Jurnalis Filantropi Indonesia Bagikan 100 Paket Alquran dan Sembako kepada Santri Dhuafa

Oleh : Wiyanto | Senin, 21 Oktober 2024 - 05:24 WIB

INDUSTRY.co.id-BEKASI--Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) ke-10, Jurnalis Filantropi Indonesia (Jufi) membagikan 100 paket Alquran dan sembako kepada santri dhuafa. Pembagian paket sembako dilakukan bersamaan dengan Tasyakuran Hari Santri Nasional 2024 dan Tabligh Akbar di Pesantren Alam Prasasti, Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Ahad (20/10/2024).

Ketua Jufi Wiyanto mengatakan santri merupakan elemen bangsa yang berada di garda terdepan dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. "Hari Santri adalah momen penting bagi bangsa Indonesia. Santri sangat berperan dalam perjalanan bangsa ini. Maka Jufi memberikan kepedulian, khususnya kepada santri-santri dhuafa," ungkap Wiyanto dalam sambutannya.

Menurut Wiyanto, program kepedulian terhadap kaum santri bukan kali pertama dilakukan Jufi. "Kami juga pernah melakukan kegiatan sosial yang menyasar kaum santri seperti di Garut, Bogor, maupun Cianjur," jelas Wiyanto yang keseharian sebagai jurnalis di portal Industry.co.id.

Pada kesempatan ini, Wiyanto mengapresiasi Pesantren Alam Prasasti yang membebaskan biaya pendidikan santri yang seluruhnya berstatus dhuafa. "Saya berharap Prasasti berkembang dan menjadi model pesantren yang dikhususkan untuk santri dhuafa," kata Wiyanto.

Sementara itu, Pimpinan Pesantren Alam Prasasti Abah Komarudin Ibnu Hikam dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada Jufi yang telah menjadi jembatan kebaikan.

"Pada 2022, Jufi pernah membantu menjadi penghubung donatur atas pembangunan tiga lokal asrama santri di Prasasti. Semoga Jufi terus menjadi jembatan kebaikan bagi siapapun yang membutuhkan bantuan," kata Abah Komar.

Tasyakuran dan Tabligh Akbar Hari Santri Nasional ke-10 diisi ceramah oleh Ustaz Bernard Abdul Jabbar dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi. Para santri juga turut menampilkan kreasi seni dan atraksi bela diri.

Untuk diketahui, Jurnalis Filantropi Indonesia (Jufi) menggelar sejumlah acara pada momen Hari Santri Nasional ke-10 tahun 2024. Selain tabligh akbar dan santunan santri dhuafa, Jufi menggelar lomba menulis artikel populer bagi kalangan santri dengan hadiah jutaan rupiah. Rencananya pemenang akan diumumkan pada 30 Oktober 2024.

Terselenggaranya acara tersebut atas dukungan Mandiri Amal Insani, Bazis Baznas DKI, Lembaga Pengkajian Pangan, Kosmetika dan Obat-obatan (LPPOM), Amaliah Astra, JNE serta Laznas Dewan Da’wah.