Jakarta Fashion Week 2025 Resmi Dibuka, Usung Tema Future Fusion Paduan Tradisi dan Inovasi

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 20:22 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Jakarta Fashion Week (JFW) 2025 kembali hadir di City Hall, Pondok Indah Mall 3, dengan mengusung tema “Future Fusion: Tradition Meets Innovation.” 

Dalam edisi tahun ini, ajang mode terbesar di Indonesia ini menyuguhkan paduan menarik antara kekayaan tradisi dan kemajuan inovasi yang berlangsung dari 21 hingga 27 Oktober 2024.

JFW 2025 menghadirkan lebih dari 100 desainer lokal dan internasional, termasuk nama besar seperti Sebastian Gunawan, Chossy Latu, BINhouse, Oscar Lawalata, Era Soekamto, dan Denny Wirawan. Tahun ini, koleksi para desainer dikurasi secara ketat untuk mengedepankan kreativitas, inovasi material, serta etika keberlanjutan yang semakin penting dalam industri fashion modern.

JFW menjadi platform bagi seluruh pelaku industri agar dapat terus berkembang dengan mengikuti isu dan tren terbaru. Svida Alisjahbana, CEO GCM Group sekaligus Chairman Jakarta Fashion Week, menjelaskan bahwa JFW tahun ini bertujuan untuk mengangkat karya desainer Indonesia ke tingkat global dengan menyeimbangkan unsur tradisional dan modern. 

"Tema Future Fusion dipilih untuk merefleksikan perjalanan industri mode Indonesia yang memadukan kekayaan tradisi dengan inovasi," ujar Svida. 

Menambah semarak JFW 2025, Creative Director Andandika Surasetja menyatakan bahwa berbagai koleksi yang ditampilkan tahun ini fokus pada penggunaan material berkelanjutan, inovasi desain, serta kolaborasi kreatif. 

“Highlight koleksi JFW tahun ini ada pada keseimbangan unsur tradisional dan modern, dengan inovasi yang berkelanjutan,” ujar Andandika.

JFW 2025 memperkenalkan sejumlah program baru, termasuk Center Stage yang menjadi pusat diskusi inspiratif, serta JFW Fresh Faces, yang memberikan pelatihan bagi model-model terpilih dari figur publik dan praktisi mode ternama Indonesia.

Selain itu, ajang Lomba Perancang Mode Menswear dan Lomba Perancang Aksesori akan mencapai puncaknya dengan menampilkan talenta baru di industri mode.

JFW 2025 juga menghadirkan Dewi Fashion Knights, sebuah ajang ikonik yang menampilkan karya-karya desainer terkemuka Indonesia dalam dua segmen utama. Satellite events lainnya akan diadakan sebagai hasil kolaborasi dengan berbagai mitra, termasuk Fashionlink dan Dewi Luxe Market, yang menampilkan karya berkelanjutan di ranah retail.