Kolaborasi APR X DuniaTex X EMBA Tampilkan Koleksi Fesyen Berkelanjutan di JFW 2025

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 21:36 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asia Pacific Rayon (APR), DuniaTex, dan EMBA Group berkolaborasi dalam fashion show Jakarta Fashion Week 2025 yang dihelat di Pondok Indah Mall (PIM) 3. 

Kolaborasi ini menghasilkan 48 koleksi yang mengusung tema "Fashion Evolution," menampilkan inovasi dan kreasi dalam penggunaan material berkelanjutan. 

Dalam kolaborasi ini, APR memasok serat viscose-rayon yang terbarukan dan biodegradable, yang kemudian diolah oleh DuniaTex menjadi kain berkualitas. EMBA Group memanfaatkan kain tersebut untuk menciptakan koleksi yang tidak hanya stylish tetapi juga eco-friendly. 

Dengan menggandeng Danjyo Hiyoji untuk koleksi menswear dan Tities Saputra untuk koleksi womenswear, EMBA meluncurkan koleksi yang mewakili empat brand EMBA: Ladies, Denim, Morphidae, dan Classic. 

“Tahun ini, kami menggandeng pelaku garmen, brand, dan retail untuk mendemonstrasikan kolaborasi hulu hilir dalam perkembangan industri tekstil berkelanjutan di Indonesia serta meningkatkan pembelajaran masyarakat tentang pentingnya fesyen yang berkelanjutan,” kata Basrie Kamba, Presiden Direktur APR. Danjyo mengkreasikan koleksi menswear dalam dua tema besar: Wild Ones dan Voyage. 

Koleksi Wild Ones, bagian dari EMBA Denim, menampilkan aplikasi denim menggunakan viscose-rayon berkelanjutan dengan gaya edgy dan eksperimental. Sementara itu, Voyage mempersembahkan koleksi klasik yang memadukan warna hijau, biru tua, dan beige, memancarkan pesona pantai dan gurun dengan aplikasi viscose-rayon yang elegan. Untuk womenswear, Tities mengusung tema Freedom dan Calma. 

Freedom merupakan koleksi EMBA Ladies yang menampilkan revolusi denim yang chic melalui penggunaan viscose-rayon sebagai material ramah lingkungan sedangkan koleksi Morphidae bertema Calma menonjolkan elemen-elemen yang meningkatkan kesadaran terhadap penggunaan material yang mendukung keberlanjutan untuk kelestarian lingkungan.  

“Melalui koleksi Fashion Evolution ini, kami dapat menonjolkan berbagai gaya pakaian, dari kasual hingga elegan, dengan aplikasi bahan yang variatif namun tetap berkelanjutan,” kata Mia Wu, Marketing Communications Manager Emba Group. 

Sejumlah nama menjadi muse untuk fashion show kali ini antara lain Chicco Jerikho, Surya Saputra, Samo Rafael, Gamaliel, Gabriel Prince, Paula Verhoeven, Raihaanun, Whulandary Herman, dan Aniza caca. 

Sejak 2019, APR berkomitmen untuk berkolaborasi dengan desainer, fashion enthusiast, dan pelaku tekstil dalam upaya mendukung fesyen berkelanjutan di Indonesia. Tahun ini menjadi tahun ketiga APR mengikuti JFW dan untuk pertama kalinya APR menggandeng pelaku garmen, DuniaTex untuk berkolaborasi dengan brand lokal pada Jakarta Fashion Week, pameran mode terbesar di Asia Tenggara. 

Kolaborasi antar ekosistem tekstil ini diharapkan dapat semakin meningkatkan pergerakan fesyen berkelanjutan di Indonesia. Duniatex, salah satu produsen tekstil terbesar di Asia Tenggara, menyatakan kebanggaannya berkolaborasi bersama APR dan EMBA Group dalam JFW 2025. 

Melalui kolaborasi ini, Duniatex menegaskan komitmennya terhadap produk tekstil keberlanjutan dan inovasi dalam industri fashion Indonesia. 

"Kami ingin mengajak para pelaku industri tekstil di Indonesia untuk terus berkembang dan menunjukkan potensi terbaiknya. Kolaborasi ini bukan hanya tentang produk fashion tetapi juga merupakan salah satu upaya untuk memajukan industri tekstil di Indonesia," kata Yulius Ari Budi Nugroho, Marketing Manager Duniatex.