Terbukti Tangguh, All-New Triton Perlancar Bisnis Pengguna

Oleh : Ridwan | Kamis, 24 Oktober 2024 - 17:15 WIB

INDUSTRY.co.id -Jakarta - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah meluncurkan model terbaru Mitsubishi Triton. 

Mobil niaga ringan yang telah diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia selama 22 tahun itu kini hadir dengan mesin, fitur, dan kelengkapan terbaru yang bisa diandalkan untuk aktivitas kerja. 

“All-New Triton menawarkan daya tahan yang ditingkatkan dan kemampuan off-road yang superior, menjadikannya pilihan ideal untuk penggunaan professional maupun pribadi,” jelas President Director PT MMKSI, Atsushi Kurita.

Mengusung slogan “Turn ON the Beast Mode”, Mitsubishi All-New Triton hadir dengan pengembangan pada ladder frame baru dengan luas penampang chassis yang 65% lebih besar dibandingkan model sebelumnya. 

Tidak hanya itu, Mitsubishi All-New Triton menerapkan desain baru, yang menampilkan bahasa desain khas Mitsubishi Motors “Dynamic Shield” pada bagian depan, yang ditonjolkan melalui lampu T-shape.

Mitsubishi All-New Triton dibekali mesin diesel turbo 2.4L 4N16 Euro-4 yang lebih bertenaga serta lebih efisien, dengan tenaga maksimal 184 PS/ 135km dan torsi sebesar 430 Nm. 

Keandalan mesin Mitsubishi All-New Triton, dilengkapi dengan kemampuan 4x4 untuk dikendarai di berbagai medan, dengan ground clearance hingga 222mm.

Mesin baru ini memiliki banyak kelebihan dibanding mesin-mesin Mitsubishi Triton model sebelumnya yakni 4N15 dan 4D56. 

Mesin baru tersebut diyakini mampu mendongkrak fungsionalitas Mitsubishi Triton di medan-medan berat serta lahan bisnis yang selalu jadi makanan Mistsubishi Triton yakni perkebunan dan tambang. 

Berbeda dengan Mitsubishi Triton sebelumnya, kali ini mesin 4N16 diberikan untuk seluruh varian Mitsubishi Triton dari yang terendah hingga yang tertinggi. 

Meski satu mesin, ternyata tenaga dan torsi maksimal yang ada di setiap varian berbeda. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan yang sesuai dengan setiap varian. 

Mesin 4N16 memiliki banyak kelebihan dibanding mesin 4N15. Pertama adalah bentuk bagian atas piston 4N16 yang sudah disempurnakan, membuatnya lebih ringan, lebih minim gesekan, dan mampu meningkatkan performa pendinginan di combustion chamber.   

Kedua, 4N16 punya perbedaan di supply pump dan injector. Ketiga bentuk inlet yang lebih optimal. Dan keempat adalah adanya penggunaan variable oil control valve.

Kombinasi itu membuat mesin 4N16 lebih potensial secara kinerja, terutama torsi besar di putaran lebih rendah membuat mobil lebih cekatan berakselerasi di start awal dengan beban penuh.

“All-New Triton punya 3 horsepower yang berbeda, 110, 150, dan 184. Untuk 110, diperuntukan untuk menghadapi offroad yang tidak butuh kecepatan tapi butuh kapabilitas yang memudahkan bergerak di medan berat. Jadi makanya torsi kita dari 1.000 rpm sampai 3.750,” kata Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia Rifat Sungkar.

Sementara untuk 150 hp, lanjut Rifat, itu ada di varian GLS. “Ini sebenarnya ada yang varian 4x4 ataupun GLS 4x2, ini lebih kepada lighter offroad, dipakai di kombinasi jalan raya dan offroad. Jadi torsinya 1.500 sampai 3.250,” ungkapnya.

“Spesial untuk varian Exceed dan Ultimate yang paling atas 184 hp, mesinnya masih sama untuk varian 110 sampai 184. Tetapi untuk penggunanya dan kalau dilihat dari speknya pun lebih ke lifestyle dan day-to-day. Jadi kalau cruising di jalan raya kita butuh torsi dibawah karena horse powernya sudah besar, tapi limit rpm 2.250 sampai 2.750, makanya penggunanya berbeda-beda karena memang drivability mobil ini di desain berbeda -beda,” paparnya

MMKSI juga menyematkan berbagai fitur baru secara berbeda di setiap varian untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih memuaskan dan sesuai dengan kebutuhan. 

Detail seperti penggunaan bahan kulit dengan jahitan yang rapi pada kursi, 8-inch Audio Head Unit, 7 Drive Mode, Dual Zone Climate Control, Wireless Charger, dan 7-inch color LCD multi-information display, serta fitur lainnya.

Mitsubishi All-New Triton tersedia dalam 6 varian dan 5 pilihan warna, yaitu White Diamond, White Solid, Graphite Gray Metallic, Blade Silver Metallic, dan Jet-Black Mica.