Frisian Flag Tegaskan Komitmen Penuhi Nutrisi Lewat Kebaikan Susu

Oleh : Nina Karlita | Senin, 21 Oktober 2024 - 23:25 WIB

INDUSTRY.co.id - Cikarang – Frisian Flag Indonesia (FFI) terus menegaskan komitmennya dalam mendukung pemenuhan nutrisi masyarakat Indonesia melalui kebaikan susu. Dengan membuka pabrik baru di Cikarang pada Juli 2024, FFI berharap dapat berkontribusi lebih besar dalam menanggulangi berbagai masalah nutrisi, seperti stunting dan kekurangan mikronutrien.

Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro, menyampaikan bahwa pabrik baru ini mampu memproduksi hingga 1 miliar kilogram produk susu per tahun, memberikan kebaikan susu yang lebih luas kepada masyarakat. 

"Kami siap menjadi mitra pemerintah dalam meningkatkan nutrisi di setiap tahap kehidupan masyarakat," ujarnya dalam acara media tur di Cikarang pekan lalu.

Susu telah lama dikenal memiliki manfaat besar untuk kesehatan tulang dan gigi. Namun, menurut Dr. Marudut Sitompul, Ketua DPP PERSAGI Bidang Ilmiah, susu juga berperan penting dalam membantu pemerintah menekan tiga masalah nutrisi utama, yaitu nutrisi kurang, defisiensi mikronutrien, dan nutrisi lebih. 

"Susu adalah bagian dari pedoman nutrisi seimbang yang disusun pemerintah dan sangat penting untuk setiap tahap kehidupan, baik anak-anak maupun dewasa," jelas Dr. Marudut.

Dalam tur pabrik tersebut, Dr. Marudut juga menekankan pentingnya peran susu dalam pencegahan stunting pada anak-anak serta osteoporosis pada orang dewasa dan lansia. 

"Dengan meningkatkan kondisi kesehatan melalui nutrisi yang baik, kita dapat membangun pondasi bangsa yang kuat," tambahnya.

Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi, Ahli Teknologi Pangan IPB, turut mengapresiasi pembangunan pabrik susu baru ini, karena akan memberikan variasi produk yang lebih beragam dan berkualitas tinggi bagi anak-anak dan keluarga di Indonesia. 

"Industri susu memiliki peran strategis dalam meningkatkan daya saing sumber daya manusia Indonesia melalui nutrisi yang optimal," kata Prof. Purwiyatno.

Studi SEANUTS II yang melibatkan 3.000 anak di Indonesia juga mengungkapkan bahwa masalah stunting masih menjadi tantangan besar, dengan prevalensi yang cukup tinggi, terutama di daerah pedesaan. Hal ini menjadikan peran industri susu semakin krusial dalam membantu pemerintah mencapai target penurunan angka stunting hingga 14% pada tahun 2024.

Dengan berfokus pada pengembangan produk bernutrisi tinggi dan berkontribusi pada peningkatan gizi masyarakat, Frisian Flag Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung kesehatan dan kualitas hidup bangsa melalui kebaikan susu.