Pelantikan Badan Haji: Bukti Kepedulian Prabowo Terhadap Umat

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 22 Oktober 2024 - 16:26 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kebijakan Presiden Prabowo Subianto dalam meningkatkan kualitas pelayanan haji mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Prabowo secara resmi melantik Penasehat Khusus Urusan Haji dan Badan Penyelenggara Haji, yang diyakini menjadi bukti nyata kepeduliannya terhadap umat Islam dan pelaksanaan ibadah haji di Indonesia.

Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji & Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) menyambut positif kebijakan ini. Menurut Ketua Bidang Humas & Media DPP AMPHURI, H. Abdullah Mufid Mubarok, S.I.Kom., langkah tersebut menjadi sinyal kuat bahwa Presiden Prabowo berkomitmen meningkatkan transparansi, efisiensi, dan kualitas pelayanan haji.

"Presiden Prabowo sangat memperhatikan urusan haji yang terus berkembang, terutama dengan jumlah jamaah haji yang terus meningkat setiap tahun," ujar Mufid di Jakarta. 

Saat ini, lebih dari 6 juta umat Islam di Indonesia telah mendaftar untuk menunaikan ibadah haji, baik melalui jalur haji reguler maupun haji khusus. Situasi ini menuntut pengelolaan yang lebih baik dan penanganan yang serius.

Dalam pelantikan tersebut, Prof. Dr. Muhadjir Efendy, MAP resmi ditunjuk sebagai Penasehat Khusus Presiden untuk Urusan Haji. Sementara itu, KH. Mochamad Irfan Yusuf Hasyim dilantik sebagai Kepala Badan Penyelenggara Haji, dan Dr. Dahnil Anzar Simanjuntak, S.E., M.E. sebagai Wakil Kepala Badan Penyelenggara Haji.

"Selamat bertugas kepada Prof Muhadjir, Kyai Irfan, dan Pak Dahnil. Kami siap mendukung dengan sumbangsih gagasan dan terlibat aktif dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan haji," ucap Mufid.

Mufid menilai bahwa Gus Irfan Yusuf Hasyim, yang merupakan cucu dari Pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadlratussyaikh KH. M. Hasyim Asy'ari, memiliki kapabilitas yang mumpuni untuk memimpin Badan Penyelenggara Haji.

Selain itu, Mufid juga mengungkapkan harapan besarnya terhadap sinergi yang terjalin antara Gus Irfan dan Dahnil Anzar Simanjuntak, mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah. 

"Dengan kolaborasi yang solid, kami optimis penyelenggaraan ibadah haji akan semakin baik ke depannya," kata Mufid.
AMPHURI dan Kontribusi dalam Penyelenggaraan Haji.

Sebagai asosiasi terbesar dengan 668 perusahaan anggota yang memiliki izin resmi untuk menyelenggarakan ibadah haji khusus dan umrah, AMPHURI berperan aktif dalam pengelolaan ibadah haji di Indonesia. 

Dengan banyaknya anggota yang juga memiliki KBIHU, AMPHURI memiliki pengalaman panjang dalam menangani haji reguler dan siap berkolaborasi dengan pemerintah untuk menciptakan pelayanan haji yang lebih baik.