TikTok dan Kominfo Jaga Integritas Pilkada 2024

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 16 Oktober 2024 - 22:34 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - TikTok mengumumkan kolaborasi strategis dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui lokakarya "TikTok Goes to Campus" untuk menjaga integritas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

Diadakan dari 19 September hingga 15 Oktober 2024 di Politeknik Negeri Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Diponegoro Semarang, dan Universitas Airlangga Surabaya; peserta diajak untuk mengenali jenis hoaks yang ada serta cara melaporkan hoaks yang ditemukan di platform digital. 

Selain mahasiswa, lokakarya ini juga dihadiri oleh anggota Dinas Kominfo, pengawas pemilu daerah, dan komunitas lokal setempat guna mendukung penyelenggaraan Pilkada yang aman dan berintegritas.

Faris Mufid, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia,menegaskan, perlunya kolaborasi dan partisipasi aktif dari semua pemangku kepentingan dalam membendung penyebaran hoaks dan misinformasi untuk menjaga integritas pemilu. 

Program 'TikTok Goes to Campus' dirancang oleh TikTok dan Kominfo RI untuk memberdayakan generasi muda agar lebih kritis dan proaktif dalam melawan misinformasi. 

"Inisiatif ini kian melengkapi berbagai upaya proaktif kami dalam melindungi integritas platform kami selama masa Pilkada. Kami harap kerja sama antara TikTok dan Kominfo RI dapat terus membawa nilai positif bagi masyarakat," kata Faris.

Hokky Situngkir, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, menegaskan peran generasi muda dalam Pilkada 2024. Sebagai digital native, menurut Hokky, generasi muda memiliki peran besar dalam menciptakan ekosistem daring yang aman, sehat, dan tentunya, bebas hoaks. 

"Karenanya, kami mengapresiasi peran aktif TikTok sebagai mitra strategis pemerintah dalam menjaga integritas Pilkada 2024. Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk tetap waspada dan kritis saat menyebarkan informasi seputar Pilkada untuk menjaga ruang digital tetap aman bagi semua," kata Hokky.

Kolaborasi antara TikTok dan Kominfo RI merupakan bagian dari upaya yang lebih luas untuk melindungi platform dari misinformasi, khususnya selama penyelenggaraan Pilkada 2024. 

Untuk memastikan agar informasi terkait Pilkada dapat diakses dengan mudah, TikTok kembali bekerja sama dengan KPU dan Bawaslu untuk meluncurkan Pusat Panduan Pilkada 2024, laman khusus dalam aplikasi yang menyediakan informasi kredibel dan otoritatif mengenai Pilkada 20241 . 

Selain itu, TikTok juga menyediakan sejumlah fitur keamanan di platform, termasuk tombol untuk melaporkan misinformasi dan disinformasi terkait Pilkada. Rangkaian upaya proaktif ini semakin diperkuat dengan kehadiran 40.000 ahli keselamatan di seluruh dunia yang bertugas memoderasi konten di dalam platform.

"Kami berharap program 'TikTok Goes to Campus' ini dapat mendorong generasi muda untuk menjadi lebih kritis dalam menyebarkan informasi kredibel yang dapat dipertanggungjawabkan untuk kebaikan bangsa," kata Fitri Nur Ardiantika, Kepala Program Studi Penerbitan dan Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta.