langkah-langkah yang lebih berkelanjutan,” ujar Vico Lomar.
Adapun, salah satu inovasi bisnis yang menerapkan asas berkelanjutan adalah dengan memperkenalkan penggunaan kemasan kopi yang ramah lingkungan, yakni kemasan dengan kode angka 5: PP (Polypropylene).
Kode ini menandakan bahwa kemasan yang digunakan oleh Fore Co ee aman untuk makanan dan minuman. Selain itu, kemasan kopi tersebut dapat didaur ulang sehingga memberikan kontribusi pada pengurangan sampah plastik yang tidak terkelola dengan baik.
Alhasil, dengan penggunaan kemasan yang lebih ramah lingkungan, Fore Co ee turut serta dalam gerakan global untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.
Tidak hanya kemasan, Fore Co ee juga mengenalkan gelas kopi yang dapat digunakan kembali atau reusable co ee cups Gelas yang dapat dipakai ulang ini tidak hanya lebih efisien dari sisi biaya operasional, tetapi juga menjadi langkah nyata dalam mengurangi limbah plastik sekali pakai yang biasanya dihasilkan oleh industri kopi. Konsumen yang menikmati kopi di gerai Fore Co ee kini bisa membawa gelas mereka sendiri atau membeli gelas yang dapat digunakan berulang kali, mendukung upaya pelestarian lingkungan.
Fore Co ee juga membawa misi keberlanjutan dengan membawa misi orisinil eco-friendly ke lebih dari 50% gerai di Indonesia dan Singapura dengan mendaur ulang plastik bekas gelas olahan sebanyak 8.800 kg untuk dijadikan furniture gerai Fore Co ee.
Sebagai bagian dari peluncuran The Tani Series bulan November lalu, Fore Co ee menegaskan komitmennya terhadap keberlanjutan dengan menghadirkan program Pak Tani Ngopi di Jakarta ’. Program ini memberikan apresiasi kepada para petani kopi dari Jawa Barat sekaligus membuka peluang edukasi mengenai praktik bertani yang lebih baik, pemasaran, dan branding. Melalui inisiatif ini, Fore Co ee tidak hanya menghubungkan produsen dengan konsumen tetapi juga membantu petani memaksimalkan potensi produk mereka di pasar global.
“Dalam menghadapi tren konsumsi kopi yang terus berkembang, praktik keberlanjutan menjadi kunci utama kami dalam menjaga keberhasilan jangka panjang bagi industri kopi Indonesia, serta memperkuat posisi Fore Co ee sebagai pemimpin pasar yang peduli terhadap masa depan planet ini,” pungkas Vico Lomar.
Fore Co ee adalah perusahaan kopi rintisan yang berdiri sejak 2018 dengan model bisnis online-to-o ine. Mengusung tagline “Grind the Essentials,” Fore Co ee mengajak masyarakat menghargai proses dan hal-hal esensial di tengah dunia yang cepat, melalui segelas kopi berkualitas. Sebagai pionir gerakan ramah lingkungan, Fore Co ee menghadirkan kopi lokal premium dengan harga terjangkau, menetapkan standar baru menikmati kopi. Dengan lebih dari 216 outlet di 43 kota di Indonesia, termasuk kota-kota tier 2 dan 3, serta 1 cabang di Singapura per September 2024, Fore Co ee berperan dalam memperkenalkan kultur dan gaya hidup kopi baru, dengan komitmen pada teknologi, keahlian, dan keberlanjutan.