Kubik Leadership Perkenalkan Solusi Transformasi Kepemimpinan di Indonesia

Oleh : Wiyanto | Rabu, 23 Oktober 2024 - 21:22 WIB

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Hasil studi menunjukkan bahwa organisasi yang berhasil dan sukses dalam lingkungan yang dinamis adalah mereka yang menerapkan strategi dualitas (ambidextrous) yang bisa menjawab tantangan tersebut (eksplorasi: dynamic capability; eksploitasi: operational excellence).

Sayangnya, belum semua pemimpin khususnya di level middle management mengetahui bagaimana mengembangkan kepemimpinan ambidextrous dan mempraktikannya secara konkret di ruang lingkup kewenangannya. Oleh karena hal tersebut, Kubik Leadership sebagai solution partner dibidang leadership yang telah dipercaya oleh berbagai perusahaan papan atas di Indonesia memperkenalkan sekaligus menyeleggarakan Ambidextrous Leadership Training.

Ambidextrous Leadership Training yang diselenggarakan Kubik Leadership, 16 – 17 Oktober 2024 bertempat di Hotel Aston Priority Simatupang dan di hadiri puluhan pemimpin korporasi dari para manager hingga direksi dari perusahaan nasional dan multinasional, dibuka dengan sesi dari Atok R. Aryanto seorang strategic leadership expert dan Juga direktur Kubik Leadership yang menjelaskan tentang ambidextrous organization yaitu dimana organisasi mempunyai kemampuan mengelola dua aspek kritis secara seimbang walaupun itu kontradiktif, yang satu eksploitasi yang satunya explorasi.

“Ada tiga peran yang wajib untuk seorang ambidextrous leader yaitu entrepreneur, leader dan manager. Seorang entrepreneur jeli dalam melihat dan menangkap peluang baru, berfikir visioner dan berani mengambil resiko terukur. Seorang leader dapat mengelola perubahan dan mampu menggerakkan anggota tim sehingga seorang mampu melahirkan pemimpin baru dari anggota timnya. Terakhir yaitu manager yang mampu mengopimalkan kegiatan operational dan mengelola sumberdaya secara efektif”, menurut pemaparan di sesi selanjutnya dari Jamil Azzaini, co-founder Kubik Leadership sekaligus Inspirator SuksesMulia.

Dalam acara tersebut juga menghadirkan direktur kubik coaching, Fauzi Rachmanto yang menjelaskan bahwa transformasi organisasi tidak selalu berhasil meskipun proses bisnisnya sudah diubah dan teknologinya sudah diperbaharui tetapi organisasi melupakan faktor ketiga yaitu people dan untuk merubah people harus mulai dari para pemimpin di organisasi tersebut. Beliau juga memapaparkan ada 3 hal dalam proses ambidextrous leadership yaitu : kemampuan pemimpin beralih secara efektif antara efiensi dan inovasi, perilaku pemimpin untuk mendorong dan menciptakan inovasi, dan perilaku pemimpin untuk meningkatkan efisiensi.

Acara di tutup dengan menyelesaikan tools dari canvas Ambidextrous Leader yang dapat melatih para peserta dalam menerapkan dualitas eksplorasi dan eksploitasi untuk dirinya sendiri dan timnya di ruang lingkup kerja.