Transformasi Navigasi Maritim: Peta Digital Jadi Solusi Masa Depan

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 22 Oktober 2024 - 17:46 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Saat ini, banyak tuntutan untuk memanfaatkan perkembangan teknologi terutama dalam industri maritim untuk meningkatkan keselamatan (safety) dan efisiensi dalam operasional di lautan. Salah satu aspek terpenting dalam mencapai hal ini adalah penggunaan teknologi navigasi yang lebih canggih.

 Teknologi navigasi modern kini semakin berkembang dengan mengedepankan penggunaan peta digital yang lebih efektif dan akurat dibandingkan peta kertas konvensional.

Menurut UKHO (UK Hydrographic Office), penyedia data hidrografi dan geospasial global, “Target besar telah ditetapkan bahwa pada tahun 2030, navigasi kapal di seluruh dunia harus sepenuhnya beralih dari penggunaan peta kertas ke peta digital.” Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan akurasi dalam navigasi, dimana peta digital dapat memberikan informasi yang lebih detail dan dapat melakukan pembaruan rutin secara real-time terhadap perubahan kondisi perairan, sehingga pengguna dapat selalu mendapatkan data terbaru.

Berdasarkan riset yang dilakukan Departemen Teknik Kelautan Universitas Hasanuddin, dapat diketahui bahwa alat navigasi digital kapal laut bekerja dengan sistem elektromagnetik yang terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang dapat diperintah untuk mendeteksi bahaya/rintangan agar kapal terhindar dari kecelakaan di laut. Selain itu, penggunaan peta digital juga mengurangi ketergantungan pada kertas, yang sejalan dengan tren global dalam mengurangi dampak pada lingkungan. Dengan demikian, transisi ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan serta efisiensi operasional di lautan.

Salah satu provider solusi navigasi digital terkemuka yang berkembang pesat adalah OneOcean LR. Perusahaan ini menyediakan peta digital yang dikemas secara real-time, dengan keunggulan unik dibandingkan kompetitornya, yakni kemampuan integrasi dengan produk digital lain untuk menunjang segala aspek dalam operasional kapal.

Hal ini memberikan nilai tambah bagi operator kapal karena semua kebutuhan navigasi dapat diakses melalui satu platform yang terpadu. OneOcean LR juga menawarkan kemudahan dalam pengoperasian dan memperbarui peta digital secara mudah dan cepat.

Sakti Sadean Prasara (saktisadean.co.id) yang merupakan distributor resmi dari OneOcean LR berusaha untuk menyediakan layanan peta digital di Indonesia. Sakti Sadean berperan sebagai penghubung yang memastikan setiap kebutuhan klien terpenuhi dengan baik serta memberikan layanan. Purna jual yang cepat dan solutif untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan kendala yang ada pada setiap perusahaan. Selain menyediakan produk digital OneOcean LR, Sakti Sadean juga menawarkan berbagai perangkat navigasi dan komunikasi dari brand ternama seperti Furuno, JRC, Samyung, dan Koden, menjadikannya solusi lengkap bagi perusahaan maritim di Indonesia.

Direktur PT Sakti Sadean Prasara, Qistyan Purwa, mengatakan, keberadaan Sakti Sadean merupakan upaya untuk mentransformasi industri maritim Indonesia. “Kami ingin memberikan solusi terbaik dalam membantu perusahaan atau industri maritim di Indonesia dengan teknologi digitalisasi yang di provide oleh OneOcean LR. Peta digital yang kami tawarkan mungkin dapat menjadi salah satu penunjang dalam operasional kapal di Indonesia”.

“Sudah banyak perusahaan besar di Indonesia yang mulai melek dengan pentingnya keselamatan pelayaran salah satunya adalah klien kami yaitu Pertamina Group. Tantangan terbesar kami adalah bagaimana caranya untuk memberikan edukasi terus-menerus kepada perusahaan-perusahaan atau shipowner lainnya akan pentingnya teknologi digital ini”. Tambah Qistyan.

Lebih dari sekadar mengikuti tren, adopsi teknologi digital merupakan investasi jangka panjang untuk menciptakan masa depan maritim yang lebih aman, efisien, dan berkelanjutan.