CSAP Terus Ekspansi Ritel Modern, MITRA10 dan Atria Kini Hadir di Kendari

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 31 Oktober 2024 - 22:53 WIB

INDUSTRY.co.id, Kendari- Mitra10 dan Atria terus ekspansi agresif memperkuat pasar ritel modern bahan bangunan, perlengkapan rumah, aneka furnitur, matras dan perabotan rumah di Kendari, Sulawesi Tenggara. Grand opening Mitra10 ke-54 dan Atria ke-26 ini terletak di kawasan yang sangat strategis di Jl. Brigjen M. Yoenoes, Kota Kendari dengan menempati lahan seluas kurang lebih 14.000 m2.

Andy Totong, Direktur Utama Mitra10 dalam sambutannya menyampaikan, Pertumbuhan bisnis ritel di Kota Kendari menunjukkan indikasi yang positif dan merupakan sentra bisnis untuk wilayah Kota Kendari dan daerah sekitarnya di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Ada beberapa proyek strategis nasional seperti proyek nikel di Kendari, Sulawesi Tenggara, menjadi salah satu fokus utama dalam pengembangan industri mineral di Indonesia karena memiliki cadangan nikel yang cukup besar, sehingga menarik perhatian investor untuk pengolahan dan ekspor nikel, selain itu ada pula pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, pembangkit listrik dan pengembangan kawasan permukiman, proyek-proyek terkait pariwisata, termasuk pengembangan pelabuhan untuk mendukung aktivitas perdagangan merupakan upaya pemerintah untuk mempercepat pembangunan infratruktur dan perekonomian daerah tersebut.

Melihat hal ini merupakan pangsa pasar kebutuhan akan bahan bangunan dan prospek jangka panjang, perseroan memutuskan untuk membuka tokonya di Kendari.

Mitra10 dibawah management PT Catur Mitra Sejati Sentosa dan Atria dibawah management PT Catur Sentosa Berhasil, keduanya merupakan entitas anak PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (IDX: "CSAP"), dan keberadaan toko ritelnya sudah menyebar di berbagai kota di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Lombok.

Dengan konsep “One Stop Shopping Solution”, Mitra10 menawarkan lebih dari 65.000 SKU yang terdiri dari 12 kategori produk: Lantai & Dinding, Perlengkapan Kamar Mandi, Cat & Perlengkapan, Pipa & Aksesoris, Bahan Bangunan, Pintu & Jendela, Peralatan Listrik & Lampu, Perlengkapan Rumah Tangga & Hobi, Perkakas, Kunci & Perlengkapan, Elektronik Rumah Tangga dan Perlengkapan Dapur, menjadikan Mitra10 sebagai jaringan ritel modern bahan bangunan dan perlengkapan rumah terlengkap, muda dijangkau dan terbesar di Indonesia. Mitra10 Kendari memiliki area luas toko kurang lebih 3.500 m2.

Atria Furnishings & Mattress juga hadir dengan konsep toko "Shop in Shop" dalam Mitra10 Kendari dengan menempati area seluas .1000m2. Atria merupakan tempat belanja kebutuhan furniture, matras, dan aneka perabotan rumah tinggal yang lengkap dan nyaman serta dilengkapi dengan kategori produk Aksesoris, Bedroom Set, Commercial, Dining, Kids, Living, Mattress, Office, Storage, Wardrobe, dsb.

Erline Totong, Dirut Atria menambahkan, “Tidak sekedar berbelanja, pelanggan Atria juga bisa mendapatkan solusi design untuk rumah tercinta dengan ATRIA Design Solution with AI.  Dan sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setia, Atria menawarkan berbagai promosi menarik pada periode grand opening, seperti diskon hingga 70% dan cashback hingga 100%. Program jaminan harga termurah juga menjadi salah satu unggulan Atria

Untuk mendukung gaya hidup digital, Mitra10 dan Atria mengusung konsep Omnichannel yang merupakan transformasi digital untuk mempertemukan kenyamanan berbelanja online dan offline yang dapat diakses 24/7 di www.mitra10.com dan www.atria.co.id. Konsep ini memberikan fleksibilitas berbelanja, dengan demikian Mitra10 dan Atria akan terus menjadi solusi termudah dan terdekat untuk memenuhi kebutuhan bahan bangunan, perlengkapan rumah, furnitur, matras dan perabot rumah. Strategi penjualan ini mengintegrasikan semua saluran yang tersedia dan memberikan pengalaman berbelanja yang inovatif dan sesuai kebutuhan, juga melalui berbagai marketplace, dan WhatsApp Business Chat selama jam operasional toko.

Erick Koswara, GM Markom Mitra10 menambahkan, untuk memeriahkan pembukaan Mitra10 Kendari, beragam penawaran menarik dihadirkan untuk para pelanggan. Dan program tersebut hanya berlangsung selama empat hari hingga 3 November 2024. Hal ini sesuai dengan Tagline Mitra10 “Murah, Lengkap, dan Nyaman” dan sesuai dengan target pasar, yakni dari berbagai kalangan mulai dari pemilik rumah, kontraktor, arsitek, hingga pemilik bisnis.

CSAP Agresif Ekspansi Segmen Ritel Modern

Dalam era pemerintahan Prabowo telah ditargetkan program pembangunan 3 juta rumah per tahun. Program ini diharapkan dapat mengatasi isu backlog atau kondisi kesenjangan antara jumlah rumah yang terbangun dengan jumlah rumah yang dibutuhkan masyarakat. Pemerintah saat ini memberikan insentif PPN ditanggung pemerintah 100% atas pembelian rumah tinggal hingga Desember 2024 yang semula hanya 50% untuk masa pajak Juli-Des 2024.

Perseroan melihat progam ini merupakan prospek jangka panjang yang sangat positif dan sejalan dengan target Perseroan untuk dapat memenuhi kebutuhan akan bahan bangunan untuk rumah tinggal, renovasi, hingga kebutuhan akan asesoris dan pelengkapan rumahnya.

Total Pendapatan secara konsolidasi selama 9M2024 CSAP mencapai Rp 12,7 triliun atau tumbuh 5% dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu. Sedangkan Total Penghasilan Komprehensif Tahun Berjalan yang Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp 131 miliar, mengalami sedikit koreksi dibandingkan tahun lalu yang tercatat sebesar Rp 150 miliar.

Segmen distribusi merupakan kontributor terbesar pendapatan yang disumbang dari distribusi bahan bangunan, Consumer Goods (FMCG), dan kimia, sedangkan segmen ritel modern merupakan sumber pertumbuhan yang disumbang dari ritel modern bahan bangunan Mitra10 dan Atria furnitur & matras, baik dalam hal penjualan maupun kinerja marjin. CSAP akan terus mengembangkan jejaring ritel modern Mitra10 & Atria dengan strategi agresif selain memperkuat pangsa pasar juga terbukti dapat meningkatkan kinerja, khususnya sebagai motor pertumbuhan.

Saat ini CSAP memiliki 50 Cabang Distribusi Bahan Bangunan di berbagai kota di Indonesia, 5 Cabang Distribusi Kimia, 54 Cabang Distribusi FMCG, 54 toko “Mitra10” Ritel Modern Bahan Bangunan & Perlengkapan Rumah dan 26 toko “Atria” Ritel Modern Furnitur & Matras.

Idrus Widjajakusuma, Corporate Secretary PT Catur Sentosa Adiprana Tbk menegaskan, tahun ini CSAP menargetkan 8 toko baru Mitra10 yang mencakup beberapa wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara. Toko yang telah dibuka berada di Jambi, Shila Sawangan-Depok, Jababeka-Bekasi, Samarinda, Purwokerto, Kendari dan sisa 2 toko lainnya akan dibuka sampai dengan akhir tahun ini. Selanjutnya Perseroan akan terus melakukan ekspansi agresif dengan menambah toko-toko baru di beberapa wilayah Indonesia hingga mencapai 100 toko Mitra10 di tahun 2030.